Rencana pelaksanaan
pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : SMK Tunas Bangsa
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester/program : XI / Ganjil/ keahlian
tegnologi, kesehatan dan pertanian
Alokasi
Waktu : 2 tatap muka (satu pertemuan)
I.
Standar
Kompetensi
8. Memecahkan masalah
yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linear dan fungsi kuadrat
II.
Kompetensi
Dasar
8.1 Mendeskripsikan perbedaan konsep relasi dan
fungsi
III.
Indikator
Membedakan relasi yang
merupakan fungsi dan bukan merupakan fungsi
IV.
Tujuan
Pembelajaran
siswa dapat membedakan
relasi yang merupakan fungsi dan bukan merupakan fungsi.
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence
) ,Tanggung
jawab ( responsibility)
V.
Materi
Pelajaran
a)
konsep
1. Relasi
Relasi dari himpunan A ke himpunan B adalah suatu aturan atau hubungan yang memasangkan
anggota-anggota himpunan A ke
himpunan B. Relasi antara dua
himpunan dapat dinyatakan dengan tiga cara, yaitu :
a. Diagram
panah,
b. Diagram
cartesius,
c. Himpunan
pasangan berurutan
2. Fungsi
Fungsi atau pemetaan
dari himpunan A ke himpunan B adalah suatu relasi khusus yang
memasangkan setiap anggota A dengan
tepatbsatu anggota B. Secara
matematis, fungsi dari A ke B yang memetakan setiap oleh dinotasiakan sebagai berikut :
Pada himpunan diatas,
himpunan A disebut daerah asal atau
domain, dinotasiakn oleh D, yaitu
himpunan asal semua unsur pemetaan. Himpunan B disebut daerah kawan atau kodomain dinotasiakan oleh K, yaitu himpunan tujuan pemetaan.
Himpunan semua peta dari himpunan A
disebut range atau daerah hasil, dinotasikan oleh R. Range merupakn himpunan bagian
dari kodomain
b)
Fakta
1. Suatu
fungsi dinotasikan dengan .
Jika diketahui kodomainnya himpunan bilangan real dan daerah asalnya {-1, 0, 1,
2, 3}, tentukan :
a. Rumus
fungsi
b. Range
c. Himpunan
pasangan berurutan
d. Bayangan
(peta) dari 10
Jawab:
.
a.
b.
Range = {-5, -3, -1, 1,
3}
c. Himpunan
pasangan berurutan = { (-1,-5), (0, -3), (1,-1), (2,1), (3,3)
d.
VI.
Model
dan Metode Pembelajaran
Model
: think pair and share
Metode
: demonstrasi, tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas
VII.
Alat,
sumber dan media belajar
Sumber : Buku paket
matematika program keahlian teknologi, kesehatan, dan pertanian untuk SMK dan
MAK kelas IX hal : 46-50 dan buku referensi lain.
Alat : Laptop, LCD dan
OHP
VIII.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
(10 menit)
·
Guru membimbing siswa
membaca doa
·
Guru mengabsen siswa
·
Guru menanyakan ada tugas atau tidak
a. Apersepsi :
ü Guru
mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari sebelumnya
b. Motivasi
:
ü Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan membedakan relasi yang
merupakan fungsi dan yang bukan merupakan fungsi.
2.
Kegiatan
Inti (70 menit)
KEGIATAN GURU
|
KEGIATAN SISWA
|
waktu
|
Eksplorasi
|
Eksplorasi
|
|
·
Guru dan siswa secara
bersama-sama menyatakan relasi antara dua himpunan
|
·
Siswa secara
bersama-sama menyatakan relasi antara
dua himpunan
|
·
5 menit
|
·
Melalui demonstrasi,
guru menjelaskan pengertian fungsi dan
relasi
|
·
Siswa memperhatikan
penjelasan yang disampaikan oleh guru terkait pengertian fungsi dan relasi
|
·
10 menit
|
·
Guru memberikan
beberapa contoh soal kepada siswa
|
·
Siswa mengerjakan
beberapa contoh soal yang diberikan
|
·
10 menit
|
·
Materi yang akan
dipelajari dapat diperoleh dari sumber-sumber yang lain
|
·
Siswa mencari materi
dari berbagai sumber yang lain
|
·
|
Elaborasi
|
Elaborasi
|
|
·
Guru memfasilitasi siswa dalam kegiatan
pembelajaran mengenai daerah asal,
daerah kawan dan range
|
·
Siswa berdiskusi bersama teman sebangku mengenai daerah asal, daerah kawan dan
range
|
·
10 menit
|
·
Guru memberikan beberapa soal latihan kepada siswa
|
·
Siswa mengerjakan contoh soal yang diberikan guru
|
·
15 menit
|
·
Guru memfasilitasi siswa berkompetensi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar
|
·
Siswa saling berkompetensi dalam mngerjakan beberapa
latihan
|
·
|
·
Guru memfasilitasi siswa dalam menyajikan hasil kerja
individual
|
·
Siswa menyajikan hasil kerja individu didepan kelas
|
·
5 menit
|
Konfirmasi
|
Konfirmasi
|
|
·
Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam
bentuk lisan, tulisan, isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta
didik
|
·
Siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran
|
·
5 menit
|
·
Guru memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
|
·
Siswa melakukan refleksi dalam memperoleh pengalaman
belajar
|
·
5 menit
|
Guru memberikan kesempatan bertanya kepada
siswa yang belum mengerti terhadap materi yang telah dipelajari
|
·
Siswa menanyakan masalah yang belum dimengerti.
|
·
5 menit
|
3.
Kegiatan
Penutup (10 menit)
a. Guru
bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat rangkuman/ simpulan
pembelajaran
b. Melakukan
penilaian atau penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terpogram
c. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
d. Merencanakan
kegiatan pembelajaran dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling, atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
IX.
Penilaian
Teknik : tugas individu
Bentuk instrumen :
uraian singkat dan uraian objektif
Contoh instrumen :
Latihan soal:
Kerjakanlah
soal-soal berikut di buku tugasmu!
1.
Diantara grafik berikut
manakah yang merupakan grafik fungsi dari f(x)
jika sumbu X adalah daerah asal? (bobot 20)
a.
b.
c.
d.
2.
Fungsi f(x) didefinisikan sebagai f(x) = x2 + x dengandomain
A=ke
himpunan bilangan Real
Gambarlah
grafiknya pada bidang Cartesius (bobot 30)
3.
Diketahui fungsi f dengan domain A= dan rumus fungsi f(x)=5x -2
Buatlah grafik dalam diagram
grafik cartesius ( bobot 20)
Diketahui
daerah asal A = {-2, -1, 0, 1, 2} diadakan pemetaan oleh fungsi f(x) =3x - 4.
Buatlah
grafik fungsi dalam koordinat Cartesius (bobot 30)
Skor
=
Bukittinggi, Januari 2013
Mengetahui
:
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
MISRAWITA RANTI
SINTA TIA
Nip : 020891090 Nip : 200193028
Tidak ada komentar:
Posting Komentar