Rancangan Pelaksanaan
Pembelajaran
(RPP)
I.
Identitas
Satuan Pendidikan :
Sekolah Menengah Kejuruan
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Program/Semester : XI/Program Keahlian
Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian/ 1
Jumlah Pertemuan :
1 Pertemuan (2 x 45’)
Standar
Kompetensi
1. Menerapkan
perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan
masalah
Kompetensi
Dasar
1.1.
Menentukan dan menggunakan nilai
perbandingan trigonometri suatu sudut.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.1.4
Menentukan nilai perbandingan
trigonometri dari sudut di semua kuadaran
Tujuan
Pembelajaran
Ø Kognitif
: Setelah proses belajar mengajar peserta didik dapat :
·
Peserta didik dapat membandingkan
trigonometri sudut – sudut berelasi
·
Nilai yang ditanamkan : Rasa ingin tahu,
mandiri, kreatif, kerjasama dan disiplin
Ø Afektif
·
Kesungguhan dalam pembelajaran
matematika
·
Kerja sama dalam kelompok
·
Kemandirian dalam mengerjakan tugas
·
Tepat waktu mengumpulkan tugas
II. Materi
Ajar
A.
Prinsip
·
Sumbu
koordinat kartesius membagi bidang koordinat kartesius menjadi 4 bagian
(kuadran)
B.
Konsep
·
C.
Fakta
Berdasarkan
sifat dari berbagai kuadran diperoleh:
·
Sin 1500 = Sin (180 – 30)0 Kuadran II
= Sin 300
=
·
Cos 1200 = Cos (180 – 60)0 Kuadran II
= - Cos 600
=
·
Tan 2100 = tan (180 + 30)0 Kuadran III
= tan 300
=
·
Sin 3000 = Sin (360 – 60)0 Kuadran IV
= - Sin 600
=
III. Metode
Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran yang
digunakan adalah Numbered Head Together (NHT)
IV. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan ke-2
(2 x 45’)
Kegiatan
|
Waktu
|
|
Pendidik
|
Peserta
didik
|
|
Kegiatan awal
1. Pendidik
mengarahkan peserta didik untuk berdo’a (Religius)
2. Pendidik
memperhatikan kehadiran peserta didik (Kepedulian Sosial)
3. Apersepsi
Mengingat kembali materi mengenai perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku, perbandingan
trigonometri sudut-sudut istimewa
4. Motivasi
Pendidik
menginformasikan tujuan pembelajaran (rasa
ingin tahu)
5.
Pendidik menginformasikan cara
pembelajaran yang akan ditempuh
(Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran koperatif tipe
NHT)
Kegiatan inti
1. Eksplorasi
·
Peserta didik dikelompokkan dalam kelompok kecil (3-5), tiap siswa diberi
nomor diri
·
Pendidik memberi tugas kelompok,
peserta didik berdiskusi membahas dan mengerjakan tugas
kelompok
sementara pendidik berkeliling untuk menilai kerja peserta didik
2. Elaborasi
·
Diskusi kelas, pendidik memanggil nomor diri peserta didik dalam
kelompok untuk membahas tugas, tiap jawaban peserta didik diberi skor sebagai
skor kelompok dan individu
3. Konfirmasi
·
Di akhir kegiatan pendidik
memberi reinforsmen pada konsep-konsep yang ditemukan pendidik sebagai
kesimpulan dan pendidik mengumumkan kelompok terbaik pada kegiatan itu
Kegiatan penutup
·
Pendidik bersama peserta didik
menyimpulkan hasil pembelajaran dan diskusi
·
Pendidik memberikan kuis pada
peserta didik
·
Pendidik memberikan tugas kepada peserta
didik
|
Kegiatan awal
1.
Peserta didik berdo’a (Religius)
2.
Peserta didik memberikan respon
terhadap pendidik (Kepedulian Sosial)
3.
Apersepsi
Peserta
didik mengingat kembali materi mengenai perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku,
perbandingan trigonometri sudut-sudut istimewa
(rasa ingin tahu)
4.
Motivasi
Peserta
didik mendapat informasi tujuan pembelajaran (rasa ingin tahu)
5.
Peserta didik mendengarkan dan
memahami informasi yang diberikan pendidik
Kegiatan inti
1.
Eksplorasi
·
Peserta didik membentuk kelompok
dan mengikuti penomoran yang dilakukan pendidik
·
Peserta didik mengerjakan tugas
kelompok, berdiskusi, dan mengerjakan tugas kelompok dengan penilaian dari pendidik
(Kreatif,
Tanggung Jawab, Demokratis)
2. Elaborasi
·
Peserta didik membahas tugas
kelompok
(Kemandirian, Kejujuran, Bekerja Keras)
3. Konfirmasi
·
Peserta didik memahami reinforsmen
dari pendidik dan salah satu kelompok menerima sebagai penghargaan sebagai
kelompok terbaik
(Rasa
ingin tahu, tanggung jawab dan demokratis)
Kegiatan penutup
·
Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan
hasil pembelajaran dan diskusi
·
Peserta didik mengerjakan kuis
yang diberikan peserta didik
·
Peserta didik mendapat tugas dari
pendidik
(Kreatif, Tanggung Jawab, Demokratif,
Bekerja Keras)
|
15’
30’
25’
10’
|
V. Sumber/Bahan
Pembelajaran
·
Sumber :
Matematika Program keahlian Teknologi, Kesehatan,
dan Pertanian untuk SMK dan MAK kelas XI. Penerbit Erlangga, KTSP 2006 Standar
Isi
·
Alat dan Bahan
Papan dan spidol
VI. Evaluasi
A.
Kognitif
Quis
1.
Tentukan nilai dari Sin 2400 x
Cos 1200 x Tan 2250 x Sin 2150 (skor 100)
Jumlah
nilai = Jumlah skor
B.
Afektif
Lembar
Penilaian Afektif,
Hari
/ Tanggal :
No.
|
Nama
Peserta didik
|
Individu
|
||||
Ku
|
Ks
|
Km
|
Tw
|
Jumlah
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria Penilaian Afektif
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
Keterangan :
Ku = Kesungguhan
dalam proses pembelajaran
Ks = Kerja sama
Km = Kemandirian
dalam membuat tugas
Tw = Tepat waktu
mengumpulkan tugas
|
Memuaskan
|
4
|
|
Baik
|
3
|
|
Cukup
|
2
|
|
Kurang
|
1
|
Mengetahui, Bukittinggi,
2 januari 2013
Kepala Sekolah Pendidik
Mata Pelajaran
Nama Nama
NIP NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar