Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : SMK
Tunas Bangsa
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kelas
/ Semester/program : XI / Ganjil/
keahlian teknologi, kesehatan dan pertanian
Alokasi
Waktu : 10 tatap
muka (5 pertemuan)
I.
Standar
kompetensi
8. Memecahkan masalah
yang berkaitan dengan fungsi, persamaan linier dan persamaan kuadrat
II.
Kompetensi
dasar
8.2 Menerapkan fungsi linier
III.
Indikator
·
Menggambar
grafik fungsi linear
·
Menentukan gradien
dari suatu garis lurus
·
Menentukan
persamaan garis lurus
·
Membedakan
tiga kemungkinan kedudukan antara dua
garis lurus
·
Menentukan
persamaan garis lurus
IV.
Tujuan
pembelajaran
·
Siswa dapat menggambar
grafik fungsi linier
·
Siswa dapat menentukan
gradien dari suatu garis lurus
·
Siswa dapat persamaan
garis lurus
·
Siswa dapat membedakan
tiga kemungkinan kedudukan antara dua garis lurus
·
Siswa dapat menentukan
persamaan garis lurus
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence
) ,Tanggung
jawab ( responsibility)
V.
Materi
pelajaran
a.
Konsep
1. Bentuk
Umum Fungsi Linier
Fungsi linier memiliki
variabel dengan pangkat tertinggi satu. Fungsi ini memetakan setiap ke suatu bentuk ,
dengan konstanta.
Jika digambarkan, grafik fungsi linier akan berupa garis lurus.
Himpunan titik-titik
yang didapat dari fungsi membentukgrafik yang disebut grafik fungsi
linier. Grafiknya membentuk garis lurus dengan persamaan , dimana m
disebut gradien garis atau kemiringan garis dan c merupakan suatu kostanta.
2. Grafik
Fungsi Linier
Untuk menggambar garis
pada bidang cartesiusdengan persamaan dapat dilakukan dengan menentukan paling
sedikit dua titik yang memenuhi persamaan tersebut. Selanjutnya dari kedua
titik tersebutdihubungkan menjadi sebuah garis lurus.
3. Gradien
Persamaan Garis Lurus
Gradien suatu garis
lurus adalah kemiringan atau kecondongan pada kurva atau grafik fungsi linier.
Gradien persamaan garis lurus dapat ditentukan dengan cara sebagai berikut :
i.
Bila diketahui sutu
persamaan dengan bentuk maka gradiennya adalah m.
ii.
Bila diketahui sutu
persamaan dengan bentuk atau ,
maka gradiennya adalah
iii.
Bila diketahui
persamaan garis lurus melalui dua titik dan ,
maka gradiennya adalah
4. Menentukan
Persamaan Garis Lurus
Persamaan garis melalui
sebuah titik dan
gradien m dapat ditentukan dengan
rumus :
Persamaan garis melalui
dua titik dan ,
dapat ditentukan dengan dua cara yaitu :
Cara 1 :
Ø Tentukan
nilai gradien dengan rumus berikut.
Ø Gunakan
rumus persamaan garis
Cara
2 :
Persamaan
garis ditentukan dengan rumus berikut.
Persamaan
garis lurus yang melalui dua titik, yaitu titik potong sumbu X dititik P (a, 0) dan titik potong sumbu Y
dititik Q (0, b) dapat ditentukan
dengan rumus.
5. Kedudukan
Dua Garis Lurus
Terdapat tiga
kemungkinan antara dua garis lurus yang digambar dalam diagram cartecius, yaitu
:
Ø Dua
garis saling berpotongan
Dua garis lurus misal
garis k dan garis l saling berpotongan apabila kedua
gradien garis tersebut tidak sama, yaitu
Ø Dua
garis saling sejajar
Kedudukan dua garis
saling sejajar apabila terdapat hubungan antara kedua gradiennya
Ø Dua
garis saling tegak lurus
Kedudukan garis akan
saling tegak lurus apabila hubungan antara dua gradiennya adalah sebagai
berikut :
atau
b.
Fakta
1. Gambarlah
grafik fungsi f :x+3
dengan domain
A=
Penyelesaian:
Untuk memudahkan
menggambar grafik fungsi f
:x+3,
kita buat terlebih dahulu tabel yang memenuhi fungsi tersebut, sehingga
diperoleh koordinat titik yang memenuhi
x
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
f(x)= x + 3
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
( x, y )
|
(0,3)
|
(1,4)
|
(2,5)
|
(3,6)
|
(4,7)
|
(5,8)
|
(6,9)
|
(7,10)
|
(8,11)
|
2. Tentukan
persamaan garis melalui titik(-2, 1) dan gradien -2
Jawab :
Y - y1 =
m(x - x1)
y – 1 = -2 (x + 2)
y – 1 = -2x – 4
y = -2x -4 +1
y = -2x – 3
jadi, persamaan garis
lurus yang melalui titik (-2, 1) dan gradien -2 adalah y = -2x – 3.
3. Tentukan
gradien persamaan garis berikut.
a. Y=
3x – 4
b. 2y
= -5x + 6
Jawab
:
a. Y
= 3x – 4
Y = mx + c
M = 3
Jadi gradien garis y =
3x – 4 adalah 3
b. 2y
= -5x + 6
Y = mx + c
2y = -5x + 6 dikali ½
M = -5/2
Jadi gradien garis 2y =
-5x + 6 adalah -5/2
4. Tentukan
persamaan garis yang melalui titik P (-2, 3) dan Q (1, 4).
Jawab :
Persamaan garisnya
adalah
Jadi persamaan garisnya
adalah
5. Tentukan
koordinat titik potong dari dua garis dengan persamaan dan
Jawab :
Persamaan garisnya :
Jadi, menghasilkan
Substitusi y = 3 ke
persamaan menjadi :
Jadi koordinat titik
potong kedua garis tersebut adalah (-2, 3)
VI.
Model
dan Metode pembelajaran
Model : think pair and
share
Metode : Ceramah, tanya
jawab, diskusi kelompok
VII.
Sumber,
alat dan media pembelajaran
Sumber : Buku paket
matematika program keahlian teknologi, kesehatan, dan pertanian untuk SMK dan
MAK kelas IX hal : 46-50 dan buku referensi lain.
Alat : Laptop, LCD dan
OHP
VIII.
Kegiatan
pembelajaran
Pertemuan
Pertama
1.
Pendahuluan
(10 menit)
ü Guru
mengarahkan peserta didik untuk berdo’a (Religius)
ü Guru
memperhatikan kehadiran peserta didik (Kepedulian Sosial)
ü Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
Apersepsi : Mengingat
kembali bentuk persamaan linier satu variabel
Motivasi: Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menggambar
grafik fungsi linier.
2.
Kegiatan
inti (70 menit)
KEGIATAN GURU
|
KEGIATAN SISWA
|
WAKTU
|
Eksplorasi
|
Eksplorasi
|
|
·
Guru memberikan
materi mengenai bentuk umumfungsi linier dan grafik fungsi linier
|
·
Siswa mempelajari
materi yang diberikan guru
|
·
10 menit
|
·
Antara siswa dan guru
mendiskusikan materi tentang bentuk umum fungsi linier dan grafik fungsi
linier
|
·
Antara siswa dan guru
mendiskusikan materi tentang bentuk umum fungsi linier dan grafik fungsi
linier
|
·
10 menit
|
·
Guru memberikan
beberapa contoh soal kepada siswa
|
·
Siswa mengerjakan
beberapa contoh soal yang diberikan
|
·
5 menit
|
·
Materi yang akan
dipelajari dapat diperoleh dari sumber-sumber yang lain
|
·
Siswa mencari materi
dari berbagai sumber yang lain
|
·
|
Elaborasi
|
Elaborasi
|
|
·
Guru memfasilitasi siswa dalam kegiatan
pembelajaran mengenai menggambar grafik fungsi linier
|
·
Siswa mempersentasikan cara menggambar fungsi linier
|
·
7 menit
|
·
Guru dan siswa bersama- sama membahas contoh dalam buku
paket hal 51-52 tentang cara menggambar grafik fungsi linier
|
·
Guru dan siswa bersama- sama membahas contoh dalam buku
paket hal 51-52 tentang cara menggambar grafik fungsi linier
|
·
8 menit
|
·
Guru memberi siwa soal mengenai bagaimana menggambargrafik
fungsi linier pada buku paket hal 52 sebagai tugas individu
|
·
Siswa mengerjakan soal yang diberikan guru secara
individu
|
·
15 menit
|
Konfirmasi
|
Konfirmasi
|
|
·
Guru dan siswa bersama- sama membahas soal yangmenjadi
tugas individu siswa
|
·
Guru dan siswa bersama- sama membahas soal yangmenjadi
tugas individu siswa
|
·
10menit
|
·
Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam
bentuk lisan, tulisan, isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta
didik
|
·
Siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran
|
·
5 menit
|
3.
Penutup
(10 menit)
a. Peserta
didik membuat rangkuman dari materi mengenai bentuk umum fungsi linierdan
menggambar grafik fungsi linier.
b. Peserta
didik diberikan pekerjaan rumah(PR) berkaitan dengan materimengenai bentuk umum
fungsi linier dan menggambar grafik fungsi linier.
Pertemuan Kedua
1.
Pendahuluan
(15 menit)
ü Guru
mengarahkan peserta didik untuk berdo’a (Religius)
ü Guru
memperhatikan kehadiran peserta didik (Kepedulian Sosial)
ü Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
Apersepsi : - Mengingat kembali
bentuk umum fungsi linier dan menggambar grafik fungsi linier.
-
Membahas PR.
Motivasi
: Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menentukan gradien dari suatu garis.
2. Kegiatan inti (65
menit)
KEGIATAN GURU
|
KEGIATAN SISWA
|
WAKTU
|
Eksplorasi
|
Eksplorasi
|
|
·
Guru memberikan
materi mengenai gradien persamaan garis lurus
|
·
Siswa mempelajari dan
mendiskusikan materi yang diberikan guru
|
·
10 menit
|
·
Antara siswa dan guru
mendiskusikan materi tentang gradien persamaan garis lurus
|
·
Antara siswa dan guru
mendiskusikan materi tentang gradien persamaan garis lurus
|
·
5 menit
|
·
Materi yang akan
dipelajari dapat diperoleh dari sumber-sumber yang lain
|
·
Siswa mencari materi
dari berbagai sumber yang lain
|
·
|
Elaborasi
|
Elaborasi
|
|
·
Guru memfasilitasi siswa dalam kegiatan
pembelajaran mengenai gradien persamaan garis lurus
|
·
Siswa mempersentasikan gradien persamaan garis lurus
|
·
10 menit
|
·
Guru dan siswa bersama- sama membahas contoh dalam buku
paket hal 53- 54 mengenai bagaimana menentukan gradien persamaan garis lurus
|
·
Guru dan siswa bersama- sama membahas contoh dalam buku
pake53- 54 mengenai bagaimana menentukan gradien persamaan garis lurus t
|
·
10 menit
|
·
Guru memberi siwa soal mengenai bagaimana cara
menentukan gradien dari suatu garis lurus dari aktifitas kelas dalam buku
paket hal 58 sebagai tugas individu
|
·
Siswa mengerjakan soal yang diberikan guru secara
individu
|
·
15 menit
|
Konfirmasi
|
Konfirmasi
|
|
·
Guru dan siswa bersama- sama membahas soal yangmenjadi
tugas individu siswa
|
·
Guru dan siswa bersama- sama membahas soal yangmenjadi
tugas individu siswa
|
·
10menit
|
·
Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam
bentuk lisan, tulisan, isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta
didik
|
·
Siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran
|
·
5 menit
|
3. Penutup (10 menit)
a. Peserta
didik membuat rangkuman dari materi mengenai cara menentukan gradien pada garis
lurus
b. Peserta
didik diberikan pekerjaan rumah(PR) berkaitan dengan materi bagaimana
menentukan gradien pada garis lurus dari aktifitas kelas yang belum
terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.
Pertemuan
ketiga
1.
Pendahuluan
(15 menit)
ü Guru
mengarahkan peserta didik untuk berdo’a (Religius)
ü Guru
memperhatikan kehadiran peserta didik (Kepedulian Sosial)
ü Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
Apersepsi : - Mengingat kembali
mengenai gradien persamaan garis lurus
-
Membahas PR.
Motivasi
: Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menentukan persamaan garis lurus
2. Kegiatan inti (65
menit)
KEGIATAN GURU
|
KEGIATAN SISWA
|
WAKTU
|
Eksplorasi
|
Eksplorasi
|
|
·
Guru memberikan
materi mengenai persamaan garis lurus
|
·
Siswa mempelajari dan
mendiskusikan materi yang diberikan guru
|
·
10 menit
|
·
Antara siswa dan guru
mendiskusikan materi tentang persamaan garis lurus
|
·
Antara siswa dan guru
mendiskusikan materi tentang persamaan garis lurus
|
·
5 menit
|
·
Materi yang akan
dipelajari dapat diperoleh dari sumber-sumber yang lain
|
·
Siswa mencari materi
dari berbagai sumber yang lain
|
|
Elaborasi
|
Elaborasi
|
|
·
Guru memfasilitasi siswa dalam kegiatan
pembelajaran mengenai persamaan garis lurus
|
·
Siswa mempersentasikan persamaan garis lurus
|
·
10 menit
|
·
Guru dan siswa bersama- sama membahas contoh dalam buku
paket hal 54 mengenai bagaimana
menentukan persamaan garis lurus melalui sebuah titik dan gradien,hal 55
tentang persamaan garis melalui dua titik dan hal 56 tentang persamaan garis
melalui titik potong sumbu X dan sumbu Y
|
·
Guru dan siswa bersama- sama membahas contoh dalam buku
paket hal 54 mengenai bagaimana
menentukan persamaan garis lurus melalui sebuah titik dan gradien,hal 55
tentang persamaan garis melalui dua titik dan hal 56 tentang persamaan garis
melalui titik potong sumbu X dan sumbu Y
|
·
10 menit
|
·
Guru memberi siwa soal mengenai bagaimana cara
menentukan gradien dari suatu garis lurus dari aktifitas kelas dalam buku
paket hal 58 sebagai tugas individu
|
·
Siswa mengerjakan soal yang diberikan guru secara
individu
|
·
15 menit
|
Konfirmasi
|
Konfirmasi
|
|
·
Guru dan siswa bersama- sama membahas soal yangmenjadi
tugas individu siswa
|
·
Guru dan siswa bersama- sama membahas soal yangmenjadi
tugas individu siswa
|
·
10menit
|
·
Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam
bentuk lisan, tulisan, isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta
didik
|
·
Siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran
|
·
5 menit
|
3. Penutup (10 menit)
a. Siswa
membuat rangkuman dari materi mengenai cara menentukan persamaan garis lurus
b. Siswa
melakukan refleksi
c. Siswa
diberikan pekerjaan rumah(PR) berkaitan dengan materi bagaimana cara menentukan
persamaan pada garis lurus dari aktifitas kelas yang belum terselesaikan di
kelas atau dari referensi lain
Pertemuan
Keempat
1.
Pendahuluan
(10 menit)
ü Guru
mengarahkan peserta didik untuk berdo’a (Religius)
ü Guru
memperhatikan kehadiran peserta didik (Kepedulian Sosial)
ü Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
Apersepsi : - Mengingat kembali
mengenai gradien persamaan garis lurus
-
Membahas PR.
Motivasi
: Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat membedakan
tiga kemungkinan kedudukan antara dua garis lurus.
2. Kegiatan inti (65
menit)
KEGIATAN GURU
|
KEGIATAN SISWA
|
WAKTU
|
Eksplorasi
|
Eksplorasi
|
|
·
Guru memberikan stumulus
berupa pemberian materi mengenai kedudukan dua garis lurus
|
·
Siswa mempelajari dan
mendiskusikan materi yang diberikan guru mengenai kedudukan dua garis lurus
|
·
10 menit
|
·
Antara siswa dan guru
mendiskusikan materi tentang kedudukan dua garis lurus
|
·
Antara siswa dan guru
mendiskusikan materi tentang kedudukan dua garis lurus
|
·
10 menit
|
·
Materi yang akan
dipelajari dapat diperoleh dari sumber-sumber yang lain seperi dari internet
dan buku penunjang lain.
|
·
Siswa mencari materi
dari berbagai sumber yang lain seperti
dari internet dan buku penunjang lain.
|
|
Elaborasi
|
Elaborasi
|
|
·
Guru memfasilitasi siswa dalam kegiatan
pembelajaran mengenai cara membedakan tiga kemungkinan kedudukan antara dua
garis.
|
·
Siswa mengkomunikasikan secara lisan mengenai cara membedakan
tiga kemungkinan kedudukan antara dua garis.
|
·
10 menit
|
·
Guru dan siswa bersama- sama membahas contoh dalam buku
paket hal 56-57 mengenai dua garis
yang saling berpotongan, hal 57 tentang dua garis yang saling sejajar dan hal
58 tentang dua garis yang saling tegak lurus.
|
·
Guru dan siswa bersama- sama membahas contoh dalam buku
paket hal 56-57 mengenai dua garis
yang saling berpotongan, hal 57 tentang dua garis yang saling sejajar dan hal
58 tentang dua garis yang saling tegak lurus.
|
·
10 menit
|
·
Guru memberi siwa soal mengenai bagaimana cara membedakan
tiga kemungkinan kedudukan antara dua garis lurus dari aktifitas kelas dalam
buku paket hal 58-59 sebagai tugas individu.
|
·
Siswa mengerjakan soal yang diberikan guru secara
individu
|
·
15 menit
|
Konfirmasi
|
Konfirmasi
|
|
·
Guru dan siswa bersama- sama membahas soal yangmenjadi
tugas individu siswa
|
·
Guru dan siswa bersama- sama membahas soal yangmenjadi
tugas individu siswa
|
·
10menit
|
·
Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam
bentuk lisan, tulisan, isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta
didik
|
·
Siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran
|
·
5 menit
|
3. Penutup (10 menit)
a. Siswa
membuat rangkuman dari materi mengenai cara membedakan tiga kemungkinan
kedudukan antara dua garis lurus
b. Siswa
melakukan refleksi
c. Siswa
diberikan pekerjaan rumah(PR) berkaitan dengan materi bagaimana cara menentukan
persamaan pada garis lurus dari aktifitas kelas yang belum terselesaikan di
kelas atau dari referensi lain.
Pertemuan
Kelima
1.
Pendahuluan
(10 menit)
ü Guru
mengarahkan peserta didik untuk berdo’a (Religius)
ü Guru
memperhatikan kehadiran peserta didik (Kepedulian Sosial)
ü Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
Ø Apersepsi
ü Mengingat
kembali mengenai bentuk umum fungsi linier, grafik fungsi linier, gradien
persamaan garis lurus, menentukan persamaan garis lurus dankedudukan dua garis
lurus.
Ø Motivasi
ü Guru
memotivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan cara agar siswa dapat
menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi benuk umum fungsi linier,
grafik fungsi linier, gradien persamaan garis lurus dan kedudukan dua garis
lurus.
2.
Kegiatan
Inti (75 menit)
KEGIATAN GURU
|
KEGIATAN SISWA
|
WAKTU
|
Eksplorasi
|
Eksplorasi
|
|
·
Guru memberikan
review materi tentang bentuk umum fungsi linier, grafik fungsi linier,
gradien persamaan garis lurus, menentukan persamaan garis lurus dan kedudukan
dua garis lurus
|
·
Siswa mendengarkan
penjelasan guru, kemudian bertanya mana kepada guru mana yang tidang
dimengerti
|
15
menit
|
·
Guru meminta siwa
menyiapkan kertas kosong dan peralatan tulis secukupnya di meja karena akan
diberi ulangan.
|
·
Siswa menyiapkan
kertas kosong dan peralatan tulis secukupnya di meja karena akan diberi
ulangan.
|
|
·
Guru memberikan
lembar soal kepada siswa.
|
·
Siswa menerima lembar
soal yang diberikan guru.
|
|
Elaborasi
|
Elaborasi
|
|
·
Guru mengingatkan siswa untuk mengerjakan soal dengan
baik dan waktu pengerjaan soal.
|
·
Siswa mendengarkan guru, kemudian mengerjakan soal
dengan baik.
|
60 menit
|
Konfirmasi
|
Konfirmasi
|
|
·
Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu habis dan
pengerjaan tugas telah selesai.
|
·
Siswa menyerahkan kertas ulangan kepada guru.
|
|
3.
Kegiatan
Penutup (5 menit)
a. Guru
mengingatkan siswa untuk mempelajari materi berikutnysamengenai fungsi kuadrat.
IX.
Penilaian
Teknik : ulangan harian
Bentuk instrumen :
pilihan ganda
SOAL ULANGAN
I.
Pilihlah
jawaban yang paling tepat!
1. Tabel
berikut menunjukkan harga tanah tiap meter persegi. Harga tanah 12 m2 adala....
Tanah (m2 )
|
Harga( Rp)
|
2
4
6
.
.
.
12
|
240.000
480.000
720.000
.
.
.
...............
|
a. Rp.
1.400.000
b. Rp.
1.420.000
c. Rp.1.440.000
d. Rp.
1.460.000
2.
Koordinat titik potong
-2x + y +2 = 0 dengan sumbu X dan sumbu Y berturut-turut adalah...
a. (2,0)
dan (0,-1)
b. (-2,0)
dan (0,-1)
c. (1,0)
dan (0,-2)
d. (-2,0)
dan (0,1)
3. Titik
(2,p) terletak pada garis y = -4x +
2. Nilai p adalah...
a. 10 c. -6
b. -10 d. 6
4. Persamaan
garis bentuk ini mempunyai gradien kecuali
a. 3y
–x = 6
b. 3y
= x + 1
c. 2x
+ 5 = 1
d. 3y=
6 – x
5. Persamaan
garis yang melalui titik
(-1,-1) dan (1,2)
adalah...
a. 3x – 2y =1
b. 3x – 2y = -1
c. -3x + 2y = -1
d. 2y + 3x = 1
6. Persamaan
garis yang melalui (0,0) dan tegak lurus garis 2x- 3y = 5 adalah..
a. 3y
– 2x = 0
b. 2y
– ½ x = 0
c. 3y
+ 2x = 0
d. 2y
+ 3x =0
7. Persamaan
garis lurus yang melalui titik (3,-2) dan (4,1) adalah..
a. y
= 3x – 11
b. y
= 3x – 7
c. y
= -3x - 5
d. y
= -3x + 5
8. persamaan
garis yang melalui titik (5,-3) dan sejajar garis 8x + 4y – 16 = 0 adalah...
a. 2x
– y – 13 = 0
b. 4x
– y – 23 = 0
c. 2x
+ y - 7 = 0
d. 3x
+ y – 12 = 0
9. Persamaan garis yang melalui titik
P(1, -2) dan tegak
lurus garis 2x- 3y = 0 adalah..
a. Y
– 2 = - 3/2 (x + 1)
b. Y
+ 2 = - 3/2 (x - 1)
c. Y
– 2 = 3/2 (x + 1)
d. Y
+ 2 = 3/2 (x - 1)
10. Gradien
dari persamaan garis
2x – 3y + 6 =0 adalah..
a. 2
b. -2
c. 2/3
d. -2/3
KUNCI
JAWABAN :
1. C
2. C
3. A
4. D
5. A
6. A
7. C
8. C
9. D
10. D
Bukittinggi, Januari 2013
Mengetahui
:
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
MISRAWITA RANTI
SINTA TIA
Nip : 020891090 Nip : 200193028
Tidak ada komentar:
Posting Komentar