Sabtu, 19 Januari 2013

RPP SMK KELAS XI SEMESTER I SK 2 KD - 4 (RISMA)



Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

I.                   IDENTITAS
Satuan pendidikan                                    : sekolah Menengah  Kejuruan
Mata pelajaran                                           : Matematika
Kelas / program semester                          :XI/ program keahlian teknologi,    kesehatan, pertanian / 1
Jumlah pertemuan                                     :4 pertemuan (10 x 45’)

A.    Standar kompetensi
1.      Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linear dan fungsi kuadrat.

B.     Kompetensi Dasar
1.1.Menerapkan  konsep fungsi kuadrat.

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1.      Menentukan persamaan fungsi kuadrat jika diketahui grafik atau unsur- unsurnya .
1.1.2.      Menggunakan fungsi kuadrat dalam pemecahan masalah.
D.    Tujuan pembelajaran
Ø  Kognitif : setelah proses belajar mengajar peserta didik dapat:
·         Peserta didik dapat  menentukan persamaan fungsi kuadrat jikas diketahui grafik atau unsure-unsurnya.
·         Peserta didik dapat menggunakan fungsi kuadrat dalam pemecahan masalah.
Ø  Afektif
·         Kesungguhan dalam mengikuti proses pembelajaran
·         Kerja sama dalam kelompok
·         Kemandirian dalam mengerjakan tugas
·         Tepat waktu mengumpulkan tugas
E.     Metode pembelajaran
Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran koperatif tipe STAD

II.                MATERI AJAR
A.    Konsep
·           Persamaan fungsi kuadrat f (x) = ax2 +bx+c  apabila diketahui grafik fungsi melalui tiga titik.
·           Fungsi kuadrat f (x) = ax2 +bx +c apabila diketahui dua titik potong terhadap sumbu X dan satu titik lainnya.  Ditentukan dengan rumus:
f(x) =a( x – x1)(x – x2)
·           Fungsi kuadrat f(x) = ax2 + bx +c apabila diketahui titik puncak grafik (xp, yp )dan satu titik lainnya. Ditentukan dengan rumus:
f(x) = a(x – xp)2 +yp
B.     FAKTA
1.      Tentukan fungsi kuadrat yang melalui titik (1, -4 ), (0, -3), dan (4, 5).
Jawab:
f(x) = ax2 + bx +c
f(1) = a(1)2+ b(1) + c = -4                       subsitusikan x = 1 dan f(x)= y = -4
      = a +b +c = -4  . . . (1)
f(0) = a(0)2+ b(0) + c = -3
      = 0 + 0 +c = -3 
                  C=-3  . . .(2)
f(4) = a(4)2 +b (4) +c = 5
      = 16a+ 4b +c = 5  . . . (3)
Subsitusikan (2) ke (1).
a + b – 3  = -4
<=> a + b = -1 . . .  (4)
subsitusikan (2) ke(3).
16a + 4b – 3 = -4
     16a + 4b =8 . . . (5)
Dari (4) dan (5) diperoleh : 16a + 4b = 8

    
                                                 
                                             -12a          = -12
                                                     a     = 1
                                    subsitusikan  a = 1 ke (4)
                                    1 +b =-1
                                        b =-2
                        jadi, fungsi kuadratnya adalah f(x) = x2 – 2x – 3.
III.             KEGITAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama dan kedua (6x 45’)

Kegiatan
Waktu
Pendidik
Peserta didik
Kegiatan awal
1.      Pendidik mengarahkan peserta didik untuk berdo’a (Religius)
2.      Pendidik memperhatikan kehadiran peserta didik (Kepedulian Sosial)

3.      Pendidik melakukan tanya jawab dengan siswa untuk mengetahui sejauh mana materi yang dipelajari telah diketahui oleh peserta pendidik
4.      Apersepsi
Pendidik mengingatkan  kembali tentang  fungsi kuadrat dan grafiknya.

5.      Motivasi
 Pendidik menginformasikan tujuan pembelajaran (rasa ingin tahu)

6.    Pendidik menginformasikan cara pembelajaran  yang akan ditempuh (Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran koperatif tipe STAD)

Kegiatan inti
1.      Eksplorasi
·         Pendidik memberikan stimulus berupa materi mengenai penentuan persamaan fungsi kuadrat jika diketahui grafik atau unsur – unsurnya

·         Pendidik membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang masing- masing kelompoknya terdiri dari 4 sampai dengan 5 peserta didik yang kemampuannya akademiknya terdiri dari yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah.
·         Pendidik membagikan bahan-bahan diskusi kelompok pada setiap kelompok untuk dikerjakan anggota setiap kelompok tentang materi pembelajaran yang sudah diberikan guru untuk didiskusikan bersama-sama, dan saling bantu-membantu antar anggota lain dalam kelompoknya, sedangkan guru memotivasi, memfasilitasi kerja siswa, membantu siswa yang mengalami kesulitan, dan mengamati kerjasama tiap anggota dalam kelompok belajar.

2.      Elaborasi
·         Pendidik meminta salah satu kelompok untuk mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan didepan kelas hasil diskusi  cara menentukan persamaan fungsi kuadrat  jika diketahui grafik atau unsur – unsurnya.


3.      Konfirmasi
·      Pendidik mengajak peserta didik secara bersama – sama membahas hasil presentasi yang ditampilkan peserta didik di depan kelas.
·         Pendidik memberikan penguatan atau pembenaran hasil diskusi  dari materi tentang  menentukan persamaan fungsi kuadrat  jika diketahui grafik atau unsur – unsurnya yang telah dikerjakan peserta didik didepan kelas.

4.      Penutup
·         Pendidik memberikan ringkasan dari materi tentang  menentukan persamaan fungsi kuadrat  jika diketahui grafik atau unsur – unsurnya.


·         Pendidik memberikan beberapa soal untuk tugas individu dirumah (pekerjaan rumah).

Kegiatan awal
1.      Peserta didik berdo’a (Religius
2.      Peserta didik memberikan respon terhadap pendidik tentang kehadiran temanya (Kepedulian Sosial)
3.      Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pendidik



4.      Apersepsi
Peserta didik mengingat kembali pelajaran tentang fungsi kuadrat dan grafiknya.
5.      Motivasi
Peserta didik mendapat informasi tujuan pembelajaran ( rasa ingin tahu)
6.      Peserta didik mendengarkan informasi yang diberikan pendidik.




Kegiatan inti
1.      Eksplorasi
·         Peserta didik merespon stimulus dari pendidik yang berupa materi mengenai penentuan persamaan fungsi kuadrat jika diketahui grafik atau unsur – unsurnya
·              Peserta didik duduk sesuai kelompok yang dibentuk oleh peserta didik






·         Peserta didik menerima bahan diskusi yang diberikan oleh  pendidik, dan kemudian mendiskusikannya bersama – sama.














2.      Elaborasi
·              Salah satu kelompok peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan kedepan kelas hasil diskusi tentang  cara menentukan persamaan fungsi kuadrat  jika diketahui grafik atau unsur – unsurnya.

3.      Konfirmasi
·              Peserta didik  dan pendidik secara bersama – sama membahas hasil presentasi dari salah satu kelompok peserta didik .
·              Peserta didik mendengarkan penguatan atau pembenaran  yang dijelaskan pendidik .





4.     
20 menit
 
Penutup
·         Peserta didik mendengarkan ringkasan yang diberikan pendidik  tentang materi menentukan persamaan fungsi kuadrat  jika diketahui grafik atau unsur – unsurnya.
·         Peserta didik menulis soal yang diberikan pendidik untuk tugas individu dirumah (pekerjaan rumah).

15 menit





























100 menit























                                   
Pertemuan ketiga (2x45’)
Kegiatan
waktu
Pendidik
Peserta didik


Kegiatan awal
1.      Pendidik mengarahkan peserta didik untuk berdo’a (Religius)
2.      Pendidik memperhatikan kehadiran peserta didik (Kepedulian Sosial)



3.      Pendidik melakukan tanya jawab dengan siswa untuk mengetahui sejauh mana materi yang dipelajari telah diketahui oleh peserta pendidik
4.      Apersepsi
Pendidik mengingatkan  kembali tentang  fungsi kuadrat dan grafiknya.

5.      Motivasi
 Pendidik menginformasikan tujuan pembelajaran (rasa ingin tahu)
6.      Pendidik menginformasikan cara pembelajaran  yang akan ditempuh (Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran koperatif tipe STAD)

Kegiatan inti
1.      Eksplorasi
·         Pendidik memberikan stimulus berupa materi mengenai penentuan persamaan fungsi kuadrat jika diketahui grafik atau unsur – unsurnya

·         Pendidik membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang masing- masing kelompoknya terdiri dari 4 sampai dengan 5 peserta didik yang kemampuannya akademiknya terdiri dari yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah.
·         Pendidik membagikan bahan-bahan diskusi kelompok pada setiap kelompok untuk dikerjakan anggota setiap kelompok tentang materi pembelajaran yang sudah diberikan guru untuk didiskusikan bersama-sama, dan saling bantu-membantu antar anggota lain dalam kelompoknya, sedangkan guru memotivasi, memfasilitasi kerja siswa, membantu siswa yang mengalami kesulitan, dan mengamati kerjasama tiap anggota dalam kelompok belajar.

2.      Elaborasi
·         Pendidik meminta salah satu kelompok untuk mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan didepan kelas hasil diskusi  cara menentukan persamaan fungsi kuadrat  jika diketahui grafik atau unsur – unsurnya.


3.      Konfirmasi
·      Pendidik mengajak peserta didik secara bersama – sama membahas hasil presentasi yang ditampilkan peserta didik di depan kelas.
·         Pendidik memberikan penguatan atau pembenaran hasil diskusi  dari materi tentang  menentukan persamaan fungsi kuadrat  jika diketahui grafik atau unsur – unsurnya yang telah dikerjakan peserta didik didepan kelas.

4.      Penutup
·         Pendidik memberikan ringkasan dari materi tentang  menentukan persamaan fungsi kuadrat  jika diketahui grafik atau unsur – unsurnya.


·         Pendidik memberikan beberapa soal untuk tugas individu dirumah (pekerjaan rumah).

Kegiatan awal
1.      Peserta didik berdo’a (Religius

2.      Peserta didik memberikan respon terhadap pendidik tentang kehadiran temanya (Kepedulian Sosial)
3.      Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pendidik



4.      Apersepsi
Peserta didik mengingat kembali pelajaran tentang fungsi kuadrat dan grafiknya.
5.      Motivasi
Peserta didik mendapat informasi tujuan pembelajaran ( rasa ingin tahu)
6.      Peserta didik mendengarkan informasi yang diberikan pendidik.
7.       



70 menit
 
Kegiatan inti
1.      Eksplorasi
·         Peserta didik merespon stimulus dari pendidik yang berupa materi mengenai penentuan persamaan fungsi kuadrat jika diketahui grafik atau unsur – unsurnya
·              Peserta didik duduk sesuai kelompok yang dibentuk oleh peserta didik






·         Peserta didik menerima bahan diskusi yang diberikan oleh  pendidik, dan kemudian mendiskusikannya bersama – sama.














2.      Elaborasi
·              Salah satu kelompok peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan kedepan kelas hasil diskusi tentang  cara menentukan persamaan fungsi kuadrat  jika diketahui grafik atau unsur – unsurnya.

3.      Konfirmasi
·              Peserta didik  dan pendidik secara bersama – sama membahas hasil presentasi dari salah satu kelompok peserta didik .
·              Peserta didik mendengarkan penguatan atau pembenaran  yang dijelaskan pendidik .





4.     
10 menit
 
Penutup
·         Peserta didik mendengarkan ringkasan yang diberikan pendidik  tentang materi menentukan persamaan fungsi kuadrat  jika diketahui grafik atau unsur – unsurnya.
·              Peserta didik menulis soal yang diberikan pendidik untuk tugas individu dirumah (pekerjaan rumah).

10 menit


     
Pertemuan ke empat (2x45’)
Kegiatan
Waktu
Pendidik
Peserta didik
Kegiatan awal
1.      Pendidik mengarahkan peserta didik untuk berdo’a (Religius)
2.      Pendidik memperhatikan kehadiran peserta didik (Kepedulian Sosial


3.      Pendidik melakukan tanya jawab dengan siswa untuk mengetahui sejauh mana materi yang dipelajari telah diketahui oleh peserta pendidik
4.      Apersepsi
Pendidik mengingatkan  kembali mengenai cara menentukan persamaan fungsi kuadrat jika diketahui grafik atau unsur-unsurnya dan penerapan fungsi kuadrat.


5.      Motivasi
 Pendidik menginformasikan tujuan pembelajaran (rasa ingin tahu)


Kegiatan inti 
·         Pendidik  memberikan review materi tentang cara menentukan persamaan fungsi kuadrat jika diketahui grafik atau unsur-unsurnya dan penerapan fungsi kuadrat., kemudian diadakan sesi tanya jawab tentang soal-soal yang belum dimengerti.


·         Pendidik  meminta peserta didik untuk menyiapkan kertas kosong dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diberikan ulangan.
·         Pendidik memberikan lembar soal.
·         Pendidik mengingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan, serta mengingatkan untuk mengerjakannya dengan baik.
·         Guru mengumpulkan kertas ulangan jika pengerjaan ulangan telah selesai.

Penutup
Pendidik mengingatkan peserta didik  untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang fungsi eksponen.




Kegiatan awal
1.      Peserta didik berdo’a (Religius
2.      Peserta didik memberikan respon terhadap pendidik tentang kehadiran temanya (Kepedulian Sosial)
3.      Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pendidik



4.      Apersepsi
Peserta didik Mengingat kembali mengenai cara menentukan persamaan fungsi kuadrat jika diketahui grafik atau unsur-unsurnya dan penerapan fungsi kuadrat.
5.       Motivasi
Peserta didik mendapat informasi tujuan pembelajaran ( rasa ingin tahu)

Kegiatan inti
·         Peserta didik menerima review materi tentang cara menentukan persamaan fungsi kuadrat jika diketahui grafik atau unsur-unsurnya dan penerapan fungsi kuadrat., kemudian diadakan sesi tanya jawab tentang soal-soal yang belum dimengerti.
·         Peserta didik menyiapkan kertas kosong dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan mendapatkan  ulangan.
·         Peserta didik  menerima lembar soal.
·         Peserta didik  mendengarkan penjelasan pendidik tentang waktu pengerjaan soal ulangan, serta mengerjakannya dengan baik.
·         Peserta didik mengumpulkan kertas ulangan jika pengerjaan ulangan telaha selasai.

Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu  eksponen.


10 menit





























70 menit
 
10 menit
 
 




























IV.             SUMBER / BAHAN PEMBELAJARAN
a.       Sumber :
·         Buku paket, yaitu buku Matematika Erlangga Program Keahlian Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian Kelas XI hal 63-66.
·         Buku referensi lain
b.      Alat dan bahan
- Laptop
- LCD
- OHP


V.                EVALUASI
Teknik                         : ulangan harian
Bentuk instrument      :pilihan ganda, uraian  obyektif
Contoh instrument      :
1.      (1) Terbuka ke atas.
(2) Simetri terhadap sumbu Y.
(3) Memotong sumbu X di dua titik.
(4) Melalui titik O.
Pernyataan di atas yang sesuai untuk grafik fungsi y = 2x2 - 2 adalah ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (2) dan (4)
e. semua benar

2.      Jika selisih dua bilangan adalah 10 dan hasil kalinya minimum, tentukanlah bilangan- bilangan tersebut!






Mengetahui,                                                                                       Bukittinggi, 2 januari 2013
 kepala sekolah                                                                                  pendidik mata pelajaran                                                                                         




Nama:                                                                                                  Nama:                                              
            NIP                                                                                         NIP



Tidak ada komentar:

Posting Komentar