Sabtu, 19 Januari 2013

RPP SMK KELAS XI SEMESTER I SK 2 - KD - 5 (RISMA)



Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran
 (RPP)
I.                   IDENTITAS
Satuan pendidikan                                     : sekolah Menengah  Kejuruan
Mata pelajaran                                           : Matematika
Kelas / program semester                          : XI/ program keahlian teknologi    kesehatan, pertanian / 1
Jumlah pertemuan                                     : 3 pertemuan (7x 45’)


A.    Standar kompetensi
1.      Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linear dan fungsi kuadrat.

B.     Kompetensi Dasar
1.1.Menerapkan konsep fungsi eksponen.
C.     Indikator Pencapaian kompetensi
1.1.1.      Menggambar grafik fungsi eksponen.
1.1.2.      Menggunakan fungsi eksponen dalam pemecahan masalah.
D.    Tujuan  Pembelajaran
Ø  Kognitif : setelah proses belajar mengajar peserta didik dapat:
·         Peserta didik dapat  menggambar grafik fungsi eksponen.
·         Peserta didik dapat Menggunakan fungsi eksponen dalam pemecahan masalah.
Ø  Afektif
·         Kesungguhan dalam mengikuti proses pembelajaran
·         Kerja sama dalam kelompok
·         Kemandirian dalam mengerjakan tugas
·         Tepat waktu mengumpulkan tugas
II.                MATERI AJAR
A.    KONSEP
·         F(x)= ax dinamakan fungsi eksponen dengan bilangan pokok a dan daerah asal Q.
·          grafik fungsi ekspnen y= ax .
B.     FAKTA
1.      Gambarlah grafik fungsi eksponen berikut:
a.       f(x)= 2x

III.             KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan petama dan kedua (5x45’)
Kegiatan
Waktu
Pendidik
Peserta didik

Kegiatan awal
1.      Pendidik mengarahkan peserta didik untuk berdo’a (Religius)
2.      Pendidik memperhatikan kehadiran peserta didik (Kepedulian Sosial)
3.      Pendidik melakukan tanya jawab dengan siswa untuk mengetahui sejauh mana materi yang dipelajari telah diketahui oleh peserta pendidik.
4.      Motivasi
 Pendidik menginformasikan tujuan pembelajaran (rasa ingin tahu)

5.    Pendidik menginformasikan cara pembelajaran  yang akan ditempuh (Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran koperatif tipe STAD)

KEGIATAN INTI
1.      Eksplorasi
·         Pendidik memberikan stimulus berupa materi mengenai fungsi eksponen.
·         Pendidik membagikan bahan-bahan diskusi kelompok pada setiap kelompok untuk dikerjakan anggota setiap kelompok tentang materi pembelajaran yang sudah diberikan guru untuk didiskusikan bersama-sama, dan saling bantu-membantu antar anggota lain dalam kelompoknya, sedangkan guru memotivasi, memfasilitasi kerja siswa, membantu siswa yang mengalami kesulitan, dan mengamati kerjasama tiap anggota dalam kelompok belajar.

2.      Elaborasi
·         Pendidik meminta salah satu kelompok untuk mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan didepan kelas hasil diskusi  tentang materi mengenai fungsi eksponen.




3.      Konfirmasi
·      Pendidik mengajak peserta didik secara bersama – sama membahas hasil presentasi yang ditampilkan peserta didik di depan kelas.
·         Pendidik memberikan penguatan atau pembenaran hasil diskusi  dari materi diskusi  tentang materi mengenai fungsi eksponen yang telah dikerjakan peserta didik didepan kelas.
4.      Penutup
·         Pendidik memberikan ringkasan dari materi tentang  fungsi eksponen.

Kegiatan awal
1.      Peserta didik berdo’a (Religius)
2.      Peserta didik memberikan respon terhadap pendidik tentang kehadiran temanya (Kepedulian Sosial)
3.      Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pendidik

4.      Motivasi
Peserta didik mendapat informasi tujuan pembelajaran ( rasa ingin tahu)
5.      Peserta didik mendengarkan informasi yang diberikan pendidik.




3 x 55 menit
 
KEGIATAN INTI
1.      Eksplorasi
·         peserta didik  merespon stimulus dari pendidik tentang materi mengenai fungsi eksponen.
·         Peserta didik menerima bahan diskusi yang diberikan oleh  pendidik, dan kemudian mendiskusikannya bersama – sama.










2.      Elaborasi
·         Salah satu kelompok peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan kedepan kelas hasil diskusi tentang materi mengenai fungsi eksponen.


3.       Konfimasi
·              Peserta didik  dan pendidik secara bersama – sama membahas hasil presentasi dari salah satu kelompok peserta didik
·         Peserta didik mendengarkan penguatan atau pembenaran  yang dijelaskan pendidik.


4.     
2 x 15 menit
 
Penutup
·              Peserta didik mendengarkan ringkasan yang diberikan pendidik  tentang fungsi eksponen
2x 15 menit
 

Pertemuan ketiga ( 2x45’)
Kegiatan

Waktu
Pendidik
Peserta didik

Kegiatan awal
1.      Pendidik mengarahkan peserta didik untuk berdo’a (Religius)
2.      Pendidik memperhatikan kehadiran peserta didik (Kepedulian Sosial



3.      Pendidik melakukan tanya jawab dengan siswa untuk mengetahui sejauh mana materi yang dipelajari telah diketahui oleh peserta pendidik.

4.      Apersepsi
Pendidik mengingatkan kembali mengenai fungsi eksponen.

5.      Motivasi
 Pendidik menginformasikan tujuan pembelajaran (rasa ingin tahu)

6.    Pendidik menginformasikan cara pembelajaran  yang akan ditempuh (Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran koperatif tipe STAD)

KEGIATAN INTI
·               Pendidik  memberikan review materi tentang fungsi eksponen dan mengadakan sesi tanya jawab tentang soal-soal yang belum dimengerti.




·         Pendidik meminta peserta didik menyiapkan  kertas kosong dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diberikan ulangan.



·                     Pendidik memberikan lembar soal.
·                     Pendidik mengingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan, serta mengingatkan untuk mengerjakannya dengan baik.



·                  Guru mengumpulkan kertas ulangan jika pengerjaan ulangan telah selesai.


Penutup
Pendidik mengingatkan peserta didik  untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang fungsi eksponen.
Kegiatan awal
1.      Peserta didik berdo’a (Religius)
2.      Peserta didik memberikan respon terhadap pendidik tentang kehadiran temanya (Kepedulian Sosial)
3.      Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pendidik

4.      Apersepsi 
Peserta didik mengingat kembali mengenai fungsi eksponen.
5.      Motivasi
Peserta didik mendapat informasi tujuan pembelajaran ( rasa ingin tahu)
6.      Peserta didik mendengarkan informasi yang diberikan pendidik.




70 menit
 
KEGIATAN INTI
·         Peserta didik menerima review materi tentang  fungsi eksponen dan mengikuti sesi Tanya jawab tentang soal- soal yang belum dimengerti.

·         Peserta didik menyiapakan kertas kosong dan peralatan tulis  secukupnya  diatas  meja karena akan mendapatkan ulangan

·         Peserta didik  menerima lembar soal.
·         Peserta didik  mendengarkan penjelasan pendidik tentang waktu pengerjaan soal ulangan, serta mengerjakannya dengan baik.
·         Peserta didik mengumpulkan kertas ulangan jika pengerjaan ulangan telah selesai.

10 menit
 
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu  eksponen.

10 menit
 

IV.             SUMBER / BAHAN PEMBELAJARAN
a.       Sumber :
·         Buku paket, yaitu buku Matematika Erlangga Program Keahlian Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian Kelas XI hal 63-66.
·         Buku referensi  lain
b.      Alat dan bahan
- Laptop                        
- LCD
- OHP

V.                EVALUASI
Teknik                         : ulangan harian
Bentuk instrument      :pilihan ganda, uraian  obyektif
Contoh instrument      :
1. Misal y = x grafik f(x) akan memotong sumbu Y pada x =
a. -∞
b. -1
c. 0
d. 1
e. 2

2.      Arus Io ampere berkurang menjadi I ampere setelah t detik menurut rumus I = I­0 . (2,3)-kt . Tentukan konstanta k jika arus 10 ampere berkurang menjadi 1 ampere dalam waktu 0,01 detik!






Mengetahui,                                                               Bukittinggi, 2 januari 2013
 kepala sekolah                                                          pendidik mata pelajaran                                                                                         



Nama                                                                                Nama
         NIP                                                                                  NIP



Tidak ada komentar:

Posting Komentar