Sabtu, 19 Januari 2013

RPP SMK KELAS XI SEMESTER I SK 2 - KD 7 ( RISMA )



Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran
 (RPP)

I.                   IDENTITAS
Satuan pendidikan                                    : sekolah Menengah  Kejuruan
Mata pelajaran                                           : Matematika
Kelas / program semester                          :XI/ program keahlian teknologi,    kesehatan, pertanian / 1
Jumlah pertemuan                                     :3 pertemuan (7x 45’)

A.    Standar kompetensi
1.      Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linear dan fungsi kuadrat.
B.     Kompetensi dasar
1.1. Menerapkan konsep fungsi trigonometri
C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1. Menggambar grafik fungsi trigonometri.
1.1.2.  Menggunakan fungsi trigonometri dalam pemecahan masalah.
D.  Tujuan pembelajaran
·         Kognitif : setelah proses belajar mengajar peserta didik dapat:
·         Peserta didik dapat  Menggambar grafik fungsi trigonometri.
·         Peserta didik dapat  Menggunakan fungsi trigonometri dalam pemecahan masalah.
·         Afektif
·         Kesungguhan dalam mengikuti proses pembelajaran
·         Kerja sama dalam kelompok
·         Kemandirian dalam mengerjakan tugas
·         Tepat waktu mengumpulkan tugas

D.    Metode pembelajaran
Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran koperatif tipe STAD

II.                MATERI AJAR
A.    Konsep
1.      Bentuk dan nilai fungsi
Fungsi trigonometri memetakan bilangan real x pada perbandingan trigonometrinya.
2.      Grafik fungsi trigonometri
Grafik fungsi dapat digambar dengan menggunakan bantuan tabel atau lingkaran satuan.
B.     Fakta
1.      Gambarlah grafik fungsi f(x) = sin x untuk 0≤x≤3600!


III.             KEGITAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama dan kedua (5x45’)

Kegiatan
Waktu
Pendidik
Peserta didik
Kegiatan awal
1.      Pendidik mengarahkan peserta didik untuk berdo’a (Religius)
2.      Pendidik memperhatikan kehadiran peserta didik (Kepedulian Sosial)

3.      Pendidik melakukan tanya jawab dengan siswa untuk mengetahui sejauh mana materi yang dipelajari telah diketahui oleh peserta pendidik
4.      Apersepsi
Pendidik mengingatkan  kembali  tentang materi trigonometri.

5.      Motivasi
 Pendidik menginformasikan tujuan pembelajaran (rasa ingin tahu)

6.    Pendidik menginformasikan cara pembelajaran  yang akan ditempuh (Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran koperatif tipe STAD)

Kegiatan inti
1.      Eksplorasi
Pendidik memberikan stimulus berupa materi mengenai fungsi trigonometri

·         Pendidik membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang masing- masing kelompoknya terdiri dari 4 sampai dengan 5 peserta didik yang kemampuannya akademiknya terdiri dari yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah.
·         Pendidik membagikan bahan-bahan diskusi kelompok pada setiap kelompok untuk dikerjakan anggota setiap kelompok tentang materi pembelajaran yang sudah diberikan guru untuk didiskusikan bersama-sama, dan saling bantu-membantu antar anggota lain dalam kelompoknya, sedangkan guru memotivasi, memfasilitasi kerja siswa, membantu siswa yang mengalami kesulitan, dan mengamati kerjasama tiap anggota dalam kelompok belajar.

2.      Elaborasi
Pendidik meminta salah satu kelompok untuk mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan didepan kelas hasil diskusi  mengenai fungsi trigonometri

3.      Konfirmasi
·      Pendidik mengajak peserta didik secara bersama – sama membahas hasil presentasi yang ditampilkan peserta didik di depan kelas.
Pendidik memberikan penguatan atau pembenaran hasil diskusi  dari materi mengenai fungsi trigonometri
4.      Penutup
·         Pendidik memberikan ringkasan dari materi mengenai fungsi trigonometri



·         Pendidik memberikan beberapa soal untuk tugas individu dirumah (pekerjaan rumah).
Kegiatan awal
1.      Peserta didik berdo’a (Religius)
2.      Peserta didik memberikan respon terhadap pendidik tentang kehadiran temanya (Kepedulian Sosial)
3.      Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pendidik



4.      Apersepsi
Peserta didik mengingat kembali pelajaran tentang trigonometri.

5.      Motivasi
Peserta didik mendapat informasi tujuan pembelajaran ( rasa ingin tahu)
6.      Peserta didik mendengarkan informasi yang diberikan pendidik.




Kegiatan inti
1.      Eksplorasi
·              Peserta didik merespon stimulus dari pendidik yang berupa materi mengenai fungsi trigonometri
·              Peserta didik duduk sesuai kelompok yang dibentuk oleh peserta didik






·         Peserta didik menerima bahan diskusi yang diberikan oleh  pendidik, dan kemudian mendiskusikannya bersama – sama.















2.      Elaborasi
Salah satu kelompok peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan kedepan kelas hasil diskusi mengenai fungsi trigonometri

3.      Konfirmasi
·              Peserta didik  dan pendidik secara bersama – sama membahas hasil presentasi dari salah satu kelompok peserta didik .
·              Peserta didik mendengarkan penguatan atau pembenaran  yang dijelaskan pendidik .
4.     
2x15 menit
 
Penutup
·         Peserta didik mendengarkan ringkasan yang diberikan pendidik  mengenai fungsi trigonometri
.
·         Peserta didik menulis soal yang diberikan pendidik untuk tugas individu dirumah (pekerjaan rumah).
2x15 menit





























3x55 menit





























Pertemuan ketiga (2x45’)
Kegiatan
Waktu
Pendidik
Peserta didik
Kegiatan awal
1.      Pendidik mengarahkan peserta didik untuk berdo’a (Religius)
2.      Pendidik memperhatikan kehadiran peserta didik (Kepedulian Sosial)



3.      Pendidik melakukan tanya jawab dengan siswa untuk mengetahui sejauh mana materi yang dipelajari telah diketahui oleh peserta pendidik

4.      Apersepsi
Pendidik mengingatkan  kembali mengenai fungsi trigonometri



Kegiatan inti 
·         Pendidik  memberikan review materi tentang fungsi trigonometri, kemudian diadakan sesi tanya jawab tentang soal-soal yang belum dimengerti.


·         Pendidik  meminta peserta didik untuk menyiapkan kertas kosong dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diberikan ulangan.
·         Pendidik memberikan lembar soal.
·      Pendidik mengingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan, serta mengingatkan untuk mengerjakannya dengan baik.
·         Guru mengumpulkan kertas ulangan jika pengerjaan ulangan telah selesai.



Penutup
·         Pendidik mengingatkan peserta didik  untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu fungsi barisan dan deret.



Kegiatan awal
1.      Peserta didik berdo’a (Religius

2.      Peserta didik memberikan respon terhadap pendidik tentang kehadiran temanya (Kepedulian Sosial)
3.      Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pendidik




4.      Apersepsi
Peserta didik Mengingat kembali mengenai fungsi trigonometri



Kegiatan inti
·         Peserta didik menerima review materi tentang fungsi trigonometri ,  kemudian diadakan sesi tanya jawab tentang soal-soal yang belum dimengerti.
·         Peserta didik menyiapkan kertas kosong dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan mendapatkan  ulangan.
·         Peserta didik  menerima lembar soal.
·         Peserta didik  mendengarkan penjelasan pendidik tentang waktu pengerjaan soal ulangan, serta mengerjakannya dengan baik.
·         Peserta didik mengumpulkan kertas ulangan jika pengerjaan ulangan telah selesai.


Penutup
·         Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu fungsi barisan dan deret.

10 menit






















70 menit
































10 menit













IV.             SUMBER / BAHAN PEMBELAJARAN
a.       Sumber :
·         Buku paket, yaitu buku Matematika Erlangga Program Keahlian Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian Kelas XI hal 63-66.
·         Buku referensi lain
b.      Alat dan bahan
- Laptop                        
- LCD
- OHP

V.                EVALUASI
Teknik                         : ulangan harian
Bentuk instrument      :pilihan ganda, uraian  obyektif
Contoh instrument      :
1. Persamaan kurva di bawah ini adalah .... (3,14== 1800 )
a.       y = sin 4x
b.      y = 4 sin x
c.       y =  sin x
d.      y = sin x + 4
e.       y = sin x – 4

2.   Gambarkan grafik y = sin x  dan y = cos (900), 00≤x≤900 . Kesimpulan apa yang kamu peroleh dari kedua grafik tersebut?




Mengetahui,                                                               Bukittinggi, 2 januari 2013
 Kepala Sekolah                                                        Pendidik Mata Pelajaran                                                                                        



Nama                                                                          Nama
         NIP                                                                             NIP


Tidak ada komentar:

Posting Komentar