Sabtu, 19 Januari 2013

RPP SMK KELAS XI SEMESTER I SK 1 - KD 3( FITRI RAHMI )



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I.         Identitas
       Satuan Pendidikan           : SMK
       Mata Pelajaran                 : MATEMATIKA
       Kelas / Semester               : XI  (Sebelas)/ I ( Satu )
       Jumlah Pertemuan            : 4 x Pertemuan

Standar Kompetensi   : 7. Menerapkan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar        : 7.3. Menerapkan aturan sinus dan cosinus
Indikator                     :  1.  Mengidentifikasi permasalahan dalam perhitungan sisi atau sudut pada segitiga
2.    Merumuskan aturan sinus dan aturan cosinus
3.    Menggunakan aturan sinus dan aturan cosinus untuk menyelesaikan soal perhitungan sisi atau pada segitiga
Tujuan Pembelajaran    :
a.       Siswa dapat mengidentifikasi permasalahan dalam perhitungan sisi atau sudut pada segitiga.
b.      Siswa dapat merumuskan aturan sinus dan aturan cosinus.
c.       Siswa didik dapat menggunakan aturan sinus dan aturan cosinus untuk menyelesaikan soal perhitungan sisi atau sudut pada segitiga.

II.      Materi Ajar
A.  Konsep

1.      Mencari Rumus Sinus

Misalkan ?ABC adalah segitiga dengan ? CAB = ? ; ? ABC = ? dan ? BCA = ? serta panjang BC, AC dan AB berturut-turut adalah a, b dan c. Tarik garis melalui titik C di luar garis AB tegak lurus garis tersebut, misal CD.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi7Bc_8rWCD_9erQHlouDQ-qXIGT6SQ7cIBR0HrfdB9TtoHV9BJWZM1ti-jWv08AfP3ahkjkricq9Et3FRemt2d3TOm49ue4ybueiPCacHffVuJDQnEf8SwFk8BUZVt-5yaEsBFB2Qvhcs/s640/k7.GIF
Tarik garis melalui titik B di luar garis AC tegak lurus garis tersebut, misal BE maka :

Dari (3) dan (6) di dapat:

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjxghscGahYu5n5n5Hxh4X6NPXjd0_qMsp2gPeuN0z11kj_xhH73QIbJ0Jf8Rg5zsOk8xwQ9asBpF4f5OD4BBdFVmkOezcRqgFNWYGtC48ek43kw60xTbTZzdC0RQSBJcJc8xjJsUVnGyA/s640/egew.GIF


2.      Mencari Rumus Cosinus

Misalkan ?ABC adalah segitiga dengan ? CAB = ? ; ? ABC = ? dan ? BCA = ? serta panjang BC, AC dan AB berturut-turut adalah a, b dan c. Tarik garis melalui titik C di luar garis AB tegak lurus garis tersebut, misal CD.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi__ujBQ0d7z5d_06fLCPe8Mr-NyfUZqy9RUVDtJQGwfA4urdt8EmnMAwfZuQYr5K48Mtu30J5YPVSTKuRak1I2q3jkRMGSqX3yfFFx_NIVM6DKEsOoTO8_BBVz5jg4z5e4RcnMQl6jy_M/s320/egeee.GIFhttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi_RSx9HVyAH9-_tWONDHuCtK3eCI3hk37H7ZmdhfhGSIUL-flp4kxV8z8e2bQ69RzmJvkeDIEKINYiiRg8ijqAUNmJtmJe_NRArnITTjtjfzj5HvkjDLhvswAPP1zgr6wnGQfQLzFzj3o/s640/w.GIF
Pandang ? BDC siku-siku di D, maka berlaku teorema phytagoras:

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjoeu7XxfbqRVtDVqiO71OaLXplgRKaiyPGW37lkTLze-KC5xulAqOoVMGIempbpRisA6atOfbYdoOQHjueuyqpW0sS6PYGOMHbEw29Rub2WuOaRmwc8KNLA23v72ndYQx1C0nwoKSYXpU/s640/sg.GIF
Dengan cara yang sebanding, kita akan memperoleh rumus cosinus yang lain yaitu:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhiTCVUhOh-hZQus0iZH3Cj6-GYzlY4pLf-QTdNmEfZ3_SoWAx66a6JSiu9rXt_4kdej2kgol1m4aaQTE5BGMtbUPmN0baDCDFmvvERx_YcRMAK8oQrSyRGxj-zfDdYjacpCRforn_3dVQ/s640/wq.GIF

B.  Fakta
1.      Aturan sinus sangat bermanfaat untuk menghitung panjang sisi atau besar sudut pada suatu segitiga.

Contoh 4

a. Diketahui ?? ABC dengan AB = 4 cm, ? CAB = 300 dan ? BCA = 450 Tentukan panjang BC?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEii4eh5YtG-_TB-V35ZLkkioHrMHP0l3-lYkEfkODOHqdH1UUam_-ttdODnZpAHsyD_TFXrsHL2pFVrBPSDTR1JoJaoo3UIrL_Fe76v1JlDXWKrom7JvCm5rH5Vvwz_l61yj-ZIAY_lJQ4/s640/jk.GIF

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiweN6PP1WGp9aQ_qgG3Zqw-UyJZpGmtwVUwWrUVR1v4NAur2FEonKOOgzITNmaC6uF14pZKcGjt_8jochyzv0KzXcVpIxnczeelongGRUAdj4X3_ep5ftxK0Izba05aRXkx_PM8Ey7ogQ/s640/fd.GIF
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj6LCYO0ny9YYdBryI-hbN5AmVIWDGXe_8K4z06p5pB33J_Ncj-Pr0E4oW__7MDXd6J1toI4axRcD9YMTHlJGFwZGiU-0nDzOznUM8AZ2qFPTvOQUhois2qLlD2mhxkGixMmpu1qgaxkao/s640/g.GIF
2.      Seperti halnya aturan sinus, aturan cosinus sangat bermanfaat untuk menghitung panjang sisi atau besar sudut pada suatu segitiga.

Contoh 5
     https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi2IKJ0DfHYtjSGLbQWK8vwXhvzyiiSuqQKVk3MNh8dAIX_mp-EhvHWI8EJanPZAd0HuK4T5MqbLecOeR7-GfinYMY8CfaLEWU9uIBfRDuH8F-SKhEoDgJ-C-yf0RESWJ_spf51MrlNLz8/s640/dg.GIF
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_2PbImCFAQHJBwMo_yTVSSXAvY_vdhx9pAxngQex0aeSk6cqx0Q1mehXtMy2Px4jVT1lIdV7LsTGsTRDHZ_HfruwxGoKuCxSlyUV75pAMzluJVibdjei7Ah-1HheoPebKbr2nr3_HnA8/s640/bg.GIF

III.   Metode Pembelajaran
A.  Model             : Think Pare and Share
                                       Koperatif Jigsaw
B.  Metode            :  Tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas.

IV.   Sumber Pembelajaran
1)      Matematika Program keahlian Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian untuk SMK dan MAK kelas XI. Penerbit Erlangga, KTSP 2006 Standar Isi
2)      Matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / Madrasah Aliyah Kejuruan (MAN) kelompok teknologo, kesehatan dan pertanian kelas XI, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Buku Sekolah Elektronik.
3)      Buku paket
4)      Sumber lain yang relevan

V.      Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama
A.    Pendahuluan (10 menit)
1.  Siswa berdoa (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah) (religius)
2.  Guru memperhatikan kehadiran siswa (membangun rasa peduli antara guru dan siswa serta antara siswa dan guru)
3.  Menginformasikan tujuan pembelajaran (komunikatif)
B.     Kegiatan Inti (65 menit)
KEGIATAN GURU
KEGIATAN SISWA
Waktu
Eksplorasi
Guru meminta siswa untuk berdiskusi secara berpasangan. (komunikatif)
Eksplorasi
Siswa berdiskusi secara berpasangan (komunikatif, diskusi)

15 menit
Elaborasi
1.      Dengan menggunakan buku pegangan,  guru meminta siswa secara berpasangan untuk menemukan permasalahan dalam mencari sisi dan sudut dala segitiga.(komunikatif)
2.      Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.(fasilitator)
3.      Guru mengambil secara acak wakil dari kelompok pasangan untuk menyajikan hasil diskusinya. (komunikatif)
Elaborasi
1.      Dengan menggunakan buku pegangan,  siswa secara berpasangan menemukan permasalahan dalam mencari sisi dan sudut dala segitiga. (rasa ingin tahu, kreatif)
2.      Siswa berdiskusi tentang materi yang sedang dipelajari (rasa ingin tahu, kreatif, diskusi)

3.      Siswa menyajikan hasil diskusinya dan kelompok yang yang lain menanggapi. (komunikatif, kreatif, kerjakeras, tanggung jawab)

35 menit
Komfirmasi
Guru membimbing siswa untuk melakukan refleksi dan menbimbing siswa menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang dijelaskan (komunikatif)
Komfirmasi
Siswa melakukan refleksi dan menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang telah dipelajari (kreatif, komunikatif)
15 menit

C.     Kegiatan Penutup (15 menit)
1.      Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman
2.      Guru memberikan kuis untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan
3.      Siswa diberi PR

       Pertemuan kedua
A.    Pendahuluan (10 menit)
1.  Siswa berdoa (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah) (religius)
2.  Guru memperhatikan kehadiran siswa (membangun rasa peduli antara guru dan siswa serta antara siswa dan guru)
3.  Menginformasikan tujuan pembelajaran (komunikatif)
4.  Guru mengingatkan tentang materi sebelumnya.
5.  Guru menanyakan tentang tugas pada pertemuan sebelumnya. ( rasa ingin tahu )
B.     Kegiatan Inti (65 menit)
KEGIATAN GURU
KEGIATAN SISWA
Waktu
Eksplorasi
Guru memberikan stimulus berupa pemberian materi mengenai aturan sinus dan aturan cosinus (komunikatf)
Eksplorasi
Siswa memperhatikan dan memahami materi dari guru mengenai aturan sinus dan aturan cosinus
(kreatif, komunikatif)
15 Menit
Elaborasi
1.      Guru memberikan beberapa soal tentang aturan sinus dan aturan cosinus (komunikatif)
2.      Guru menunjuk beberapa siswa kedepan kelas mengerjakan soal yang dikejakan (toleransi, komunikatif)
3.      Guru bersama siswa menbahas hasil yang ditulis di papan tulis (komunikatif, diskusi)
4.      Guru memberikan latihan soal kepada siswa (toleransi, komunikatif)

5.      Guru berkeliling men cek pekerjaan siswa, sambil memberikan bimbingan (fasilitator, motivator)
Elaborasi
1.      siswa mengerjakan soal tentang aturan sinus dan aturan cosinus (kerja keras, rasa ingin tahu)
2.      beberapa siswa kedepan kelas untuk mengerjakan soal yang dikerjakan (kerja keras, kreatif)
3.      siswa memperhatikan pembahasan dari hasil yang ditulis di papan tulis (rasa ingin tahu)
4.      siswa mengerjakan latihan soal yang diberikan guru (kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras)
5.      siswa berdiskusi mengerjakan soal latihan (diskusi)

40 menit
Komfirmasi
Guru membimbing siswa untuk melakukan refleksi dan menbimbing siswa menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang dijelaskan (komunikatif)
Komfirmasi
Siswa melakukan refleksi dan menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang telah dipelajari (kreatif, komunikatif)
10 menit

C.     Kegiatan Penutup (10 menit)
1.      Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman
2.      Guru memberikan kuis untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan
3.      Siswa diberi PR

       Pertemuan Ketiga
A.    Pendahuluan (10 menit)
1.      Siswa berdoa (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah) (religius)
2.      Guru memperhatikan kehadiran siswa (membangun rasa peduli antara guru dan siswa serta antara siswa dan guru)
3.      Menginformasikan tujuan pembelajaran (komunikatif)
4.      Guru mengingatkan tentang materi sebelumnya.
5.      Guru menanyakan tentang tugas pada pertemuan sebelumnya. ( rasa ingin tahu )

B.     Kegiatan Inti (65 menit)
KEGIATAN GURU
KEGIATAN SISWA
waktu
Eksplorasi
Guru memberikan informasi tentang cara menyelesaikan masalah (soal) yang berkaitan dengan mencari sisi dan sudut dalam segitiga dengan aturan sinus dan aturan cosinus (komunikatif)
Eksplorasi
Siswa memahami penjelasan dari guru mengenai cara menyelesaikan masalah (soal) yang berkaitan dengan mencari sisi dan sudut dalam segitiga dengan aturan sinus dan aturan cosinus (rasa ingin tahu)
15 Menit
Elaborasi
1.      Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa ( kelompok awal ) (komunikatif)
2.      Guru memberi 4 soal yang berbeda kepada masing-masing kelompok, anggota pertama mengerjakan tugas no 1, anggota kedua mengerjakan soal no 2, anggota ketiga mengerjakan soal no 3, dan anggota keempat mengerjakan soal no 4. (fasilitator, komunikatif)
3.      Guru meminta anggota yang mengerjakan tugas no 1 berkelompok dengan anggota yang mengerjakan tugas no 1 dari kelompok lain. ( kelompok ahli ) (toleransi, komunikatif)
4.      Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan pada siswa yang mengalami kesulitan.(fasilitator, komunikatif)
5.      Setelah semua anggota kelompok ahli mengerti tentang tugas masing-masing, guru meminta tiap anggota kelompok awal untuk menjelaskan hasil diskusi dari kelompok ahli ke kelompok awal. (komunikaif, toleransi)
6.      Guru meminta semua  anggota kelompok awal mencatat hasil kerja dari semua tugas. (komunikatif)
7.      guru memberi penilaian dari hasil kerja dari kelompok ahli dan hasil kerja kelompok dipajang. (monivasi, tanggung jawab)
Elaborasi
1.      Siswa dibagi menjadi 7 kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa ( kelompok awal )

2.      Masing-masing kelompok mengerjakan soal yang diberikan (kerja keras, rasa ingin tahu)






3.      Anggota yang mengerjakan tugas no 1 berkelompok dengan anggota yang mengerjakan tugas no 1 dari kelompok lain. ( kelompok ahli )

4.      Siswa berdiskusi dalam mengerjakan soal (diskusi, rasa ingin tahu, kreatif)

5.      tiap anggota kelompok awal menjelaskan hasil diskusi dari kelompok ahli ke kelompok awal.(diskusi, tanggung jawab, komunikatif)


6.      Semua  anggota kelompok awal mencatat hasil kerja dari semua tugas.(kerja keras, tanggung jawab)

40 menit
Komfirmasi
1.      Guru memberi penegasan terhadap hasil diskusi (fasilitator)
2.      Guru membimbing siswa untuk melakukan refleksi dan menbimbing siswa menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang dijelaskan (komunikatif)
Komfirmasi
Siswa melakukan refleksi dan menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang telah dipelajari (rasa ingin tahu)
10 menit

C.     Kegiatan Penutup (10 menit)
1.      Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman
2.      Guru memberikan kuis untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan
3.      Siswa diberi PR buku dan di informasikan akan mengadakan ulangan harian apada pertemuan selanjutnya

       Pertemuan Keempat
Ulangan Harian


VI.   Penilaian
A.    Teknik             : Tugas individu, tugas kelompok
B.     Bentuk                        : Tertulis (uraian singkat, uraian objektif)
C.     Instrumen        :
Aspek : kognitif
        
       

             Kunci Jawaban :
       
      
            
             Pedoman penilaian     
Nomor Soal
1
2
Skor Maksimal
50
50
Skor Perolehan
...
...
                 
                    


Aspek afektif
Lembar Penilaian Afektif,
Hari / Tanggal :
No.
Nama Peserta didik
Individu
Ku
Ks
Km
Tw
Jumlah






























           Kriteria Penilaian Afektif
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Keterangan :
Ku = Kesungguhan dalam proses pembelajaran
Ks = Kerja sama
Km = Kemandirian dalam membuat tugas
Tw = Tepat waktu mengumpulkan tugas
Memuaskan
4
Baik
3
Cukup
2
Kurang
1









                                       

Mengetahui
Kepala SMK



(….. NAMA…..)
NIP. …………………………..

Bukittingi,   Januari 2013

Guru Mapel  Matematika,




(….. NAMA…..)
NIP. …………………………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar