Sabtu, 19 Januari 2013

SILABUS SMK KELAS XI SEMESTER I (KELOMPOK VI)



SILABUS
Nama Sekolah    : SMK
Mata Pelajaran   : Matematika
Kelas/Program    : XI / TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN

Semester             : Ganjil

Standar Kompetensi : 7. Menerapkan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(TM)
Sumber/
Bahan/
Alat
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
7.1 Menentukan             dan menggunakan nilai perbandingan trigonometri suatu sudut


























































































7.2 Mengonversi
koordinat
Cartesius dan
kutub


-  Ukuran sudut.

-  Perbandingan
trigonometri
dalam segitiga
siku – siku
(sinus, cosinus,
tangen, cosecan,
secan, dan
cotangen pada
segitiga siku-siku)
















-Perbandingan
trigonometri
sudut - sudut
istimewa



















-Perbandingan
trigonometri
sudut-sudut
berelasi



















Perbandingan
trigonometri
pada segitiga
siku-siku.
-  Perbandingan
trigonometri
sudut-sudut
istimewa.
-  Perbandingan
trigonometri
sudut-sudut
berelas











Koordinat kutub
(polar).






















Koordinat kutub
(polar).















-Menjelaskan hubungan
antara derajat dan radian.
-Menghitung perbandingan
sisi - sisi segitiga siku-siku
yang sudutnya tetap tetapi
panjang sisinya berbeda.
-Mengidentifikasi
pengertian perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku.
-Menentukan nilai
perbandingan trigonometri
suatu sudut
pada
segitiga siku – siku




-Menyelidiki nilai
perbandingan trigonometri dari sudut istimewa.
-Menggunakan nilai perbandingan trigonometri
dari sudut istimewa
dalam menyelesaikan soal











-Melakukan perhitungan
nilai perbandingan
trigonometri pada bidang
Cartesius.
-  Menyelidiki hubungan
antara perbandingan
trigonometri dari sudut di
berbagai kuadran (kuadran
I, II, III, IV).
-  Menentukan nilai
perbandingan trigonometri
dari sudut di berbagai  kuadran.


Melakukan ulangan berisi
materi yang berkaitan
dengan perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku, perbandingan
trigonometri sudut-sudut
istimewa, dan
perbandingan trigonometri
sudut-sudut berelasi.






- Menjelaskan pengertian
koordinat kutub.
- Memahami langkah -langkah menentukan
koordinat kutub suatu
titik.
-  Mengidentifikasi
hubungan antara
koordinat kutub dan
koordinat Cartesius









Melakukan kuis berisi
materi koordinat kutub
(polar)
-Menentukan nilai
perbandingan
trigonometri
pada
segitiga siku –siku
-Menentukan nilai perbandingan trogonometri pada sudut istimewa















-Menentukan nilai
perbandingan
trigonometri
dari sudut istimewa.

















Menentukan nilai
perbandingan
trigonometri
(sinus, cosinus,
dan tangen) dari
sudut di semua
kuadran












Mengerjakan soal
dengan baik
berkaitan dengan
materi mengenai
perbandingan
trigonometri pada
segitiga siku-siku,
perbandingan
trigonometri
sudut -sudut
istimewa, dan
perbandingan
trigonometri
sudut-sudut
berelasi


Mengubah
koordinat kutub
ke koordinat
Cartesius, dan
sebaliknya

















Mengerjakan soal
dengan baik
mengenai
koordinat kutub polar
Diskusi kelompok

























Tugas kelompok




















Tugas kelompok




















Ulangan
harian.




















Tugas individu





















Kuis
Uraian singkat




Uraian singkat






Uraian singkat












Uraian singkat





















Uraian singkat





















Uraian
obyektif





















Uraian
singkat.






















Uraian
obyektif.
1.Ubahlah  sudut berikut dalm bentuk radian:
a. 15o
b. 180o
c. 315o
2.Ubahlah  sudut berikut dalm bentuk derajat:
a.
b.
c.
3.Diketahui segitiga siku – siku ABC, sisi AB = 24cm dan BC = 7cm. Tentukan  nilai sin, cos, tan, csc, sec, dan cot !









-  Hitunglah nilai dari
sin 30o + cos 90o - tan 45o




















-  Hitunglah nilai berikut.

a. sin 120o + cos 210o - tan 225o
b.







































1.Ubahalah titik titik berikut kedalam koordinat kutub :
a.A(, 1)
b.B(, -
c.C(-3, 3)



2.Gambar titik berikut kedalam koordinat kartesius:
a.A(2,30o)
b.B(4,120o)
c.C(8, )








-   Sebuah pesawat terbang lepas
landas ke arah timur bandara
dengan arah
75o
dan kecepatan
200 km/jam. Setelah 1 jam
tentukan:
a. jarak pesawat dari arah timur
bandara,
b. jarak pesawat dari arah barat
bandara.


1 x 45 menit


























1 x 45 menit





















2 x 45 menit





















2x45 menit





















1 x 45 menit






















1 x 45 menit



Sumber:
-    Buku
paket
Matematik
a Program
Keahlian
Teknologi,
Kesehatan,
dan
Pertanian
untuk
SMK dan
MAK
Kelas XI
hal. 2-5.
-    Buku
referensi
lain.
Alat:
- Papan tulis
- spidol






Sumber:
-    Buku
paket
Matematik
a Program
Keahlian
Teknologi,
Kesehatan,
dan
Pertanian
untuk
SMK dan
MAK
Kelas XI
hal. 2-5.
-    Buku
referensi
lain.
Alat:
- Papan tulis
- spidol

Sumber:
-    Buku
paket
Matematik
a Program
Keahlian
Teknologi,
Kesehatan,
dan
Pertanian
untuk
SMK dan
MAK
Kelas XI
hal. 2-5.
-    Buku
referensi
lain.
Alat:
- Papan tulis
- spidol
























Sumber:
-    Buku
paket
Matematik
a Program
Keahlian
Teknologi,
Kesehatan,
dan
Pertanian
untuk
SMK dan
MAK
Kelas XI
hal. 2-5.
-    Buku
referensi
lain.
Alat:
- Papan tulis
- spidol


Silabus

Nama Sekolah             : SMK …..
Mata Pelajaran            : MATEMATIKA
Kelas / Program           : XI / TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN
Semester                      : GANJIL / 1
Standar Kompetensi :7. Menerapkan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah.

Kompetensi dasar
Materi ajar
Kegiatan pembelajaran
Indickator
Penilaian
Alokasi waktu (TM)
Sumber/ Bahan/ Alat
Teknik
Bentuk instrument
Contoh instrumen
7.3 Menerapkan aturan sinus dan cosinus.

- Aturan sinus.

- Aturan cosinus.
- Mengidentifikasi permasalahan dalam perhitungan sisi atau sudut pada segitiga.

- Merumuskan aturan sinus dan aturan cosinus.

- Menggunakan aturan sinus dan aturan cosinus untuk menyelesaikan soal perhitungan sisi atau sudut pada segitiga.
- Menggunakan aturan sinus dan aturan cosinus dalam penyelesaian soal.

Tugas individu,


tugas kelompok

Uraian singkat.

Uraian obyektif.
1.      Pada ∆ABC diketahui, a=8 cm, b=6,2 cm dan . Tentukan dan panjang sisi c !
2.      Pada ∆KLM diketahui l=6, m=4 dan . Tentukan
a. panjang sisi k,
b. besar sudut L,
c. besar sudut M.
8
Sumber:
- Buku paket hal. 15-19.
- Buku referensi
lain

Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
7.4 Menentukan luas suatu segitiga.

- Luas segitiga.

- Mengidentifikasi permasalahan dalam perhitungan luas segitiga.

- Menggunakan rumus luas segitiga untuk menyelesaikan soal.
- Menggunakan rumus luas segitiga dalam penyelesaian soal.

Tugas individu.

Uraian obyektif.


- Luas segitiga sama kaki adalah 8 cm2. Panjang kedua sisi yang sama adalah 4,2 cm. Tentukan panjang sisi segitiga yang lain.

4
Sumber:
- Buku paket hal. 19-21.
- Buku referensi lain.

Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP


- Aturan sinus.

- Aturan cosinus.

- Luas segitiga.
- Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan aturan sinus, cosinus, dan luas segitiga.

- Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi aturan sinus, cosinus, dan luas segitiga.

Ulangan harian.


Pilihan ganda.

Uraian


obyekti
1. Pada ∆ABC, diketahui
AC =10, B=45 , dan A=30
Panjang BC adalah……
a.       10√2
b.      5√6
c.       5√2
d.      2,5√6
e.       2,5√2

2. Hitung luas segi banyak berikut.
a) Segi lima beraturan   dengan r=10 cm.
b. Segi enam beraturan dengan r=12 cm.
c. Segi delapan beraturan dengan r=6 cm.

2

7.5 Menerapkan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut.

- Rumus

- Menggunakan rumus cosinus jumlah dan selisih dua sudut untuk menyelesaikan soal.


- Menggunakan rumus cosinus jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah.

Tugas individu.



Uraian singkat.

- Hitunglah nilai dari .

3
Sumber:
- Buku paket hal. 22.
- Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP

- Rumus

- Menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut untuk menyelesaikan soal.

- Menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah.

Tugas individu.

Uraian singkat.

- Hitunglah nilai dari . sin 165°

3
Sumber:
- Buku paket hal. 22.
- Buku referensi lain.

Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP

- Rumus

- Menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut untuk menyelesaikan soal.

- Menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah.

Tugas individu.

Uraian singkat.

- Hitunglah nilai dari . tan 15°

3
Sumber:
- Buku paket hal. 22-23.
- Buku referensi lain.

Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP

- Rumus sudut rangkap.

- Rumus sudut tengahan.
- Menggunakan rumus sudut rangkap untuk menyelesaikan soal.

- Menggunakan rumus trigonometri sudut tengahan untuk menyelesaikan soal.
- Menggunakan rumus sudut rangkap.

- Menggunakan rumus sudut tengahan.
Tugas kelompok.


Uraian obyektif.

- Buktikan:
a.      
b.     


3
Sumber:
- Buku paket hal.25-29.
- Buku referensi
lain.

Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP


- Rumus

- Rumus

- Rumus

- Rumus sudut
rangkap.

- Rumus sudut
tengahan.
- Melakukan ulangan berisi
materi yang berkaitan
dengan rumus
Dan juga untuk
sudut rangkap dan sudut
tengahan.
- Mengerjakan soal
dengan baik
berkaitan dengan
materi mengenai
rumus
Dan juga untuk
sudut rangkap dan sudut
tengahan.
Ulangan harian.

Pilihan ganda.



Uraian obyektif


1.      Nilai dari
a.      
b.     
c.      
d.     
e.      

2.      Hitunglah nilai dari …
 

2

7.6 Menyelesai-kan persamaan trigonometri.
- Identitas trigonometri.

- Menggunakan identitas trigonometri untuk menyelesaikan soal.

- Menggunakan identitas trigonometri dalam membantu pemecahan masalah.

Tugas individu.

Uraian obyektif.

- Buktikan:
2
Sumber:
- Buku paket hal.30-32.
- Buku referensi
lain.

Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP

- Himpunan penyelesaian persamaan . sin x = a
- Menentukan besarnya suatu sudut yang nilai sinusnya diketahui.

- Menentukan penyelesaian persamaan trigonometri sederhana.
Menyelesaikan
persamaan
trigonometri
sin x = a
Tugas individu.

Uraian singkat.

- Tentukan penyelesaian dari persamaan 
2
Sumber:
- Buku paket hal.32-33.
- Buku referensi
lain.

Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP

- Himpunan penyelesaian persamaan . cos x=a

- Menentukan besarnya suatu sudut yang nilai cosinusnya diketahui.

- Menentukan penyelesaian persamaan trigonometri sederhana.
Menyelesaikan
persamaan
trigonometri
cos x = a .
Tugas individu.

Uraian singkat.

- Tentukan penyelesaian dari persamaan .
2
Sumber:
- Buku paket hal.34.
- Buku referensi
lain.

Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP

- Himpunan penyelesaian persamaan . tan x =a

- Menentukan besarnya suatu sudut yang nilai tangennya diketahui.

- Menentukan penyelesaian persamaan trigonometri sederhana.

- Menyelesaikan
persamaan
trigonometri
tan x = a .

Tugas individu.

Uraian obyektif.

- Tentukan nilai x yang memenuhi persamaan .
2
Sumber:
- Buku paket hal.34-35.
- Buku referensi
lain.

Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP

- Identitas trigonometri.

- Himpunan
penyelesaian
persamaan
sin x = a .

- Himpunan
penyelesaian
persamaan
cos x = a .

- Himpunan
penyelesaian
persamaan
tan x = a .

- Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan identitas trigonometri, himpunanpenyelesaian  persamaan
sin x = a , cos x = a ,
dan tan x = a .

- Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan
materi mengenai
identitas
trigonometri,
himpunan
penyelesaian
persamaan
sin x = a ,
cos x  a , dan
tan x  a .

Ulangan harian.

Pilihan
ganda.



Uraian
obyektif.
1. Jika ,√3 sin x=cos x, maka adalah ….
a.
b.
c.
d.
e.
2






Mengetahui
Kepala Sekolah





(………………………………)
NIP.

Bukittingi,  ……………………


Guru Mata Pelajaran






(………………………………..)
NIP.




Silabus

Nama Sekolah        :      SMK
Mata Pelajaran        :      MATEMATIKA
Kelas / Program      :      XI / TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN Semester :                               GANJIL

Sandar Kompetensi: 8. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linear dan fungsi kuadrat.



Kompetensi Dasar


Materi Ajar

Kegiatan
Pembelajaran


Indikator
Penilaian

Alokasi Waktu (TM)

Sumber / Bahan / Alat

Teknik
Bentuk
Instrumen

Contoh Instrumen

8.1. Mendeskripsikan perbedaan konsep relasi dan fungsi.

-  Relasi.

-  Fungsi.

-    Menyatakan relasi antara dua himpunan
§  Diagram panah
§   Himpunan pasangan berurutan
§  Diagram
Cartesius
-    Mendeskripsikan pengertian fungsi.
-   Menentukan daerah asal (domain), daerah kawan (kodomain, dan daerah hasil (range).

-  Membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi.

Tugas individu.

Uraian singkat.

















Uraian obyektif.

1.  Perhatikan diagram berikut.


·                  ·
·                  ·
·                  ·
·                  ·
(a)


·                  ·
·                  ·
·                  ·
·                  ·

(b)

Diagram manakah yang mendefinisikan fungsi? Jelaskan.

2.  Fungsi f dinotasikan dengan
f : x a ax + b . Jika  f : -1 a 9
dan  f : 2 a 6 , tentukan rumus fungsi tersebut.

2

Sumber:
-     Buku paket Matematika Program Keahlian Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian untuk SMK dan MAK Kelas XI hal.
46-50.
-     Buku referensi lain.

Alat:
-    Laptop
-    LCD
-      OHP

8.2.   Menerapkan konsep fungsi linear.

-  Bentuk umum fungsi linear.
-  Grafik fungsi

- Membahas bentuk umum dan contoh fungsi linear.

-  Menggambar grafik fungsi linear.

Tugas individu.

Uraian singkat.

-    Diketahui persamaan garis

2

Sumber:
-      Buku paket hal.
50-52.




linear.
-  Membuat grafik
fungsi linear.



1
y = -1 2 x + 4 .
a. Gambarlah grafik persamaan garis tersebut pada bidang Cartesius.
b. Jika titik  A(8, b)  terletak pada garis tersebut, tentukan nilai b.

-     Buku referensi
lain.

Alat:
-    Laptop
-    LCD
-      OHP


-   Gradien persamaan garis lurus.

-    Menentukan gradien persamaan garis lurus
§  Bentuk
y = mx + c .
§  Bentuk
ax + by + c = 0 .
§  Melalui dua titik
( x1, y1)  dan
( x2, y 2  ) .

-     Menentukan gradien dari suatu garis
lurus.

Tugas individu.

Uraian singkat.

-   Tentukan gradien persamaan garis
2
5 y = - 5 x + 25 .

2

Sumber:
-      Buku paket hal.
52-54.
-     Buku referensi lain.

Alat:
-    Laptop
-    LCD
-      OHP


-    Menentukan persamaan garis lurus.

-    Menentukan persamaan garis melalui sebuah titik ( x1, y1)  dan gradien
m.
-    Menentukan persamaan garis melalui dua titik yaitu ( x1, y1) dan
( x2, y 2  ) .
-    Menentukan persamaan garis melalui titik potong sumbu X dan
sumbu Y.

-  Menentukan persamaan garis lurus.

Tugas individu.

Uraian singkat.

-   Tentukan persamaan garis yang melalui titik (-1,4) dan bergradien
2.

2

Sumber:
-      Buku paket hal.
54-56.
-     Buku referensi lain.

Alat:
-    Laptop
-    LCD
-      OHP


-    Kedudukan dua garis lurus

-    Membedakan tiga kemungkinan kedudukan antara dua garis lurus
§  Dua garis saling

- Membedakan tiga kemungkinan kedudukan antara dua garis lurus.
- Menentukan persamaan

Tugas individu.

Uraian obyektif.

-     Tentukan persamaan garis jika diketahui:
a.  sejajar dengan garis
x - 2 y = 3  dan melalui titik
(7,-6),

2

Sumber:
-      Buku paket hal.
56-59.
-     Buku referensi lain.






berpotongan.
§  Dua garis saling sejajar.
§  Dua garis saling tegak lurus.
garis lurus.


b.  tegak lurus dengan garis
3y = -5x + 7  dan melalui titik
(11,2).


Alat:
-    Laptop
-    LCD
-      OHP


-  Bentuk umum fungsi linear.
-  Grafik fungsi linear.
-  Gradien persamaan garis lurus.
-   Menentukan persamaan
garis lurus.
-   Kedudukan dua garis lurus

-      Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan fungsi linear, grafiknya, persamaan garis lurus, gradien, dan kedudukan dua garis lurus.

-     Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai fungsi linear, grafiknya, persamaan garis lurus, gradien, dan
kedudukan dua garis lurus.

Ulangan harian.

Pilihan ganda.





Uraian obyektif.

1.  Persamaan garis yang melalui titik A(-3,-4) dan B(-4,-6) adalah
....
a.  y = x + 6       d.  y = 2x + 4 b.  y = 2x - 2  e.  y = 2x - 4 c.  y = x - 6
2.  Tentukan persamaan garis yang
sejajar dengan garis  y = 6 - 2x
dan melalui titik (4,-2).

2


8.3. Menggambar fungsi kuadrat.





















-  Pengertian fungsi kuadrat.
-  Sifat-sifat grafik fungsi kuadrat.
-  Menggambar grafik fungsi kuadrat.

- Membahas bentuk umum dan contoh fungsi kuadrat.
-  Menentukan nilai ekstrim fungsi kuadrat dan titik potong grafik fungsi dengan sumbu koordinat.
-  Menggambar grafik fungsi kuadrat.

-      Menggambar grafik fungsi kuadrat.
-      Menentukan sifat- sifat grafik fungsi kuadrat.

Tugas individu.

Uraian obyektif.

-  Tanpa menggambar, sebutkan sifat- sifat grafik fungsi kuadrat berikut.
a.  x2    + x = 45
b.  -3x2    +12x +1 = 0

3

Sumber:
-      Buku paket hal.
59-62.
-     Buku referensi lain.

Alat:
-    Laptop
-    LCD
-      OHP

-  Pengertian fungsi kuadrat.
-  Sifat-sifat grafik fungsi kuadrat.
-  Menggambar grafik fungsi kuadrat.

-  Melakukan kuis berisi fungsi kuadrat, sifat- sifat grafik fungsi kuadrat, dan menggambar grafik fungsi kuadrat.

-  Mengerjakan soal dengan baik mengenai fungsi kuadrat, sifat- sifat grafik fungsi kuadrat, dan menggambar grafik fungsi kuadrat.

Kuis.

Uraian obyektif.

-  Sketsalah grafik fungsi kuadrat dengan persamaan sebagai berikut.
a.   x2    - x + 3 = 0
b.   4 - x2     = 0
c.  3 - 4x2     = -11x

2




SILABUS
NAMA SEKOLAH                    : SMK
MATA PELAJARAN                 :MATEMATIKA
KELAS PROGRAM                   :XI TEKNOLOGI KESEHATANDAN PERTANIAN
SEMESTER                              :GANJIL

STANDAR KOMPETENSI        : Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linear dan fungsi kuadrat.
Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indicator                
penilaian
Alokasi waktu (TM)
Sumber bahan alat
Teknik
Bentuk instrumen
Contoh instrumen
8.4 Menerapkan
konsep fungsi
kuadrat
-  Menentukan
persamaan
fungsi kuadra jika diketahui
grafik atau
unsur-unsurnya.
 -  Membahas cara
menentukan persamaan
fungsi kuadrat jika diketahui grafik atau
unsur-unsurnya
-  Menentukan persamaan
fungsi kuadrat jika
diketahui grafik atau unsur-unsurnya.
Tugas
individu
Uraian
obyektif.
Tentukan persamaan fungsi
kuadrat yang melalui:
a. titik (6,0), (-3,0), dan (3,18), b. titik (1,-3) dan titik puncaknya ( )

3x 45
Sumer :
-           Buku paket hal. 63 – 65
-           Buku referensi
lain.
Alat: Laptop LCD OHP
-  Penerapan
fungsi kuadrat.
- Menerapkan fungsi
kuadrat dalam
kehidupan sehari-hari
-Menggunakan fungsi
kuadrat dalam
pemecahan masalah.
Tugas
kelompok.
Uraian
obyektif.
Tinggi h meter suatu roket adalah
h (t)=800t-5t2
. Tentukan tinggi
maksimum roket itu apabila t
menunjukkan satuan waktu dalam detik.

3x45
Sumber:
-  Buku paket hal.
65-66.
-  Buku referensi
lain.
Alat:
-   Laptop
-   LCD
-   OHP

-Pengertian
fungsi kuadrat.
-  Sifat-sifat grafik
fungsi kuadrat.
-  Menggambar
grafik fungsi
kuadrat.
-  Menentukan
persamaan
fungsi kuadrat
jika diketahui
grafik atau
unsur-unsurnya.
-  Penerapan
fungsi kuadrat.
-   Melakukan
ulangan berisi
materi yang
berkaitan dengan
fungsi kuadrat,
grafik fungsi
kuadrat, dan
penerapan fungsi
kuadrat.
-    Mengerjakan soal
dengan baik berkaitan
dengan materi
mengenai fungsi
kuadrat, grafik fungsi
kuadrat, dan
penerapan fungsi kuadrat
Ulangan harian
Pilihan ganda












Uraian objektif.
1.  (1) Terbuka ke atas.
(2) Simetri terhadap sumbu Y.
(3) Memotong sumbu X di dua
titik.
(4) Melalui titik O.
Pernyataan di atas yang sesuai
untuk grafik fungsi
y=2x2-2
adalah ....
a.  (1), (2), dan (3)
b.  (1) dan (3)
c.  (2) dan (3)
d.  (2) dan (4)
e.  semua benar
2.  Jika selisih dua bilangan adalah
10 dan hasil kalinya minimum,
tentukanlah bilangan-bilangan
tersebut
2x45
8.5 Menerapkan
konsep fungsi eksponen.
-  Fungsi
eksponen
-  Grafik fungsi
eksponen
-  Mendefinisikan
fungsi eksponen.
-  Menggambar grafik
fungsi ekspone
  -Menggambar grafik
fungsi eksponen
-  Menggunakan fungsi
eksponen dalam
pemecahan masalah
Tugas individu
Uraian objektif
-  Pada tahun 2008 penduduk suatu
kota ada 12.000 jiwa. Banyaknya
penduduk setelah t tahun
dirumuskan dengan      p=12.000(1,2)0,1
a. Hitung jumlah penduduk 5 tahun yang akan datang.
b. Pada tahun berapa terjadi
jumlah penduduk dua kali lipat
dari jumlah penduduk saat ini?
5x45
Sumber:
-  Buku paket hal.
67-70.
-  Buku referensi
lain.
Alat:
-   Laptop
-   LCD
-   OHP
-  Fungsi
eksponen
-  Grafik fungsi
eksp
  Melakukan ulangan
berisi materi yang
berkaitan dengan
fungsi eksponen dan
grafik fungsi
eksponen.
-  Mengerjakan soal
dengan baik berkaitan
dengan materi mengenai
fungsi eksponen dan
grafik fungsi eksponen.
Ulangan harian






Pilihan ganda






Uraian objektif
1. Misal
Y= ( )x
. Grafik
f(x)
akan memotong sumbu Y pada x=
....
a. -
b. -1
c. 0
d. 1
e. 2

2. Arus Io  ampere berkurang menjadi
I ampere setelah t detik menurut
rumus
I=I0 . (2,3)-KT
. Tentukan
konstanta k jika arus 10 ampere
berkurang menjadi 1 ampere dalam waktu 0,01 detik.
2x45
8.6. Menerapkan
konsep fungsi
logaritma.
-  Fungsi
logaritma.
-  Grafik
fungsi
logaritma
-  Mendefinisikan
fungsi logaritma.
-  Menggambar
grafik fungsi
logaritma
-  Menggambar grafik
fungsi logaritma
-  Menggunakan fungsi logaritma dalam pemecahan masalah.
Tugas kelompok
Uraian obyektif
-  Gambarkan grafik fungsi logaritma
berikut.
a.f (x)=3log x
b.f(x)=3+ 2log (x-1)

4x45
Sumber:
-  Buku paket hal.
70-73.
-  Buku referensi
lain.
Alat:
-   Laptop
-   LCD
-   OHP
-  Fungsi
logaritma.
-  Grafik
fungsi
logaritma.
-  Melakukan ulangan
berisi materi yang
berkaitan dengan
fungsi logaritma dan
grafik fungsi logaritma.
-  Mengerjakan soal
dengan baik berkaitan
dengan materi
mengenai fungsi
logaritma dan grafik fungsi logaritma
Ulangan harian
Pilihan ganda





Uraian objektif
1. Grafik fungsi         y =2log x
 berada di
atas grafik fungsi
y=3log x
saat.......
a.x >1
b. x>0
c.0<x<1.
d.x<0
e.2<x<3
2. Jen menabung di bank sebesar
Rp1.000.000,00 sebagai setoran
awal. Bank tempat Jen menabung
memberikan bunga 6% per tahun.
2
Berapa tahunkah waktu yangdibutuhkan agar tabungan  jen menjadi Rp 2.000.000,00?
2x45
8.7 Menerapkan
konsep fungsi
trigonometri.
- Bentuk dan
nilai fungsi
trigonometri.
-  Grafik fungsi
trigonometri.
-  Menghitung nilai
fungsi
trigonometri.

-     Menggambar
grafik fungsi
trigonometri.

-  Menggambar grafik
fungsi trigonometri.
-  Menggunakan fungsi
trigonometri dalam
pemecahan masalah.
Tugas kelompok
Uraian
obyektif
-   Gambarlah grafik fungsi berikut
jika
0≤x<2π dengan
menggunakan tabel dan lingkaran satuan:
a.        F(x)=sin x
b.        F(x)=cos x

5x45

Sumber:
-     Buku paket hal.
74-77.
-      Buku referensi  
lain.

Alat:
-     Laptop
-     LCD
-     OHP




-  Bentuk dan
nilai fungsi
trigonometri.
-  Grafik fungsi
trigonometri.
-  Melakukan ulangan
berisi materi yang
berkaitan dengan
bentuk dan nilai
fungsi trigonometri
serta grafik fungsi
trigonometri.
-  Mengerjakan soal
dengan baik berkaitan
dengan materi
mengenai bentuk dan
nilai fungsi
trigonometri serta
grafik fungsi
trigonometri.
Ulangan
harian.
Pilihan
ganda.






Uraian
obyektif
1. Persamaan kurva di bawah ini adalah ... (3,14=π=180o  )
 a. y= sin 4x
b. y=sin 4x
c. y =  sin x
d. y =sin x +4
e. y= sin x-4
2. 2.  Gambarkan grafik y=sin xdan y= cos (900 – x), 00≤x≤900.
Kesimpulan apa yang kamu
peroleh dari kedua grafik tersebut?
2x45




Tidak ada komentar:

Posting Komentar