RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I.
Identitas
Satuan
Pendidikan : SMK
Mata
Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas
/ Semester : XI (Sebelas)/ I ( Satu )
Jumlah
Pertemuan : 4 x Pertemuan
Standar Kompetensi : 7. Menerapkan
perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan
masalah.
Kompetensi Dasar : 7.3. Menerapkan
aturan sinus dan cosinus
Indikator : 1. Mengidentifikasi
permasalahan dalam perhitungan sisi atau sudut pada segitiga
2.
Merumuskan aturan sinus
dan aturan cosinus
3. Menggunakan aturan sinus dan aturan cosinus
untuk menyelesaikan soal perhitungan sisi atau pada segitiga
Tujuan Pembelajaran
:
a.
Siswa dapat
mengidentifikasi permasalahan dalam perhitungan sisi atau sudut pada segitiga.
b.
Siswa dapat
merumuskan aturan sinus dan aturan cosinus.
c.
Siswa didik
dapat menggunakan aturan sinus dan aturan cosinus untuk menyelesaikan soal
perhitungan sisi atau sudut pada segitiga.
II.
Materi Ajar
A. Konsep
1.
Mencari Rumus Sinus
Misalkan
?ABC adalah segitiga dengan ? CAB = ? ; ? ABC = ? dan ? BCA = ? serta panjang
BC, AC dan AB berturut-turut adalah a, b dan c. Tarik garis melalui titik C di
luar garis AB tegak lurus garis tersebut, misal CD.
Tarik garis melalui titik B di luar garis AC
tegak lurus garis tersebut, misal BE maka :
Dari (3) dan
(6) di dapat:
2.
Mencari Rumus Cosinus
Misalkan
?ABC adalah segitiga dengan ? CAB = ? ; ? ABC = ? dan ? BCA = ? serta panjang
BC, AC dan AB berturut-turut adalah a, b dan c. Tarik garis melalui titik C di
luar garis AB tegak lurus garis tersebut, misal CD.
Pandang
? BDC siku-siku di D, maka berlaku teorema phytagoras:
Dengan cara
yang sebanding, kita akan memperoleh rumus cosinus yang lain yaitu:
B.
Fakta
1.
Aturan sinus sangat bermanfaat untuk menghitung
panjang sisi atau besar sudut pada suatu segitiga.
Contoh 4
a. Diketahui ??
ABC dengan AB = 4 cm, ? CAB = 300 dan ? BCA = 450 Tentukan panjang BC?
2.
Seperti halnya aturan sinus, aturan cosinus
sangat bermanfaat untuk menghitung panjang sisi atau besar sudut pada suatu
segitiga.
Contoh 5
III.
Metode Pembelajaran
A.
Model :
Think Pare and Share
Koperatif Jigsaw
B.
Metode :
Tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas.
IV.
Sumber Pembelajaran
1)
Matematika
Program keahlian Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian untuk SMK dan MAK kelas
XI. Penerbit Erlangga, KTSP 2006 Standar Isi
2)
Matematika
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / Madrasah Aliyah Kejuruan (MAN) kelompok
teknologo, kesehatan dan pertanian kelas XI, Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional, Buku Sekolah Elektronik.
3)
Buku paket
4)
Sumber lain
yang relevan
V.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama
A. Pendahuluan (10 menit)
1.
Siswa berdoa (menunjukkan
pembelajaran adalah ibadah) (religius)
2.
Guru memperhatikan
kehadiran siswa (membangun rasa peduli antara guru dan siswa serta antara siswa
dan guru)
3.
Menginformasikan tujuan
pembelajaran (komunikatif)
B. Kegiatan Inti (65 menit)
KEGIATAN GURU
|
KEGIATAN SISWA
|
Waktu
|
Eksplorasi
Guru meminta siswa untuk berdiskusi secara berpasangan. (komunikatif)
|
Eksplorasi
Siswa berdiskusi secara berpasangan (komunikatif,
diskusi)
|
15 menit
|
Elaborasi
1.
Dengan menggunakan buku pegangan,
guru meminta siswa secara berpasangan untuk menemukan permasalahan
dalam mencari sisi dan sudut dala segitiga.(komunikatif)
2.
Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan siswa yang mengalami
kesulitan.(fasilitator)
3.
Guru mengambil secara acak wakil dari kelompok pasangan untuk menyajikan hasil
diskusinya. (komunikatif)
|
Elaborasi
1.
Dengan menggunakan buku pegangan,
siswa secara berpasangan menemukan permasalahan dalam mencari sisi dan
sudut dala segitiga. (rasa ingin tahu, kreatif)
2.
Siswa berdiskusi tentang materi yang sedang dipelajari (rasa ingin tahu,
kreatif, diskusi)
3.
Siswa menyajikan hasil diskusinya dan kelompok yang yang lain menanggapi. (komunikatif, kreatif, kerjakeras, tanggung jawab)
|
35 menit
|
Komfirmasi
Guru membimbing siswa untuk melakukan refleksi dan menbimbing siswa menemukan
makna dan nilai-nilai dari materi yang dijelaskan (komunikatif)
|
Komfirmasi
Siswa melakukan refleksi dan menemukan makna dan nilai-nilai dari materi
yang telah dipelajari (kreatif, komunikatif)
|
15 menit
|
C.
Kegiatan Penutup (15 menit)
1.
Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman
2.
Guru memberikan kuis untuk
mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan
3.
Siswa diberi PR
Pertemuan
kedua
A. Pendahuluan (10 menit)
1.
Siswa berdoa (menunjukkan
pembelajaran adalah ibadah) (religius)
2.
Guru memperhatikan
kehadiran siswa (membangun rasa peduli antara guru dan siswa serta antara siswa
dan guru)
3.
Menginformasikan tujuan
pembelajaran (komunikatif)
4.
Guru mengingatkan tentang materi sebelumnya.
5.
Guru menanyakan tentang tugas pada pertemuan
sebelumnya. ( rasa ingin tahu )
B. Kegiatan Inti (65 menit)
KEGIATAN GURU
|
KEGIATAN SISWA
|
Waktu
|
Eksplorasi
Guru memberikan stimulus berupa pemberian materi mengenai aturan sinus dan aturan cosinus (komunikatf)
|
Eksplorasi
Siswa memperhatikan dan memahami materi dari guru mengenai aturan sinus dan aturan cosinus
(kreatif, komunikatif)
|
15 Menit
|
Elaborasi
1.
Guru memberikan beberapa soal tentang aturan sinus
dan aturan cosinus (komunikatif)
2.
Guru menunjuk beberapa siswa kedepan kelas mengerjakan soal yang
dikejakan (toleransi, komunikatif)
3.
Guru bersama siswa menbahas hasil yang ditulis di papan tulis
(komunikatif, diskusi)
4.
Guru memberikan latihan soal kepada siswa (toleransi, komunikatif)
5.
Guru berkeliling men cek pekerjaan siswa, sambil memberikan bimbingan (fasilitator,
motivator)
|
Elaborasi
1.
siswa mengerjakan soal tentang aturan
sinus dan aturan cosinus (kerja keras, rasa ingin tahu)
2.
beberapa siswa kedepan kelas untuk mengerjakan soal yang dikerjakan
(kerja keras, kreatif)
3.
siswa memperhatikan pembahasan dari hasil yang ditulis di papan tulis
(rasa ingin tahu)
4.
siswa mengerjakan latihan soal yang diberikan guru (kreatif, rasa ingin
tahu, kerja keras)
5.
siswa berdiskusi mengerjakan soal latihan (diskusi)
|
40 menit
|
Komfirmasi
Guru membimbing siswa untuk melakukan refleksi dan menbimbing siswa
menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang dijelaskan (komunikatif)
|
Komfirmasi
Siswa melakukan refleksi dan menemukan makna dan nilai-nilai dari materi
yang telah dipelajari (kreatif, komunikatif)
|
10 menit
|
C.
Kegiatan Penutup (10 menit)
1.
Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman
2.
Guru memberikan kuis untuk
mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan
3.
Siswa diberi PR
Pertemuan
Ketiga
A.
Pendahuluan (10 menit)
1.
Siswa berdoa (menunjukkan
pembelajaran adalah ibadah) (religius)
2.
Guru memperhatikan
kehadiran siswa (membangun rasa peduli antara guru dan siswa serta antara siswa
dan guru)
3.
Menginformasikan tujuan
pembelajaran (komunikatif)
4.
Guru mengingatkan tentang materi sebelumnya.
5.
Guru menanyakan tentang tugas pada pertemuan
sebelumnya. ( rasa ingin tahu )
B.
Kegiatan Inti (65 menit)
KEGIATAN GURU
|
KEGIATAN SISWA
|
waktu
|
Eksplorasi
Guru memberikan informasi tentang cara menyelesaikan masalah (soal) yang
berkaitan dengan mencari sisi dan
sudut dalam segitiga dengan aturan sinus dan aturan cosinus (komunikatif)
|
Eksplorasi
Siswa memahami penjelasan dari guru mengenai cara
menyelesaikan masalah (soal) yang berkaitan dengan mencari
sisi dan sudut dalam segitiga dengan aturan sinus dan aturan cosinus (rasa ingin tahu)
|
15 Menit
|
Elaborasi
1.
Guru membagi siswa
menjadi 7 kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa ( kelompok
awal ) (komunikatif)
2.
Guru memberi 4 soal yang
berbeda kepada masing-masing kelompok, anggota pertama mengerjakan tugas no
1, anggota kedua mengerjakan soal no 2, anggota ketiga mengerjakan soal no 3,
dan anggota keempat mengerjakan soal no 4. (fasilitator, komunikatif)
3.
Guru meminta anggota
yang mengerjakan tugas no 1 berkelompok dengan anggota yang mengerjakan tugas
no 1 dari kelompok lain. ( kelompok ahli ) (toleransi, komunikatif)
4.
Guru mengawasi jalannya
diskusi dan mengarahkan pada siswa yang mengalami kesulitan.(fasilitator,
komunikatif)
5.
Setelah semua anggota
kelompok ahli mengerti tentang tugas masing-masing, guru meminta tiap anggota
kelompok awal untuk menjelaskan hasil diskusi dari kelompok ahli ke kelompok
awal. (komunikaif, toleransi)
6.
Guru meminta semua anggota kelompok awal mencatat hasil kerja
dari semua tugas. (komunikatif)
7.
guru memberi penilaian
dari hasil kerja dari kelompok ahli dan hasil kerja kelompok dipajang. (monivasi, tanggung jawab)
|
Elaborasi
1.
Siswa dibagi menjadi 7
kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa ( kelompok awal )
2.
Masing-masing kelompok
mengerjakan soal yang diberikan (kerja keras, rasa ingin tahu)
3.
Anggota yang mengerjakan
tugas no 1 berkelompok dengan anggota yang mengerjakan tugas no 1 dari
kelompok lain. ( kelompok ahli )
4.
Siswa berdiskusi dalam
mengerjakan soal (diskusi, rasa ingin tahu, kreatif)
5.
tiap anggota kelompok
awal menjelaskan hasil diskusi dari kelompok ahli ke kelompok awal.(diskusi,
tanggung jawab, komunikatif)
6.
Semua anggota kelompok awal mencatat hasil kerja
dari semua tugas.(kerja keras, tanggung jawab)
|
40 menit
|
Komfirmasi
1.
Guru memberi penegasan terhadap hasil diskusi (fasilitator)
2.
Guru membimbing siswa untuk melakukan refleksi dan menbimbing siswa
menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang dijelaskan (komunikatif)
|
Komfirmasi
Siswa melakukan refleksi dan menemukan makna dan
nilai-nilai dari materi yang telah dipelajari (rasa ingin tahu)
|
10 menit
|
C.
Kegiatan Penutup (10 menit)
1.
Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman
2.
Guru memberikan kuis untuk
mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan
3.
Siswa diberi PR buku dan
di informasikan akan mengadakan ulangan harian apada pertemuan selanjutnya
Pertemuan
Keempat
Ulangan Harian
VI.
Penilaian
A. Teknik :
Tugas individu, tugas kelompok
B. Bentuk :
Tertulis (uraian singkat,
uraian objektif)
C.
Instrumen :
Aspek : kognitif
Kunci
Jawaban :
Pedoman penilaian
Nomor Soal
|
1
|
2
|
Skor Maksimal
|
50
|
50
|
Skor Perolehan
|
...
|
...
|
Aspek
afektif
Lembar Penilaian Afektif,
Hari / Tanggal :
No.
|
Nama Peserta didik
|
Individu
|
||||
Ku
|
Ks
|
Km
|
Tw
|
Jumlah
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria Penilaian
Afektif
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
Keterangan :
Ku = Kesungguhan dalam proses pembelajaran
Ks = Kerja sama
Km = Kemandirian dalam membuat tugas
Tw = Tepat waktu mengumpulkan tugas
|
Memuaskan
|
4
|
|
Baik
|
3
|
|
Cukup
|
2
|
|
Kurang
|
1
|
Mengetahui
Kepala SMK
(….. NAMA…..)
NIP. …………………………..
|
|
Bukittingi, Januari 2013
Guru Mapel Matematika,
(….. NAMA…..)
NIP. …………………………..
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar