SILABUS
Nama
Sekolah : SMK
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Program : XI / TEKNOLOGI, KESEHATAN,
DAN PERTANIAN
Semester : Ganjil
Standar
Kompetensi : 7. Menerapkan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas
trigonometri dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(TM)
|
Sumber/
Bahan/
Alat
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
7.1 Menentukan dan menggunakan nilai
perbandingan trigonometri suatu sudut
7.2 Mengonversi
koordinat
Cartesius dan
kutub
|
-
Ukuran sudut.
-
Perbandingan
trigonometri
dalam segitiga
siku – siku
(sinus, cosinus,
tangen, cosecan,
secan, dan
cotangen pada
segitiga siku-siku)
-Perbandingan
trigonometri
sudut - sudut
istimewa
-Perbandingan
trigonometri
sudut-sudut
berelasi
Perbandingan
trigonometri
pada segitiga
siku-siku.
-
Perbandingan
trigonometri
sudut-sudut
istimewa.
-
Perbandingan
trigonometri
sudut-sudut
berelas
Koordinat kutub
(polar).
Koordinat kutub
(polar).
|
-Menjelaskan hubungan
antara derajat dan radian.
-Menghitung perbandingan
sisi - sisi segitiga siku-siku
yang sudutnya tetap tetapi
panjang sisinya berbeda.
-Mengidentifikasi
pengertian perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku.
-Menentukan nilai
perbandingan trigonometri
suatu sudut
pada
segitiga siku – siku
-Menyelidiki nilai
perbandingan trigonometri dari sudut
istimewa.
-Menggunakan nilai perbandingan trigonometri
dari sudut istimewa
dalam menyelesaikan soal
-Melakukan perhitungan
nilai perbandingan
trigonometri pada bidang
Cartesius.
-
Menyelidiki hubungan
antara perbandingan
trigonometri dari sudut di
berbagai kuadran (kuadran
I, II, III, IV).
-
Menentukan nilai
perbandingan trigonometri
dari sudut di berbagai kuadran.
Melakukan ulangan berisi
materi yang berkaitan
dengan perbandingan
trigonometri pada segitiga
siku-siku, perbandingan
trigonometri sudut-sudut
istimewa, dan
perbandingan trigonometri
sudut-sudut berelasi.
- Menjelaskan pengertian
koordinat kutub.
- Memahami langkah -langkah menentukan
koordinat kutub suatu
titik.
-
Mengidentifikasi
hubungan antara
koordinat kutub dan
koordinat Cartesius
Melakukan kuis berisi
materi koordinat kutub
(polar)
|
-Menentukan nilai
perbandingan
trigonometri
pada
segitiga siku –siku
-Menentukan nilai perbandingan trogonometri pada
sudut istimewa
-Menentukan nilai
perbandingan
trigonometri
dari sudut istimewa.
Menentukan nilai
perbandingan
trigonometri
(sinus, cosinus,
dan tangen) dari
sudut di semua
kuadran
Mengerjakan soal
dengan baik
berkaitan dengan
materi mengenai
perbandingan
trigonometri pada
segitiga siku-siku,
perbandingan
trigonometri
sudut -sudut
istimewa, dan
perbandingan
trigonometri
sudut-sudut
berelasi
Mengubah
koordinat kutub
ke koordinat
Cartesius, dan
sebaliknya
Mengerjakan soal
dengan baik
mengenai
koordinat kutub polar
|
Diskusi kelompok
Tugas kelompok
Tugas kelompok
Ulangan
harian.
Tugas individu
Kuis
|
Uraian singkat
Uraian singkat
Uraian singkat
Uraian singkat
Uraian singkat
Uraian
obyektif
Uraian
singkat.
Uraian
obyektif.
|
1.Ubahlah sudut berikut dalm bentuk radian:
a. 15o
b. 180o
c. 315o
2.Ubahlah sudut berikut dalm bentuk derajat:
a.
b.
c.
3.Diketahui segitiga siku – siku ABC,
sisi AB = 24cm dan BC = 7cm. Tentukan
nilai sin, cos, tan, csc, sec, dan cot !
-
Hitunglah nilai dari
sin 30o + cos 90o
- tan 45o
-
Hitunglah nilai berikut.
a. sin 120o + cos 210o
- tan 225o
b.
1.Ubahalah titik titik berikut kedalam
koordinat kutub :
a.A(, 1)
b.B(, -
c.C(-3, 3)
2.Gambar titik berikut kedalam
koordinat kartesius:
a.A(2,30o)
b.B(4,120o)
c.C(8, )
-
Sebuah pesawat terbang lepas
landas ke arah timur bandara
dengan arah
75o
dan kecepatan
200 km/jam. Setelah 1 jam
tentukan:
a. jarak pesawat dari arah timur
bandara,
b. jarak pesawat dari arah barat
bandara.
|
1 x 45 menit
1 x 45 menit
2 x 45 menit
2x45 menit
1 x 45 menit
1 x 45 menit
|
Sumber:
-
Buku
paket
Matematik
a Program
Keahlian
Teknologi,
Kesehatan,
dan
Pertanian
untuk
SMK dan
MAK
Kelas XI
hal. 2-5.
-
Buku
referensi
lain.
Alat:
- Papan tulis
- spidol
Sumber:
-
Buku
paket
Matematik
a Program
Keahlian
Teknologi,
Kesehatan,
dan
Pertanian
untuk
SMK dan
MAK
Kelas XI
hal. 2-5.
-
Buku
referensi
lain.
Alat:
- Papan tulis
- spidol
Sumber:
-
Buku
paket
Matematik
a Program
Keahlian
Teknologi,
Kesehatan,
dan
Pertanian
untuk
SMK dan
MAK
Kelas XI
hal. 2-5.
-
Buku
referensi
lain.
Alat:
- Papan tulis
- spidol
Sumber:
-
Buku
paket
Matematik
a Program
Keahlian
Teknologi,
Kesehatan,
dan
Pertanian
untuk
SMK dan
MAK
Kelas XI
hal. 2-5.
-
Buku
referensi
lain.
Alat:
- Papan tulis
- spidol
|
Silabus
Nama Sekolah :
SMK …..
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Kelas / Program : XI / TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN
Semester :
GANJIL / 1
Standar
Kompetensi :7. Menerapkan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas
trigonometri dalam pemecahan masalah.
Kompetensi dasar
|
Materi ajar
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indickator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu (TM)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
|||
Teknik
|
Bentuk instrument
|
Contoh instrumen
|
|||||||
7.3 Menerapkan aturan sinus dan cosinus.
|
- Aturan sinus.
- Aturan cosinus.
|
- Mengidentifikasi permasalahan dalam
perhitungan sisi atau sudut pada segitiga.
- Merumuskan aturan sinus dan aturan cosinus.
- Menggunakan aturan sinus dan aturan cosinus
untuk menyelesaikan soal perhitungan sisi atau sudut pada segitiga.
|
- Menggunakan aturan sinus dan aturan cosinus
dalam penyelesaian soal.
|
Tugas individu,
tugas kelompok
|
Uraian singkat.
Uraian obyektif.
|
1.
Pada ∆ABC diketahui, a=8 cm, b=6,2 cm dan . Tentukan dan panjang sisi c !
2.
Pada ∆KLM diketahui l=6, m=4 dan . Tentukan
a.
panjang sisi k,
b.
besar sudut L,
c.
besar sudut M.
|
8
|
|
|
7.4 Menentukan luas suatu segitiga.
|
- Luas segitiga.
|
- Mengidentifikasi permasalahan dalam
perhitungan luas segitiga.
- Menggunakan rumus luas segitiga untuk
menyelesaikan soal.
|
- Menggunakan rumus luas segitiga dalam
penyelesaian soal.
|
Tugas individu.
|
Uraian obyektif.
|
- Luas segitiga sama kaki adalah 8 cm2.
Panjang kedua sisi yang sama adalah 4,2 cm. Tentukan panjang sisi segitiga
yang lain.
|
4
|
Sumber:
- Buku paket hal. 19-21.
- Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
|
- Aturan sinus.
- Aturan cosinus.
- Luas segitiga.
|
- Melakukan ulangan berisi materi yang
berkaitan dengan aturan sinus, cosinus, dan luas segitiga.
|
- Mengerjakan soal dengan baik berkaitan
dengan materi aturan sinus, cosinus, dan luas segitiga.
|
Ulangan harian.
|
Pilihan ganda.
Uraian
obyekti
|
1. Pada ∆ABC, diketahui
AC =10, B=45
, dan A=30
Panjang BC adalah……
a.
10√2
b.
5√6
c.
5√2
d.
2,5√6
e.
2,5√2
2.
Hitung luas segi banyak berikut.
a)
Segi lima beraturan dengan r=10 cm.
b.
Segi enam beraturan dengan r=12 cm.
c.
Segi delapan beraturan dengan r=6 cm.
|
2
|
|
|
7.5 Menerapkan rumus trigonometri jumlah dan
selisih dua sudut.
|
- Rumus
|
- Menggunakan rumus cosinus jumlah dan
selisih dua sudut untuk menyelesaikan soal.
|
- Menggunakan rumus cosinus jumlah dan
selisih dua sudut dalam pemecahan masalah.
|
Tugas individu.
|
Uraian singkat.
|
- Hitunglah
nilai dari .
|
3
|
Sumber:
- Buku paket hal. 22.
- Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
|
- Rumus
|
- Menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih
dua sudut untuk menyelesaikan soal.
|
- Menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih
dua sudut dalam pemecahan masalah.
|
Tugas individu.
|
Uraian singkat.
|
- Hitunglah nilai dari . sin 165°
|
3
|
Sumber:
- Buku paket hal. 22.
- Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
|
- Rumus
|
- Menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih
dua sudut untuk menyelesaikan soal.
|
- Menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih
dua sudut dalam pemecahan masalah.
|
Tugas individu.
|
Uraian singkat.
|
- Hitunglah nilai dari . tan 15°
|
3
|
Sumber:
- Buku paket hal. 22-23.
- Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
|
- Rumus sudut rangkap.
- Rumus sudut tengahan.
|
- Menggunakan rumus sudut rangkap untuk
menyelesaikan soal.
- Menggunakan rumus trigonometri sudut
tengahan untuk menyelesaikan soal.
|
- Menggunakan rumus sudut rangkap.
- Menggunakan rumus sudut tengahan.
|
Tugas kelompok.
|
Uraian obyektif.
|
- Buktikan:
a.
b.
|
3
|
Sumber:
- Buku paket hal.25-29.
- Buku referensi
lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
|
- Rumus
- Rumus
- Rumus
- Rumus sudut
rangkap.
- Rumus sudut
tengahan.
|
- Melakukan ulangan berisi
materi yang berkaitan
dengan rumus
Dan juga untuk
sudut rangkap dan sudut
tengahan.
|
- Mengerjakan soal
dengan baik
berkaitan dengan
materi mengenai
rumus
Dan juga untuk
sudut rangkap dan sudut
tengahan.
|
Ulangan harian.
|
Pilihan ganda.
Uraian obyektif
|
1.
Nilai dari
a.
b.
c.
d.
e.
2.
Hitunglah nilai dari …
|
2
|
|
|
7.6 Menyelesai-kan persamaan trigonometri.
|
- Identitas trigonometri.
|
- Menggunakan identitas trigonometri untuk
menyelesaikan soal.
|
- Menggunakan identitas trigonometri dalam
membantu pemecahan masalah.
|
Tugas individu.
|
Uraian obyektif.
|
- Buktikan:
|
2
|
Sumber:
- Buku paket hal.30-32.
- Buku referensi
lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
|
- Himpunan penyelesaian persamaan . sin x = a
|
- Menentukan besarnya suatu sudut yang nilai
sinusnya diketahui.
- Menentukan penyelesaian persamaan trigonometri sederhana.
|
Menyelesaikan
persamaan
trigonometri
sin x = a
|
Tugas individu.
|
Uraian singkat.
|
- Tentukan penyelesaian dari persamaan
|
2
|
Sumber:
- Buku paket hal.32-33.
- Buku referensi
lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
|
- Himpunan penyelesaian persamaan . cos x=a
|
- Menentukan besarnya suatu sudut yang nilai
cosinusnya diketahui.
- Menentukan penyelesaian persamaan trigonometri sederhana.
|
Menyelesaikan
persamaan
trigonometri
cos x = a .
|
Tugas individu.
|
Uraian singkat.
|
- Tentukan penyelesaian dari persamaan .
|
2
|
Sumber:
- Buku paket hal.34.
- Buku referensi
lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
|
- Himpunan penyelesaian persamaan . tan x =a
|
- Menentukan besarnya suatu sudut yang nilai
tangennya diketahui.
- Menentukan penyelesaian persamaan trigonometri sederhana.
|
- Menyelesaikan
persamaan
trigonometri
tan x = a .
|
Tugas individu.
|
Uraian obyektif.
|
- Tentukan nilai x yang memenuhi
persamaan .
|
2
|
Sumber:
- Buku paket hal.34-35.
- Buku referensi
lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
|
- Identitas trigonometri.
- Himpunan
penyelesaian
persamaan
sin x = a .
- Himpunan
penyelesaian
persamaan
cos x = a .
- Himpunan
penyelesaian
persamaan
tan x = a .
|
- Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan identitas
trigonometri, himpunanpenyelesaian persamaan
sin x = a , cos x = a ,
dan tan x = a .
|
- Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan
materi mengenai
identitas
trigonometri,
himpunan
penyelesaian
persamaan
sin x = a ,
cos x a ,
dan
tan x a .
|
Ulangan harian.
|
Pilihan
ganda.
Uraian
obyektif.
|
1. Jika ,√3 sin x=cos x, maka adalah ….
a.
b.
c.
d.
e.
|
2
|
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah
(………………………………)
NIP.
|
|
Bukittingi, ……………………
Guru Mata Pelajaran
(………………………………..)
NIP.
|
Silabus
Nama Sekolah : SMK
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas / Program : XI / TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN Semester : GANJIL
Sandar Kompetensi: 8. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linear dan fungsi kuadrat.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (TM)
|
Sumber / Bahan /
Alat
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
8.1. Mendeskripsikan perbedaan
konsep relasi dan fungsi.
|
- Relasi.
- Fungsi.
|
- Menyatakan relasi
antara dua himpunan
§ Diagram
panah
§ Himpunan
pasangan
berurutan
§ Diagram
Cartesius
- Mendeskripsikan
pengertian fungsi.
- Menentukan
daerah
asal (domain), daerah kawan (kodomain,
dan daerah
hasil
(range).
|
- Membedakan
relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi.
|
Tugas individu.
|
Uraian singkat.
Uraian obyektif.
|
1. Perhatikan diagram
berikut.
· ·
· ·
· ·
· ·
(a)
· ·
· ·
· ·
· ·
(b)
Diagram manakah
yang
mendefinisikan fungsi? Jelaskan.
2. Fungsi f dinotasikan dengan
f : x a ax + b . Jika f : -1 a 9
dan f
: 2 a 6 ,
tentukan rumus fungsi
tersebut.
|
2
|
Sumber:
- Buku
paket Matematika
Program Keahlian Teknologi, Kesehatan, dan
Pertanian
untuk SMK dan MAK
Kelas XI hal.
46-50.
- Buku
referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
8.2. Menerapkan konsep fungsi linear.
|
- Bentuk umum fungsi
linear.
- Grafik fungsi
|
- Membahas bentuk
umum dan contoh
fungsi linear.
|
- Menggambar grafik
fungsi linear.
|
Tugas individu.
|
Uraian singkat.
|
- Diketahui persamaan garis
|
2
|
Sumber:
- Buku paket
hal.
50-52.
|
|
linear.
|
- Membuat
grafik
fungsi linear.
|
|
|
|
1
y = -1 2 x + 4 .
a. Gambarlah
grafik persamaan
garis tersebut pada bidang
Cartesius.
b. Jika titik
A(8, b)
terletak
pada garis tersebut, tentukan
nilai b.
|
|
- Buku
referensi
lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
- Gradien
persamaan
garis lurus.
|
- Menentukan
gradien persamaan
garis lurus
§ Bentuk
y = mx + c .
§ Bentuk
ax + by + c = 0 .
§ Melalui
dua titik
( x1, y1) dan
( x2, y 2 ) .
|
- Menentukan
gradien dari
suatu
garis
lurus.
|
Tugas individu.
|
Uraian singkat.
|
- Tentukan gradien
persamaan
garis
2
5 y = - 5 x + 25 .
|
2
|
Sumber:
- Buku paket
hal.
52-54.
- Buku
referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
- Menentukan
persamaan
garis lurus.
|
- Menentukan
persamaan
garis
melalui sebuah titik
(
x1, y1) dan gradien
m.
- Menentukan
persamaan
garis
melalui dua titik yaitu ( x1, y1) dan
( x2, y 2 ) .
- Menentukan
persamaan
garis
melalui titik potong sumbu
X dan
sumbu Y.
|
- Menentukan persamaan
garis lurus.
|
Tugas individu.
|
Uraian singkat.
|
- Tentukan
persamaan
garis yang melalui
titik (-1,4)
dan bergradien
2.
|
2
|
Sumber:
- Buku paket
hal.
54-56.
- Buku
referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
- Kedudukan dua
garis lurus
|
- Membedakan tiga kemungkinan kedudukan antara
dua garis lurus
§ Dua garis saling
|
- Membedakan tiga kemungkinan kedudukan antara dua garis lurus.
- Menentukan persamaan
|
Tugas individu.
|
Uraian obyektif.
|
- Tentukan
persamaan
garis jika diketahui:
a. sejajar
dengan garis
x - 2 y = 3 dan
melalui titik
(7,-6),
|
2
|
Sumber:
- Buku paket
hal.
56-59.
- Buku
referensi lain.
|
|
|
berpotongan.
§ Dua garis saling sejajar.
§ Dua
garis saling tegak lurus.
|
garis lurus.
|
|
|
b. tegak lurus dengan
garis
3y = -5x + 7 dan
melalui titik
(11,2).
|
|
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
- Bentuk umum fungsi
linear.
- Grafik fungsi
linear.
- Gradien persamaan
garis lurus.
- Menentukan
persamaan
garis lurus.
- Kedudukan dua
garis lurus
|
- Melakukan
ulangan berisi
materi yang berkaitan
dengan fungsi linear,
grafiknya, persamaan
garis
lurus, gradien,
dan kedudukan dua garis lurus.
|
- Mengerjakan
soal dengan baik
berkaitan
dengan materi
mengenai fungsi linear,
grafiknya, persamaan
garis
lurus, gradien,
dan
kedudukan dua
garis lurus.
|
Ulangan harian.
|
Pilihan ganda.
Uraian obyektif.
|
1. Persamaan
garis yang melalui titik A(-3,-4) dan B(-4,-6) adalah
....
a. y = x + 6 d. y = 2x + 4 b. y
= 2x - 2 e.
y = 2x - 4 c. y
= x - 6
2. Tentukan
persamaan
garis yang
sejajar dengan garis y
= 6 - 2x
dan melalui titik
(4,-2).
|
2
|
|
8.3. Menggambar
fungsi kuadrat.
|
- Pengertian fungsi kuadrat.
- Sifat-sifat grafik
fungsi kuadrat.
- Menggambar
grafik fungsi kuadrat.
|
- Membahas bentuk
umum dan contoh
fungsi kuadrat.
- Menentukan nilai ekstrim fungsi
kuadrat dan titik
potong grafik fungsi dengan sumbu
koordinat.
- Menggambar grafik
fungsi kuadrat.
|
- Menggambar grafik fungsi kuadrat.
- Menentukan sifat- sifat
grafik fungsi
kuadrat.
|
Tugas individu.
|
Uraian obyektif.
|
- Tanpa menggambar, sebutkan sifat- sifat
grafik fungsi kuadrat
berikut.
a. x2 + x = 45
b. -3x2 +12x +1 = 0
|
3
|
Sumber:
- Buku paket
hal.
59-62.
- Buku
referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
- Pengertian fungsi kuadrat.
- Sifat-sifat grafik
fungsi kuadrat.
- Menggambar grafik fungsi kuadrat.
|
- Melakukan kuis
berisi fungsi
kuadrat, sifat-
sifat grafik fungsi kuadrat,
dan menggambar grafik fungsi kuadrat.
|
- Mengerjakan soal
dengan baik mengenai
fungsi kuadrat,
sifat-
sifat grafik fungsi kuadrat,
dan menggambar grafik fungsi kuadrat.
|
Kuis.
|
Uraian obyektif.
|
- Sketsalah grafik fungsi kuadrat
dengan persamaan
sebagai
berikut.
a. x2 - x + 3 = 0
b. 4 - x2 = 0
c. 3 - 4x2 = -11x
|
2
|
|
SILABUS
NAMA SEKOLAH : SMK
MATA PELAJARAN :MATEMATIKA
KELAS PROGRAM :XI TEKNOLOGI KESEHATANDAN PERTANIAN
SEMESTER :GANJIL
STANDAR KOMPETENSI : Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan fungsi, persamaan fungsi linear dan fungsi kuadrat.
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indicator
|
penilaian
|
Alokasi waktu (TM)
|
Sumber bahan alat
|
||
Teknik
|
Bentuk instrumen
|
Contoh instrumen
|
||||||
8.4 Menerapkan
konsep fungsi
kuadrat
|
-
Menentukan
persamaan
fungsi kuadra jika diketahui
grafik atau
unsur-unsurnya.
|
-
Membahas cara
menentukan persamaan
fungsi kuadrat jika diketahui grafik
atau
unsur-unsurnya
|
-
Menentukan persamaan
fungsi kuadrat jika
diketahui grafik atau unsur-unsurnya.
|
Tugas
individu
|
Uraian
obyektif.
|
Tentukan persamaan fungsi
kuadrat yang melalui:
a. titik (6,0), (-3,0), dan (3,18), b.
titik (1,-3) dan titik puncaknya ( )
|
3x 45
|
Sumer :
-
Buku paket hal.
63 – 65
-
Buku referensi
lain.
Alat:
Laptop LCD OHP
|
-
Penerapan
fungsi kuadrat.
|
- Menerapkan fungsi
kuadrat dalam
kehidupan sehari-hari
|
-Menggunakan fungsi
kuadrat dalam
pemecahan masalah.
|
Tugas
kelompok.
|
Uraian
obyektif.
|
Tinggi h meter suatu roket adalah
h
(t)=800t-5t2
. Tentukan tinggi
maksimum roket itu apabila t
menunjukkan satuan waktu dalam detik.
|
3x45
|
Sumber:
-
Buku paket hal.
65-66.
-
Buku referensi
lain.
Alat:
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
|
|
-Pengertian
fungsi kuadrat.
-
Sifat-sifat grafik
fungsi kuadrat.
-
Menggambar
grafik fungsi
kuadrat.
-
Menentukan
persamaan
fungsi kuadrat
jika diketahui
grafik atau
unsur-unsurnya.
-
Penerapan
fungsi kuadrat.
|
-
Melakukan
ulangan berisi
materi yang
berkaitan dengan
fungsi kuadrat,
grafik fungsi
kuadrat, dan
penerapan fungsi
kuadrat.
|
-
Mengerjakan soal
dengan baik berkaitan
dengan materi
mengenai fungsi
kuadrat, grafik fungsi
kuadrat, dan
penerapan fungsi kuadrat
|
Ulangan harian
|
Pilihan ganda
Uraian objektif.
|
1.
(1) Terbuka ke atas.
(2) Simetri terhadap sumbu Y.
(3) Memotong sumbu X di dua
titik.
(4) Melalui titik O.
Pernyataan di atas yang sesuai
untuk grafik fungsi
y=2x2-2
adalah ....
a.
(1), (2), dan (3)
b.
(1) dan (3)
c.
(2) dan (3)
d.
(2) dan (4)
e.
semua benar
2.
Jika selisih dua bilangan adalah
10 dan hasil kalinya minimum,
tentukanlah bilangan-bilangan
tersebut
|
2x45
|
||
8.5 Menerapkan
konsep fungsi eksponen.
|
-
Fungsi
eksponen
-
Grafik fungsi
eksponen
|
-
Mendefinisikan
fungsi eksponen.
-
Menggambar grafik
fungsi ekspone
|
-Menggambar grafik
fungsi eksponen
-
Menggunakan fungsi
eksponen dalam
pemecahan masalah
|
Tugas individu
|
Uraian objektif
|
-
Pada tahun 2008 penduduk suatu
kota ada 12.000 jiwa. Banyaknya
penduduk setelah t tahun
dirumuskan dengan p=12.000(1,2)0,1
a. Hitung jumlah penduduk 5 tahun yang
akan datang.
b. Pada tahun berapa terjadi
jumlah penduduk dua kali lipat
dari jumlah penduduk saat ini?
|
5x45
|
Sumber:
-
Buku paket hal.
67-70.
-
Buku referensi
lain.
Alat:
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
|
-
Fungsi
eksponen
-
Grafik fungsi
eksp
|
Melakukan ulangan
berisi materi yang
berkaitan dengan
fungsi eksponen dan
grafik fungsi
eksponen.
|
-
Mengerjakan soal
dengan baik berkaitan
dengan materi mengenai
fungsi eksponen dan
grafik fungsi eksponen.
|
Ulangan harian
|
Pilihan ganda
Uraian objektif
|
1. Misal
Y= ( )x
. Grafik
f(x)
akan memotong sumbu Y pada x=
....
a. -
b. -1
c. 0
d. 1
e. 2
2. Arus Io ampere berkurang menjadi
I ampere setelah t detik menurut
rumus
I=I0
. (2,3)-KT
. Tentukan
konstanta k jika arus 10 ampere
berkurang menjadi 1 ampere dalam waktu
0,01 detik.
|
2x45
|
||
8.6. Menerapkan
konsep fungsi
logaritma.
|
-
Fungsi
logaritma.
-
Grafik
fungsi
logaritma
|
-
Mendefinisikan
fungsi logaritma.
-
Menggambar
grafik fungsi
logaritma
|
-
Menggambar grafik
fungsi logaritma
-
Menggunakan fungsi logaritma dalam pemecahan masalah.
|
Tugas kelompok
|
Uraian obyektif
|
-
Gambarkan grafik fungsi logaritma
berikut.
a.f (x)=3log x
b.f(x)=3+
2log (x-1)
|
4x45
|
Sumber:
-
Buku paket hal.
70-73.
-
Buku referensi
lain.
Alat:
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
|
-
Fungsi
logaritma.
-
Grafik
fungsi
logaritma.
|
-
Melakukan ulangan
berisi materi yang
berkaitan dengan
fungsi logaritma dan
grafik fungsi logaritma.
|
-
Mengerjakan soal
dengan baik berkaitan
dengan materi
mengenai fungsi
logaritma dan grafik fungsi logaritma
|
Ulangan harian
|
Pilihan ganda
Uraian objektif
|
1. Grafik fungsi y
=2log x
berada di
atas grafik fungsi
y=3log x
saat.......
a.x >1
b. x>0
c.0<x<1.
d.x<0
e.2<x<3
2. Jen menabung di bank sebesar
Rp1.000.000,00 sebagai setoran
awal. Bank tempat Jen menabung
memberikan bunga 6% per tahun.
2
Berapa tahunkah waktu yangdibutuhkan
agar tabungan jen menjadi Rp
2.000.000,00?
|
2x45
|
||
8.7 Menerapkan
konsep fungsi
trigonometri.
|
- Bentuk dan
nilai fungsi
trigonometri.
-
Grafik fungsi
trigonometri.
|
-
Menghitung nilai
fungsi
trigonometri.
-
Menggambar
grafik fungsi
trigonometri.
|
-
Menggambar grafik
fungsi trigonometri.
-
Menggunakan fungsi
trigonometri dalam
pemecahan masalah.
|
Tugas kelompok
|
Uraian
obyektif
|
-
Gambarlah grafik fungsi berikut
jika
0≤x<2π dengan
menggunakan tabel dan lingkaran satuan:
a.
F(x)=sin x
b.
F(x)=cos x
|
5x45
|
Sumber:
-
Buku paket hal.
74-77.
-
Buku referensi
lain.
Alat:
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
|
-
Bentuk dan
nilai fungsi
trigonometri.
-
Grafik fungsi
trigonometri.
|
-
Melakukan ulangan
berisi materi yang
berkaitan dengan
bentuk dan nilai
fungsi trigonometri
serta grafik fungsi
trigonometri.
|
-
Mengerjakan soal
dengan baik berkaitan
dengan materi
mengenai bentuk dan
nilai fungsi
trigonometri serta
grafik fungsi
trigonometri.
|
Ulangan
harian.
|
Pilihan
ganda.
Uraian
obyektif
|
1. Persamaan kurva di bawah ini adalah
... (3,14=π=180o )
a. y=
sin 4x
b. y=sin
4x
c.
y = sin x
d. y =sin x +4
e. y= sin x-4
2. 2.
Gambarkan grafik y=sin xdan y= cos (900 – x), 00≤x≤900.
Kesimpulan apa yang kamu
peroleh dari kedua grafik tersebut?
|
2x45
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar