Sabtu, 19 Januari 2013

RPP SMK KELAS XI SEMESTER I SK - 2 KD 1 ( RANTI SINTA TYA )



Rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP)


Nama Sekolah                                     : SMK Tunas Bangsa
Mata Pelajaran                                    : Matematika
Kelas / Semester/program                   : XI / Ganjil/ keahlian tegnologi, kesehatan dan pertanian
Alokasi Waktu                                    : 2 tatap muka (satu pertemuan)
I.                   Standar Kompetensi
8. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linear dan fungsi kuadrat
II.                Kompetensi Dasar
8.1  Mendeskripsikan perbedaan konsep relasi dan fungsi
III.             Indikator
Membedakan relasi yang merupakan fungsi dan bukan merupakan fungsi
IV.             Tujuan Pembelajaran
siswa dapat membedakan relasi yang merupakan fungsi dan bukan merupakan fungsi.
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility)
V.                Materi Pelajaran
a)      konsep
1.      Relasi
Relasi dari himpunan A ke himpunan B adalah suatu aturan atau hubungan yang memasangkan anggota-anggota himpunan A ke himpunan B. Relasi antara dua himpunan dapat dinyatakan dengan tiga cara, yaitu :
a.       Diagram panah,
b.      Diagram cartesius,
c.       Himpunan pasangan berurutan
2.      Fungsi
Fungsi atau pemetaan dari himpunan A ke himpunan B adalah suatu relasi khusus yang memasangkan setiap anggota A dengan tepatbsatu anggota B. Secara matematis, fungsi dari A ke B yang memetakan setiap  oleh  dinotasiakan sebagai berikut :
Pada himpunan diatas, himpunan A disebut daerah asal atau domain, dinotasiakn oleh D, yaitu himpunan asal semua unsur pemetaan. Himpunan B disebut daerah kawan atau kodomain dinotasiakan oleh K, yaitu himpunan tujuan pemetaan. Himpunan semua peta dari himpunan A disebut range atau daerah hasil, dinotasikan oleh R. Range merupakn himpunan bagian dari kodomain
b)     Fakta
1.      Suatu fungsi  dinotasikan dengan . Jika diketahui kodomainnya himpunan bilangan real dan daerah asalnya {-1, 0, 1, 2, 3}, tentukan :
a.       Rumus fungsi
b.      Range
c.       Himpunan pasangan berurutan
d.      Bayangan (peta) dari 10

Jawab:
.
a.      
b.     
Range = {-5, -3, -1, 1, 3}
c.       Himpunan pasangan berurutan = { (-1,-5), (0, -3), (1,-1), (2,1), (3,3)
d.     

VI.             Model dan Metode Pembelajaran
Model : think pair and share
Metode : demonstrasi, tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas
VII.          Alat, sumber dan media belajar
Sumber : Buku paket matematika program keahlian teknologi, kesehatan, dan pertanian untuk SMK dan MAK kelas IX hal : 46-50 dan buku referensi lain.
Alat : Laptop, LCD dan OHP

VIII.       Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan (10 menit)
·         Guru membimbing siswa membaca doa
·         Guru mengabsen siswa
·          Guru menanyakan ada tugas atau tidak
a.       Apersepsi      :
ü  Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari sebelumnya
b.      Motivasi :
ü  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan merupakan fungsi.
      
2.      Kegiatan Inti (70 menit)

KEGIATAN GURU            

KEGIATAN SISWA
waktu
Eksplorasi

Eksplorasi


·         Guru dan siswa secara bersama-sama menyatakan relasi antara dua himpunan
·         Siswa secara bersama-sama menyatakan  relasi antara dua himpunan

·         5 menit
·         Melalui demonstrasi, guru menjelaskan  pengertian fungsi dan relasi

·         Siswa memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru terkait pengertian fungsi dan relasi
·         10 menit
·         Guru memberikan beberapa contoh soal kepada siswa

·         Siswa mengerjakan beberapa contoh soal yang diberikan

·         10 menit
·         Materi yang akan dipelajari dapat diperoleh dari sumber-sumber yang lain
·         Siswa mencari materi dari berbagai sumber  yang lain
·          
Elaborasi

Elaborasi

·           Guru memfasilitasi siswa dalam kegiatan pembelajaran mengenai  daerah asal, daerah kawan dan range
·         Siswa berdiskusi bersama teman sebangku  mengenai daerah asal, daerah kawan dan range

·         10 menit
·           Guru memberikan beberapa soal latihan kepada siswa
·         Siswa mengerjakan contoh soal yang diberikan guru

·         15 menit
·           Guru memfasilitasi siswa berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
·         Siswa saling berkompetensi dalam mngerjakan beberapa latihan

·          
·           Guru memfasilitasi siswa dalam menyajikan hasil kerja individual
·         Siswa menyajikan hasil kerja individu didepan kelas

·         5 menit
Konfirmasi
Konfirmasi


·         Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik

·         Siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran

·         5 menit
·         Guru memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan

·         Siswa melakukan refleksi dalam memperoleh pengalaman belajar

·         5 menit
Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa yang belum mengerti terhadap materi yang telah dipelajari
·         Siswa menanyakan masalah yang belum dimengerti.

·         5 menit


3.      Kegiatan Penutup (10 menit)
a.       Guru bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat rangkuman/ simpulan pembelajaran
b.      Melakukan penilaian atau penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terpogram
c.       Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
d.      Merencanakan kegiatan pembelajaran dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling, atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
IX.             Penilaian
Teknik : tugas individu
Bentuk instrumen : uraian singkat dan uraian objektif
Contoh instrumen :
Latihan soal:
Kerjakanlah soal-soal berikut di buku tugasmu!
1.        Diantara grafik berikut manakah yang merupakan grafik fungsi dari f(x) jika sumbu X adalah daerah asal? (bobot 20)
a.        





b.       

c.        



d.       


2.      Fungsi f(x) didefinisikan sebagai f(x) = x2 + x dengandomain
A=ke himpunan bilangan Real
Gambarlah grafiknya pada bidang Cartesius (bobot 30)
3.       Diketahui fungsi f  dengan domain A= dan rumus fungsi f(x)=5x -2
Buatlah grafik dalam diagram grafik cartesius ( bobot 20)
Diketahui daerah asal A = {-2, -1, 0, 1, 2} diadakan pemetaan oleh fungsi f(x) =3x - 4.
Buatlah grafik fungsi dalam koordinat Cartesius (bobot 30)

Skor =
















                                                                                            Bukittinggi,   Januari 2013
                                                            Mengetahui :

                        Kepala Sekolah                                            Guru Mata Pelajaran


                         MISRAWITA                                             RANTI SINTA TIA
                        Nip : 020891090                                             Nip : 200193028

Tidak ada komentar:

Posting Komentar