Rancangan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
I.
Identitas
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Program/Semester : XI/Program Keahlian
Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian/ 1
Jumlah Pertemuan : 1 Pertemuan (2 x
45’)
A.
Standar Kompetensi
1. Menerapkan
perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan
masalah
B.
Kompetensi Dasar
1.1.
Menentukan dan
menggunakan nilai perbandingan trigonometri suatu sudut.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1.
Mengkonversi
sudut ke satuan radian
1.1.2.
Menentukan
nilai perbandingan trigonometri dalam segitiga siku siku
1.1.3.
Menentukan
nilai trigonometri sudut – sudut istimewa
D.
Tujuan Pembelajaran
Ø Kognitif : Setelah proses belajar mengajar peserta didik dapat :
·
Peserta didik
dapat mengkonversi sudut ke satuan radian
·
Peserta didik
dapat menentukan nilai perbandingan trigonometri dalam segitiga siku siku
·
Peserta didik
dapat menentukan nilai trigonometri sudut – sudut istimewa
·
Nilai yang
ditanamkan : Rasa ingin tahu, mandiri, kreatif, kerjasama dan disiplin)
Ø Afektif
·
Kesungguhan
dalam pembelajaran matematika
·
Kerja sama dalam
kelompok
·
Kemandirian
dalam mengerjakan tugas
·
Tepat waktu
mengumpulkan tugas
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran koperatif
tipe STAD
II.
Materi Ajar
A.
Prinsip
ü Sudut diukur dalam satuan (o) dan radian (rad)
ü Dalam segitiga siku – siku :
§ Sinus adalah perbandingan sisi depan dan miring dari suatu sudut
dalam segitiga siku – siku
§ Cosinus adalah perbandingan sisi samping dan miring dari suatu
sudut dalam segitiga siku – siku
§ Tangen adalah perbandingan sisi depan dan samping dari suatu sudut
dalam segitiga siku – siku
§ Cosecan adalah perbandingan sisi miring dan depan dari suatu sudut
dalam segitiga siku – siku
§ Secan perbandingan sisi miring dan samping dari suatu sudut dalam
segitiga siku – siku
§ Cotangen adalah perbandingan sisi samping dan depan dari suatu
sudut dalam segitiga siku – siku
ü Sudut – sudut istimewa yang ada pada trigonometri adalah 0o,
30o, 45o, 60o, 90o
B.
Konsep
ü 180o = π rad
ü Perbandingan Trigonometri dari suatu sudut segitiga
siku-siku
a.
Perbandingan sudut segitiga siku-siku
Dan berlaku teorema Phytagoras yaitu:
Dengan menggunkan hubungan Phytagoras
Diperoleh :
1+
a.
Nilai perbandingan trigonometri untuk sudut khusus
Sudut khusus (sering pula
disebut sebagai sudut istimewa
adalah suatu sudut dimana nilai perbandingan trigonometrinya dapat ditentukan
secara langsung tanpa menggunakan daftar trigonometri atau kalkulator.
Sudut-sudut yang dimaksud adalah sudut-sudut yang besarnya 0o, 30o, 45o, 60o,
dan 90o. Nilai perbandingan trigonometri untuk sudut-sudut khusus
ini dapat ditentukan dengan menggunakan konsep lingkaran satuan.
450 2
600
450 1
300 1
1
Untuk lengkapnya nilai
perbandingan untuk sudut-sudut istimewa dapat disajikan dalam tabel berikut
ini:
00
|
300
|
450
|
600
|
900
|
|
Sin
|
0
|
1
|
|||
Cos
|
1
|
0
|
|||
Tan
|
0
|
1
|
∞
|
b.
Fakta
a.
Diketahui
koordinat titik A(3,4) seperti gambar dibawah ini ! tentukan nilai Sin, Costandan ctg
Y
A (5,
12)
12
5 x
C
B
b. Diketahui sin dengan sudut lancip
.Tentukan nilai Costanctg , secdan cosec !
c. Hitunglah nilai dari
·
Sin 1500
·
Cos 1200
·
Tan 2100
·
Sin 3000
Prosedur:
a. Berdasarkan rumus phytagoras AC2 = AB2
+BC2
AC2 = 122
+ 52
AC2 = 144 + 25
AC2 = 169
AC = 13
|
A (5, 12)
12
C 5
B
b.
8 10 sin
6 Berdasarkan rumus Phytagoras
Cos Sec
Tan Cosec
Ctg
III.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
ke-1 (2 x 45’)
Kegiatan
|
Waktu
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
Kegiatan awal
1.
Pendidik mengarahkan
peserta didik untuk berdo’a (Religius)
2.
Pendidik
memperhatikan kehadiran peserta didik (Kepedulian Sosial)
3.
Pendidik melakukan tanya jawab dengan siswa untuk mengetahui sejauh
mana materi yang dipelajari telah diketahui oleh pendidik
4.
Apersepsi
Pendidik
memberitahu peserta didik bahwa dalam kehidupan sehari sering dijumpai
pengukuran dengan sudut
5.
Motivasi
Pendidik
menginformasikan tujuan pembelajaran (rasa
ingin tahu)
6.
Pendidik menginformasikan cara
pembelajaran yang akan ditempuh (Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran
koperatif tipe STAD)
Kegiatan inti
1.
Eksplorasi
·
Pendidik menyampaikan
materi pembelajaran mengenai satuan derajat dengan radian , perbandingan
nilai perbandingan trigonometri dalam segitiga siku siku, dan perbandingan
sudut – sudut istimewa dalam trigonometri
·
Pendidik
memberikan tes awal setelah menyampaikan materi pembelajaran mengenai satuan
derajat dengan radian , perbandingan nilai perbandingan trigonometri dalam
segitiga siku siku, dan perbandingan sudut – sudut istimewa dalam trigonometri
untuk mendapatkan skor awal sesuai dalam tahapan dalam model pembelajaran
tipe STAD.
2.
Elaborasi
·
Pendidik
membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4 sampai
dengan 5 peserta didik yang kemampuan akademiknya terdiri dari yang berkemampuan
tinggi, sedang dan rendah
·
Pendidik membagikan
bahan-bahan diskusi kelompok pada setiap kelompok untuk dikerjakan anggota
setiap kelompok tentang materi pembelajaran yang sudah diberikan guru untuk
didiskusikan bersama-sama, dan saling bantu-membantu antar anggota lain dalam
kelompoknya, sedangkan guru memotivasi, memfasilitasi kerja siswa, membantu
siswa yang mengalami kesulitan, dan mengamati kerjasama tiap anggota dalam
kelompok belajar.
·
Pendidik menunjuk
peserta didik untuk memepresentasikan hasil diskusi kelompok dan pendidik
bertindak sebagai fasilitator
3.
Konfirmasi
·
Pendidik
memberikan kuis kepada setiap peserta didik secara individual.
·
Pendidik
memberikan penghargaan kepada kelompok melalui nilai penghargaan berdasarkan
perolehan nilai peningkatan individual dari nilai dasar ke nilai berikutnya
setelah mereka melalui kegiatan kelompok.
Kegiatan
penutup
·
Pendidik memberikan refleksi dengan cara menunjuk pendidik
secara acak untuk komunikasikan pengalamannya selama diskusi kelompok dan
selama menyelesaikan kuis secara individual
· Pendidik memberikan pekerjaan rumah kepada peserta didik
|
Kegiatan awal
1.
Peserta didik
berdo’a (Religius)
2.
Peserta didik
memberikan respon terhadap pendidik tentang kehadiran temanya (Kepedulian
Sosial)
3.
Peserta didik
menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pendidik
4.
Apersepsi
Peserta didik menyadari bahwa dalam kehidupan sehari – harinya
sering mengukur dala satuan sudut (rasa
ingin tahu)
5.
Motivasi
Peserta
didik mendapat informasi tujuan pembelajaran (rasa ingin tahu)
6.
Peserta didik mendengarkan dan
memahami informasi yang diberikan pendidik
Kegiatan inti
1. Eksplorasi
·
Peserta didik
mendengarkan, mencatat dan memahami materi diberikan oleh pendidik mengenai satuan
derajat dengan radian , perbandingan nilai perbandingan trigonometri dalam
segitiga siku siku, dan perbandingan sudut – sudut istimewa dalam
trigonometri
·
Peserta didik
mengerjakan tes awal yang diberikan oleh pendidik tentang satuan derajat
dengan radian , perbandingan nilai perbandingan trigonometri dalam segitiga
siku siku, dan perbandingan sudut – sudut istimewa dalam trigonometri
2. Elaborasi
·
Peserta didik
membentuk kelompok sesuai dengan yang dibagi oleh pendidik
(Kerja sama,
Sportif, Bekerja Keras)
·
Peserta didik mengerjakan bahan
diskusi kelompok oleh setiap anggota kelompok dan saling membantu dengan
anggota kelompoknya
(Percaya diri, Kerja sama)
·
Peserta didik
presentasikan hasil diskusi kelompok dan pendidik bertindak sebagai
fasilitator.
·
(Berani, Tanggung
Jawab, Demokratis)
3. Konfirmasi
·
Peserta mengerjakan
kuis yang diberikan oleh peserta didik
(Disipilin dan Tanggung Jawab)
·
Kelompok peserta ada mendapatkan pengharagaan berdasarkan perolehan
nilai yang diperolehnya
Kegiatan
penutup
·
Peserta didik
yang ditunjuk mengomunikasikan pengalamanya selama diskusi kelompok dan
selama menyelesaikan kuis secara individual
·
Peserta didik
mengerjakan tugas rumah tugas dari pendidik
(Kreatif,
Tanggung Jawab, Demokratif, Bekerja Keras)
|
15’
30’
25’
10’
10’
|
IV.
Sumber/Bahan
Pembelajaran
a.
Sumber :
·
Matematika
Program keahlian Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian untuk SMK dan MAK kelas
XI. Penerbit Erlangga, KTSP 2006 Standar Isi
·
Pengecekan
kemampuan prasyarat
·
Bahan diskusi
kelompok
·
Kuis individual
b.
Alat dan Bahan
Papan dan
spidol
V.
Evaluasi
A.
Kognitif
Quis
1.
Hitung nilai
dari perbandingan trigonometri dengan sisi tegak sama dengan dua kali sisi
depannya (skor 50)
2.
Hitung nilai
tan 90o + sin 90o + cos90o – sec 0o
- cot 0o - csc 0o
Nilai
(N) = (skor 50)
B.
Afektif
Lembar Penilaian Afektif,
Hari / Tanggal :
No.
|
Nama Peserta didik
|
Individu
|
||||
Ku
|
Ks
|
Km
|
Tw
|
Jumlah
|
||
Kriteria Penilaian Afektif
Nilai
Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
Keterangan :
Ku
= Kesungguhan dalam proses pembelajaran
Ks
= Kerja sama
Km
= Kemandirian dalam membuat tugas
Tw
= Tepat waktu mengumpulkan tugas
|
Memuaskan
|
4
|
|
Baik
|
3
|
|
Cukup
|
2
|
|
Kurang
|
1
|
Kriteria peningkatan individu
Kriteria
|
Nilai Perkembangan
|
Lebih dari 10
poin di bawah skor dasar
|
0 poin
|
10 poin di
bawah sampai 1 poin dibawah skor dasar 10 poin 10 poin di bawah sampai 1 poin
dibawah skor dasar
|
10 poin
|
Skor dasar
sampai 10 poin di atas skor dasar
|
20 poin
|
Lebih dari 10
poin di atas skor dasar
|
30 poin
|
Pekerjaan
sempurna (tanpa memperhatikan skor dasar)
|
30 poin
|
Kriteria penghargaan kelompok dalam pembelajaran kooperatif
Nilai
Kelompok
|
Kriteria
Penghargaan
|
15 N 20
|
Kelompok Baik
|
20 < N 25
|
Kelompok Hebat
|
N > 25
|
Kelompok
Super
|
Mengetahui, Bukittinggi,
2 januari 2013
Kepala Sekolah Pendidik
Mata Pelajaran
Nama Nama
NIP NIP
Lampiran: Bahan
pengecekan materi prasyarat
1. Berapakah
besar sudut dalam satu lingkaran penuh ?
Jawab :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Tulis
nilai trigonometri dari sin x, cos, x dan tan x segitiga dengan sisi tegak 3 cm dan sisi depan 4 cm !
Jawab:
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
3. Berapa
nilai dari sin 0o, cos0o dan tan0o
Jawab:
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...
Lampiran:
Lembar Kerja Siswa
Lembar Kerja Siswa
Topik : menggunakan
konsep himpunan dalam pemecahan
masalah
Kelas/semester :
VII/dua
Anggota Kelompok :
1.
2.
3.
4.
5.
Petunjuk:
1.
Pelajari Lembar Kerja Siswa mengenai satuan derajat dengan radian , perbandingan nilai perbandingan
trigonometri dalam segitiga siku siku, dan perbandingan sudut – sudut istimewa
dalam trigonometri secara berdiskusi
dengan teman-teman satu kelompok!
2.
Diskusikan dan bahas bersama dengan
temanmu tentang kesulitan yang kamu
temui! Jika dalam kelompokmu belum diperoleh
jawabannya, tanyakan pada
guru,
tetapi berusahalah semaksimal mungkin terlebih dahulu!
3. Setelah
selesai, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok
Masalah :
1. a.
Nyatkan sudut 0o, 30o,45o, 90o, 180o
dalam radian !
b. Ubahlah sudut berikut dalm bentuk
derajat
a.
b.
c.
2. Diketahui
sisi tegak 2a dan sisi depan a, tukis semua perbandingan trigonometrinya !
3. Jika
sisi tegak = 20 cm, dan sudut BAC = 30o dam suatu segitiga siku – siku, hitung
panjang AC !
4. Hitung
panjang sisi – sisi segitiga ABC jika sudut A = 60o, sudut C = 90o,
dan panjang sisi AC = 8 cm!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar