Sabtu, 19 Januari 2013

RPP SMK KELAS XI SEMESTER I SK I - KD 6 ( FITRI RAHMI )



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

I.                   Identitas
       Satuan Pendidikan           : SMK
       Mata Pelajaran                 : MATEMATIKA
       Kelas / Semester               : XI  (Sebelas)/ I ( Satu )
       Jumlah Pertemuan            : 5 x Pertemuan

Standar Kompetensi  : 7. Menerapkan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar        : 7.6 Menyelesaikan persamaan trigonometri.
Indikator                 :  1. Menggunakan identitas trigonometri dalam membantu pemecahan masalah.
2.    Menyelesaikan persamaan trigonometri sin x= a
3.    Menyelesaikan persamaan trigonometri cos x= a
4.    Menyelesaikan persamaan trigonometri tan x= a
Tujuan Pembelajaran    :
a.       Siswa dapat menggunakan identitas trigonometri dalam membantu pemecahan masalah.
b.      Siswa dapat menyelesaikan persamaan trigonometri sin x= a
c.       Siswa mampu menyelesaikan persamaan trigonometri cos x= a
d.      Siswa mampu menyelesaikan persamaan trigonometri tan x= a
                                                                                                               
II.                MATERI AJAR
A.    Konsep
1.. Identitas Trigonometri]
http://4.bp.blogspot.com/_tdkJearezUU/SupXZq2psTI/AAAAAAAAAI0/eoj8HNbRVow/s640/de.GIF
 Dari gambar di atas diperoleh :
Sehingga

Jadi  :
2.. Persamaan Dasar
1. Menyelesaikan persamaan sin x  = sin a
  Dengan mengingat rumus
http://2.bp.blogspot.com/_tdkJearezUU/SupZgc-M0hI/AAAAAAAAAJM/RHbhZfne3yw/s640/w.GIF
sin x = sin a                  
x = a + k.360° atau x = (180 – a) + k.360° (kuadran I atau II)
Maka diperoleh:
http://4.bp.blogspot.com/_tdkJearezUU/SupZ6xgQdeI/AAAAAAAAAJU/iJGWtuW8QMA/s640/dw.GIF
2. Menyelesaikan persamaan cos x = cos a
Dengan mengingat rumus :
http://1.bp.blogspot.com/_tdkJearezUU/SupahGh85aI/AAAAAAAAAJk/WkT08sFIhaU/s640/frg.GIF
cos x = cos a
x = a + k.360° atau x = –a + k.360° (kuadran I atau IV)
Maka di peroleh :

   http://3.bp.blogspot.com/_tdkJearezUU/SupavZslXjI/AAAAAAAAAJs/AWWcusBtm3g/s640/b.GIF

3. Menyelesaikan persamaan tan x = tan a
Dengan mengingat rumus :
http://3.bp.blogspot.com/_tdkJearezUU/SupbbsacxzI/AAAAAAAAAJ0/ZNQ0FvaROZ4/s640/t.GIF
tan x = tan a
x = a + k.180
Maka di peroleh :
  http://1.bp.blogspot.com/_tdkJearezUU/SupbrHAYZZI/AAAAAAAAAJ8/sYwmOMljky0/s640/ad.GIF

*k = bilangan bulat
Catatan:
Jika ada persamaan cos x = sin a, cot x = tan a, sec x = cosec a, dan sebaliknya, salah satu diubah menjadi (90 – a)°
B.     Fakta
1.       
    membagi kedua rus dengan 2
 (ingat identitas :
Karena   ,  maka solusinya adalah
.
dimana k adalah bilangan bulat.

2.      Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan tan x= sinx, pada interval[0. 2π].
Jawab :
Tan x = sin x
 
 
 
                       
                       
Untuk
untuk
Jadi Himpunan penyelesaiannya adalah

3.      Tentukan HP (Himpunan Penyelesaian) dari 2 cos x – √3 = 0 untuk 0 ≤ x ≤ 360°
2 cos x = √3
cos x = ½ √3
cos x = cos 30°
x = 30° + k.360°              atau                        x = (180 – 30)° + k.360°
k = 0 → x = 30°                                                 x = 150° + k.360°
k = 1 → x = 390° (tidak memenuhi)         k = 0 → x = 150°
Jadi HP = {30°, 150°}

III.             Sumber Pembelajaran
a.       Matematika Program keahlian Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian untuk SMK dan MAK kelas XI. Penerbit Erlangga, KTSP 2006 Standar Isi
b.      Matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / Madrasah Aliyah Kejuruan (MAN) kelompok teknologo, kesehatan dan pertanian kelas XI, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Buku Sekolah Elektronik.
c.       Buku paket
d.      Sumber lain yang relevan

IV.   Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama

KEGIATAN GURU
KEGIATAN SISWA
Waktu
Kegiatan Awal
Apersepsi
·         Mengucapkan salam dan kemudian meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa. (religius)
·         Mengapsen kehadiran peserta didik. (Kepedulian)
Motivasi
·         Menginformasikan SK dan KD, indikator pencapaian dan tujuan pembelajaran pada siswa. (Komunikatif)

Apersepsi
·         Siswa menjawab salam guru dan membaca doa. (Religius)
·         Siswa menjawab saat di cek kehadirannya.(Percaya diri)

Motivasi
· Siswa mendengarkan penjelasan dari guru ( percaya diri )







10 menit
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Guru memberikan informasi tentang cara menyelesaikan masalah (soal) yang berkaitan dengan mengenai rumus identitas trigonometri (komunikatif)

Eksplorasi
Siswa memahami penjelasan dari guru mengenai cara menyelesaikan masalah (soal) yang berkaitan dengan rumus identitas trogonometri
(rasa ingin tahu)




15 menit
Elaborasi
·         Guru membagi Siswa berpasangan
demokratis,komonikatif)
·         Guru memberi wacana untuk kepada setiap siswa yaitu berupa wacana untuk dibuat resumenya.
 (demokratis,komonikatif)
·         Guru menyuruh unutk meresume wacana secara individu .  (demokratis,komonikatif)
·         Guru menyuruh siswa secara bergantian membaca resumenya (konumikatif)

Elaborasi

·         Siswa membuat kelompok berpasangan
( komunikatif )
·         Siswa melakukan diskusi sesuai dengan petunjuk yang diberikan guru (kerja keras, keja sama,ingin tahu )
·         Siswa melakukan kegitan sesuai dengan petunjuk guru. (ingin tahu)
·         Siswa melakukan kegitan sesuai dengan petunjuk guru(kerja keras, keja sama,ingin tahu)









40 menit
Komfirmasi
Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi. ( komonikatif)
Komfirmasi
Mendengarkan dan memperhatikan guru. ( komonikatif)
10 menit
Keiatan penutup
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman. ( komonikatif)
·         Guru membimbing siswa untuk melakukan refleksi dan menbimbing siswa menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang dijelaskan
·         Memberikan kuis untuk mengetahui pemahaman siswa

·         Siswa membuat kesimpulan dari meteri yang dipelajari. ( komonikatif)
·         Siswa melakukan refleksi dan menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang telah dipelajari
·         Siswa melakukan kuis




15 menit

Metode Pembelajaran
a.   Model : Cooperatif Script
b.      Metode : Tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas

Pertemuan kedua

KEGIATAN GURU
KEGIATAN SISWA
Waktu
Kegiatan Awal
Apersepsi
·         Mengucapkan salam dan kemudian meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa. (religius)
·         Mengapsen kehadiran peserta didik. (Kepedulian)

Motivasi
1.      Menginformasikan SK dan KD, indikator pencapaian dan tujuan pembelajaran pada siswa. (Komunikatif)
2.      Membahas PR yang sulit.
( menghargai prestasi)

Apersepsi
·         Siswa menjawab salam guru dan membaca doa. (Religius)
·         Siswa menjawab saat di cek kehadirannya.(Percaya diri)


Motivasi
1.      Siswa mendengarkan penjelasan dari guru ( percaya diri )
2.      Siswa melakukan penganalisaan terhadap PR yang dibuat tentang materi sebelumnya. ( rasa ingin tahu)









10 menit
Eksplorasi
Guru memberikan informasi tentang cara menyelesaikan masalah (soal) yang berkaitan dengan mengenai rumus persamaan trigonometri sin x = a (komunikatif)
Eksplorasi
Siswa memahami penjelasan dari guru mengenai cara menyelesaikan masalah (soal) yang berkaitan dengan rumus persamaan trigonometri sin x = a
(rasa ingin tahu)
15 Menit
Elaborasi
·         Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa, setiap kelompok mendapat nomor
(komunikatif)
·         Guru memberi tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya (fasilitator, komunikatif)
·         Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan pada siswa yang mengalami kesulitan.(fasilitator, komunikatif)



·         Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka.
(komunikatif)
·         Guru meminta tanggapan dari kelompok atau siswa yang lain dengan nomor yang dipanggil guru (komunikatif)

Elaborasi
·         Siswa dibagi menjadi 7 kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa
·         Masing-masing kelompok mengerjakan soal yang diberikan (kerja keras, rasa ingin tahu)
·         Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan setiap anggota kelompok dapat mengerjakan atau mengetahui jawabannya
(kerjasama, diskusi, rasa ingin yahu, kreatif)
·         Siswa melaporkan hasil kerjasama mereka dalam kelompok
(tanggung jawab, komunikatif)
·         Siswa memberikan tanggapannya
(tanggung jawab, komunikatif)



40 menit
Komfirmasi
·         Guru memberi penegasan terhadap hasil diskusi (fasilitator)
·         Guru membimbing siswa untuk melakukan refleksi dan menbimbing siswa menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang dijelaskan (komunikatif)
Komfirmasi
Siswa melakukan refleksi dan menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang telah dipelajari (rasa ingin tahu)
10 menit
Keiatan penutup
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman. (Komunikatif)
·         Guru membimbing siswa untuk melakukan refleksi dan menbimbing siswa menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang dijelaskan.
·         Memberikan kuis untuk mengetahui pemahaman siswa

·         Siswa membuat kesimpulan dari meteri yang dipelajari. (Komunikatif,tanggung jawab)
·         Siswa melakukan refleksi dan menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang telah dipelajari
·         Siswa melakukan kuis




15 menit

Metode Pembelajaran
a.    Model : Number Head Together (NHT )
b.      Metode : Tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas


Pertemuan ketiga

KEGIATAN GURU
KEGIATAN SISWA
Waktu
Kegiatan Awal
Apersepsi
·         Mengucapkan salam dan kemudian meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa. (religius)
·         Mengapsen kehadiran peserta didik. (Kepedulian)

Motivasi
3.      Menginformasikan SK dan KD, indikator pencapaian dan tujuan pembelajaran pada siswa. (Komunikatif)
4.      Membahas PR yang sulit.
( menghargai prestasi)

Apersepsi
·         Siswa menjawab salam guru dan membaca doa. (Religius)
·         Siswa menjawab saat di cek kehadirannya.(Percaya diri)


Motivasi
3.      Siswa mendengarkan penjelasan dari guru ( percaya diri )
4.      Siswa melakukan penganalisaan terhadap PR yang dibuat tentang materi sebelumnya. ( rasa ingin tahu)









10 menit
Eksplorasi
Guru memberikan informasi tentang cara menyelesaikan masalah (soal) yang berkaitan dengan mengenai rumus persamaan trigonometri cos x =a (komunikatif)
Eksplorasi
Siswa memahami penjelasan dari guru mengenai cara menyelesaikan masalah (soal) yang berkaitan dengan rumus persamaan trigonometri cos x = a
(rasa ingin tahu)
15 Menit
Elaborasi
·         Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa, setiap kelompok mendapat nomor
(komunikatif)
·         Guru memberi tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya (fasilitator, komunikatif)
·         Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan pada siswa yang mengalami kesulitan.(fasilitator, komunikatif)
·         Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka.
(komunikatif)
·         Guru meminta tanggapan dari kelompok atau siswa yang lain dengan nomor yang dipanggil guru (komunikatif)

Elaborasi
·         Siswa dibagi menjadi 7 kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa
·         Masing-masing kelompok mengerjakan soal yang diberikan (kerja keras, rasa ingin tahu)
·         Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan setiap anggota kelompok dapat mengerjakan atau mengetahui jawabannya
(kerjasama, diskusi, rasa ingin yahu, kreatif)
·         Siswa melaporkan hasil kerjasama mereka dalam kelompok
(tanggung jawab, komunikatif)
·         Siswa memberikan tanggapannya
(tanggung jawab, komunikatif)



40 menit
Komfirmasi
·         Guru memberi penegasan terhadap hasil diskusi (fasilitator)
·         Guru membimbing siswa untuk melakukan refleksi dan menbimbing siswa menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang dijelaskan (komunikatif)
Komfirmasi
Siswa melakukan refleksi dan menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang telah dipelajari (rasa ingin tahu)
10 menit
Keiatan penutup
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman. (Komunikatif)
·         Guru membimbing siswa untuk melakukan refleksi dan menbimbing siswa menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang dijelaskan.
·         Memberikan kuis untuk mengetahui pemahaman siswa

·         Siswa membuat kesimpulan dari meteri yang dipelajari. (Komunikatif,tanggung jawab)
·         Siswa melakukan refleksi dan menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang telah dipelajari
·         Siswa melakukan kuis




15 menit

Metode Pembelajaran
c.    Model : Number Head Together (NHT )
d.      Metode : Tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas

Pertemuan Keempat
KEGIATAN GURU
KEGIATAN SISWA
Waktu
Kegiatan Awal
Apersepsi
·         Mengucapkan salam dan kemudian meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa. (religius)
·         Mengapsen kehadiran peserta didik. (Kepedulian)
Motivasi
·         Menginformasikan SK dan KD, indikator pencapaian dan tujuan pembelajaran pada siswa. (Komunikatif)
·         Membahas PR yang sulit ( menghargai prestasi)

Apersepsi
·         Siswa menjawab salam guru dan membaca doa. (Religius)
·         Siswa menjawab saat di cek kehadirannya.(Percaya diri)

Motivasi
· Siswa mendengarkan penjelasan dari guru ( percaya diri )
· Siswa melakukan penganalisaan terhadap PR yang dibuat tentang materi sebelumnya. ( rasa ingin tahu)







10 menit
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Guru memberikan informasi tentang cara menyelesaikan masalah (soal) yang berkaitan dengan mengenai rumus persamaan trigonometri tan x =a   (komunikatif)

Eksplorasi
Siswa memahami penjelasan dari guru mengenai cara menyelesaikan masalah (soal) yang berkaitan dengan rumus persamaan trigonometri tan x =a   
(rasa ingin tahu)




15 menit
Elaborasi
·         Guru membagi Siswa menjadi 7 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa, dan setiap siswa dalam kelompok mendapat nomor.
demokratis,komonikatif)
·         Guru memberi tugas untuk kepada setiap siswa sesuai dengan nomornya masing-masing terhadap tugas yang berangkai, dengan :
No1 bertugas mencatat soal, no2 mengerjakan soal, no3 bertugas mencatat kesimpulan diskusi dan no4 melaporkan hasil pekerjaan  (demokratis,komonikatif)
·         Guru menyuruh kerja sama antar kelompok, dan diminta keluar dari kelompok dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain, dalam kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu.  (demokratis,komonikatif)
·         Siswa  kembali ke kelompok asal, untuk menjelaskan hasil diskusinya. (demokratis,komonikatif)
·         Salah satu Kelompok melaporkan hasil, dan kelompok lain menanggapi komonikatif)

·         Guru memberi penilaian dari hasil kerja kelompok ahli dan hasil kerja semua kelompok
   ( komonikatif dan penghargaan prestasi)
Elaborasi

·         Siswa membuat kelompok.
( komunikatif )



·         Siswa melakukan diskusi sesuai dengan petunjuk yang diberikan guru (kerja keras, keja sama,ingin tahu )




·         Siswa melakukan kegitan sesuai dengan petunjuk guru. (ingin tahu)



·         Siswa melakukan kegitan sesuai dengan petunjuk guru(kerja keras, keja sama,ingin tahu)
·         Siswa melakukan kegitan sesuai dengan petunjuk guru(kerja keras, keja sama,ingin tahu)










40 menit
Komfirmasi
Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi. ( komonikatif)
Komfirmasi
Mendengarkan dan memperhatikan guru. ( komonikatif)
10 menit
Keiatan penutup
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman. ( komonikatif)
·         Guru membimbing siswa untuk melakukan refleksi dan menbimbing siswa menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang dijelaskan
·         Memberikan kuis untuk mengetahui pemahaman siswa

·         Siswa membuat kesimpulan dari meteri yang dipelajari. ( komonikatif)
·         Siswa melakukan refleksi dan menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang telah dipelajari
·         Siswa melakukan kuis




15 menit

Metode Pembelajaran
a.       Model : Kepala Bernomor Struktur
b.      Metode : Tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas

Pertemuan Kelima
Ulangan Harian


V.                Penilaian
A.    Teknik             : Tugas individu, tugas kelompok
B.     Bentuk                        : Tertulis (uraian singkat, uraian objektif)
C.     Instrumen        :
Aspek : kognitif
Soal -soal
(1)   Tentukan HP dari tan (60 – ½ x)° = cot (x + 120)° untuk 0 ≤ x ≤ 360°
(2)   Tentukan Himpunan penyelesaian  dari   sin x = sin 70°, 0° x < 360°
(3)   Tentukan  Himpunan penyelesaian    dari  cos x = cos 24°, dalam interval    0° x < 360°
(4)   Tentukan Himpunan penyelesaian dari     tan x = tan 56°, dalam interval   0° x < 360°
(5)   Tentukan himpunan penyelesaian
             Kunci jawaban :
1.      tan (60 – ½ x)° = tan (90 – (x + 120))°
tan (60 – ½ x)° = tan (–x – 30)°
60° – ½ x = –x – 30° + k.180°
x – ½ x = –30° – 60° + k.180°
½ x = –90° + k.180°
x = –180° + k.360°
k = 1 → x = 180°
Jadi HP = {180°}

2.      x = 70° + k.360°
                             k = 0 , x = 70°       atau         x = (180 - 70) + k.360°   ==>   x = 110° + k.360°
                  k = 0 ==> x = 110°
                 Jadi, Hp = {70°, 110°}     

3.      x = 24° + k.360°
                        k = 0 ,  x = 24°      atau         x = -24° + k.360°
               k = 1 , x = -24° + 360° = 336°
             Jadi, Hp = {24°, 336°}        


4.      x = 56° + k.180°
                         k = 0, x = 56°
   k = 1  x = 56° + 180° = 236°
   Jadi, himpunan penyelesaiannya    adalah { 52°, 236°}   

5.       
·        
Ø 
Ø 
Tidak memenuhi karena
·        
Ø  °=120°
Ø 
Tidak memenuhi karena
            Jadi himpunan penyelesaiannya
            
             Pedoman penilaian    
Nomor Soal
1
2
3
4
5
Skor Maksimal
10
10
10
10
10
Skor Perolehan
...
...
                 
                    


Aspek afektif
Lembar Penilaian Afektif,
Hari / Tanggal :
No.
Nama Peserta didik
Individu
Ku
Ks
Km
Tw
Jumlah






























           Kriteria Penilaian Afektif
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Keterangan :
Ku = Kesungguhan dalam proses pembelajaran
Ks = Kerja sama
Km = Kemandirian dalam membuat tugas
Tw = Tepat waktu mengumpulkan tugas
Memuaskan
4
Baik
3
Cukup
2
Kurang
1







                                       

Mengetahui
Kepala SMK



(….. NAMA…..)
NIP. …………………………..

Bukittingi,   Januari 2013

Guru Mapel  Matematika,




(….. NAMA…..)
NIP. …………………………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar