Rancangan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
I.
IDENTITAS
Satuan pendidikan : sekolah Menengah Kejuruan
Mata pelajaran :
Matematika
Kelas / program semester :
XI/ program keahlian teknologi kesehatan,
pertanian / 1
Jumlah pertemuan :
3 pertemuan (7x 45’)
A.
Standar kompetensi
1. Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linear dan fungsi
kuadrat.
B.
Kompetensi Dasar
1.1.Menerapkan
konsep fungsi eksponen.
C.
Indikator Pencapaian kompetensi
1.1.1. Menggambar
grafik fungsi eksponen.
1.1.2. Menggunakan
fungsi eksponen dalam pemecahan masalah.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Ø Kognitif
: setelah proses belajar mengajar peserta didik dapat:
·
Peserta didik dapat menggambar grafik fungsi eksponen.
·
Peserta didik dapat Menggunakan fungsi
eksponen dalam pemecahan masalah.
Ø Afektif
·
Kesungguhan dalam mengikuti proses
pembelajaran
·
Kerja sama dalam kelompok
·
Kemandirian dalam mengerjakan tugas
·
Tepat waktu mengumpulkan tugas
II.
MATERI
AJAR
A. KONSEP
·
F(x)=
ax dinamakan fungsi eksponen dengan
bilangan pokok a dan daerah asal Q.
·
grafik fungsi ekspnen y= ax .
B. FAKTA
1. Gambarlah
grafik fungsi eksponen berikut:
a. f(x)= 2x
III.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan petama dan kedua (5x45’)
Kegiatan
|
Waktu
|
|||||
Pendidik
|
Peserta didik
|
|||||
Kegiatan awal
1. Pendidik
mengarahkan peserta didik untuk berdo’a (Religius)
2. Pendidik
memperhatikan kehadiran peserta didik (Kepedulian Sosial)
3. Pendidik melakukan tanya jawab dengan siswa untuk
mengetahui sejauh mana materi yang dipelajari telah diketahui oleh peserta
pendidik.
4. Motivasi
Pendidik menginformasikan tujuan
pembelajaran (rasa ingin tahu)
5. Pendidik
menginformasikan cara pembelajaran
yang akan ditempuh (Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah
pembelajaran koperatif tipe STAD)
KEGIATAN INTI
1. Eksplorasi
·
Pendidik memberikan stimulus
berupa materi mengenai fungsi eksponen.
·
Pendidik membagikan bahan-bahan
diskusi kelompok pada setiap kelompok untuk dikerjakan anggota setiap
kelompok tentang materi pembelajaran yang sudah diberikan guru untuk
didiskusikan bersama-sama, dan saling bantu-membantu antar anggota lain dalam
kelompoknya, sedangkan guru memotivasi, memfasilitasi kerja siswa, membantu
siswa yang mengalami kesulitan, dan mengamati kerjasama tiap anggota dalam
kelompok belajar.
2. Elaborasi
·
Pendidik meminta salah satu
kelompok untuk mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan didepan
kelas hasil diskusi tentang materi
mengenai fungsi eksponen.
3.
Konfirmasi
· Pendidik
mengajak peserta didik secara bersama – sama membahas hasil presentasi yang
ditampilkan peserta didik di depan kelas.
·
Pendidik memberikan penguatan
atau pembenaran hasil diskusi dari
materi diskusi tentang materi mengenai
fungsi eksponen yang telah dikerjakan peserta didik didepan kelas.
4.
Penutup
·
Pendidik memberikan ringkasan
dari materi tentang fungsi eksponen.
|
Kegiatan awal
1.
Peserta didik berdo’a (Religius)
2.
Peserta didik memberikan respon
terhadap pendidik tentang kehadiran temanya (Kepedulian Sosial)
3.
Peserta didik menjawab pertanyaan
yang diberikan oleh pendidik
4.
Motivasi
Peserta
didik mendapat informasi tujuan pembelajaran ( rasa ingin tahu)
5.
Peserta didik mendengarkan
informasi yang diberikan pendidik.
1. Eksplorasi
·
peserta didik merespon stimulus dari pendidik tentang
materi mengenai fungsi eksponen.
·
Peserta didik menerima bahan
diskusi yang diberikan oleh pendidik,
dan kemudian mendiskusikannya bersama – sama.
2. Elaborasi
·
Salah satu kelompok peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan kedepan kelas hasil
diskusi tentang materi mengenai fungsi eksponen.
3.
Konfimasi
·
Peserta didik dan pendidik secara bersama – sama membahas
hasil presentasi dari salah satu kelompok peserta didik
·
Peserta didik mendengarkan
penguatan atau pembenaran yang
dijelaskan pendidik.
4.
·
Peserta didik mendengarkan
ringkasan yang diberikan pendidik
tentang fungsi eksponen
|
2x 15 menit
|
Pertemuan ketiga ( 2x45’)
Kegiatan
|
Waktu
|
|||||
Pendidik
|
Peserta didik
|
|||||
Kegiatan awal
1. Pendidik
mengarahkan peserta didik untuk berdo’a (Religius)
2. Pendidik
memperhatikan kehadiran peserta didik (Kepedulian Sosial
3. Pendidik melakukan tanya jawab dengan siswa untuk
mengetahui sejauh mana materi yang dipelajari telah diketahui oleh peserta
pendidik.
4. Apersepsi
Pendidik mengingatkan
kembali mengenai fungsi eksponen.
5. Motivasi
Pendidik menginformasikan tujuan
pembelajaran (rasa ingin tahu)
6. Pendidik
menginformasikan cara pembelajaran
yang akan ditempuh (Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah
pembelajaran koperatif tipe STAD)
KEGIATAN
INTI
·
Pendidik memberikan review materi tentang fungsi
eksponen dan mengadakan sesi tanya jawab tentang soal-soal yang belum
dimengerti.
·
Pendidik meminta peserta didik
menyiapkan kertas kosong dan peralatan
tulis secukupnya di atas meja karena akan diberikan ulangan.
·
Pendidik memberikan lembar soal.
·
Pendidik mengingatkan mengenai
waktu pengerjaan soal ulangan, serta mengingatkan untuk mengerjakannya dengan
baik.
·
Guru mengumpulkan kertas ulangan
jika pengerjaan ulangan telah selesai.
Penutup
Pendidik mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu
tentang fungsi eksponen.
|
Kegiatan awal
1. Peserta
didik berdo’a (Religius)
2. Peserta
didik memberikan respon terhadap pendidik tentang kehadiran temanya (Kepedulian
Sosial)
3. Peserta
didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pendidik
4. Apersepsi
Peserta didik mengingat kembali
mengenai fungsi eksponen.
5. Motivasi
Peserta
didik mendapat informasi tujuan pembelajaran ( rasa ingin tahu)
6. Peserta
didik mendengarkan informasi yang diberikan pendidik.
·
Peserta didik menerima review
materi tentang fungsi eksponen dan
mengikuti sesi Tanya jawab tentang soal- soal yang belum dimengerti.
·
Peserta didik menyiapakan kertas
kosong dan peralatan tulis
secukupnya diatas meja karena akan mendapatkan ulangan
·
Peserta didik menerima lembar soal.
·
Peserta didik mendengarkan penjelasan pendidik tentang
waktu pengerjaan soal ulangan, serta mengerjakannya dengan baik.
·
Peserta didik mengumpulkan kertas
ulangan jika pengerjaan ulangan telah selesai.
Peserta didik diingatkan untuk
mempelajari materi berikutnya, yaitu
eksponen.
|
10
menit
|
IV.
SUMBER
/ BAHAN PEMBELAJARAN
a. Sumber
:
·
Buku paket, yaitu buku Matematika
Erlangga Program Keahlian Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian Kelas XI hal
63-66.
·
Buku referensi lain
b.
Alat dan bahan
- Laptop
- LCD
- OHP
V.
EVALUASI
Teknik :
ulangan harian
Bentuk instrument :pilihan ganda, uraian obyektif
Contoh instrument :
1.
Misal y = x grafik f(x) akan memotong sumbu Y pada x =
a.
-∞
b.
-1
c.
0
d.
1
e.
2
2.
Arus Io ampere berkurang menjadi I
ampere setelah t detik menurut rumus I = I0 . (2,3)-kt . Tentukan konstanta k jika
arus 10 ampere berkurang menjadi 1 ampere dalam waktu 0,01 detik!
Mengetahui, Bukittinggi,
2 januari 2013
kepala sekolah pendidik
mata pelajaran
Nama Nama
NIP NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar