Rencana
pelaksanaan pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : SMK
Tunas Bangsa
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kelas
/ Semester/program : XI / Ganjil/
keahlian tegnologi, kesehatan dan pertanian
Alokasi
Waktu : 5 tatap
muka (tiga pertemuan)
I.
Standar
Kompetensi
8. Memecahkan masalah
yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linear dan fungsi kuadrat
II.
Kompetensi
Dasar
8.3 menggambar fungsi kuadrat.
III.
Indikator
Ø Menggambar
grafik fungsi kuadrat.
Ø Menentukan
sifat – sifat grafik fungsi kuadrat.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Ø Siswa
dapat menggambar grafik fungsi kuadrat.
Ø Siswa
dapat menentukan sifat – sifat grafik fungsi kuadrat
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence
) ,Tanggung
jawab ( responsibility)
V.
Materi
Pelajaran
1.
Konsep
a. Pengertian
Fungsi Kuadrat.
Suatu fungsi dalam
himpunan bilangan yang dinyatakan dengan rumus fungsi berikut.
Dengan dan disebut fungsi kuadrat. Grafik fungsi kuadrat
berbentuk parabola simetris.
b. Sifat
– sifat Grafik Fungsi Kuadrat.
Sifat – sifat grafik
fungsi kuadrat adalah sebagai berikut.
Berdasarkan Nilai a
i.
Jika (positif), maka grafik atau parabola terbuka
keatas. Fungsi kuadrat memiliki nilai ekstrim minimum, dinotasikan ,
atau titik balik minimum.
ii.
Jika (negatif), maka grafik atau parabola terbuka
kebawah. Fungsi kuadrat memiliki nilai ekstrim maksimum, ,
atau titik balik maksimum.
Berdasarkan Nilai
Diskriminan (D)
Nilai diskriminan suatu persamaan
kuadrat adalah sebagai berikut.
Secara geometri, nilai diskriminan ini
berkorespondensi dengan titik potong grafik dengan sumbu X sebagai berikut.
i.
Jika ,
maka grafik memotong sumbu X di dua
titik yang berbeda.
ii.
Jika ,
maka grafik menyinggung sumbu X di
(x, 0) di sebuah titik.
iii.
Jika ,
maka grafik tidak memotong dan tidak menyinggung sumbu X.
c. Menggambar
Grafik Fungsi Kuadrat.
Langkah – langkah
menggambar grafik fungsi kuadrat adalah sebagai berikut.
i.
Menentukan titik potong
dengan sumbu X.
Titik potong dengan
sumbu X diperoleh jika atau .
ii.
Menentukan titik potong
dengan sumbu Y.
Titik potong dengan
sumbu Y diperoleh jika ,
yaitu dengan mensubstitusikan ke dalam persamaan fungsi kuadrat.
iii.
Menentukan sumbu
simetri dan koordinat titik balik.
-
Persamaan sumbu simetri
adalah .
-
Koordinat titik
puncak/titik balik adalah (.
iv.
Menentukan beberapa
titik bantu lainnya (jika diperlukan).
Ambil
sembarang nilai kemudian substitusikan ke persamaan fungsi
kuadrat. Titik tersebut merupakan titik bantunya. Hubungkan titik – titik bantu
tersebut untuk mendapatkan grafik fungsi kuadrat yang diinginkan.
2.
Fakta
1.
Diketahui
f(x)= x2
– 2x – 8, tentukan persamaan sumbu simetri dan koordinat titik
puncak nya??
jawab :
* Mencari titik potong sumbu x, f(x)= 0, yaitu :
x2 – 2x – 8 = 0
(x – 4) (x + 2) = 0
x = 4 atau x = -2, jadi titik potong
dengan sumbu x adalah (-2,0) dan (4,0)
* mencari titik potong sumbu y, jika x = 0, yaitu
y = f (0)= 02 – 2(0) – 8
y = -8
jadi titik potong dengan sumbu y adalah (0,-8)
* persamaan
sumbu simetri
* koordinat
titi puncak
VI.
Model
dan Metode pembelajaran
Model : think pair and
share
Metode : Ceramah, tanya
jawab, diskusi kelompok
VII.
Sumber,
alat dan media pembelajaran
Sumber : Buku paket
matematika program keahlian teknologi, kesehatan, dan pertanian untuk SMK dan
MAK kelas IX hal : 59- 62 dan buku referensi lain.
Alat
: Laptop, LCD dan OHP
VIII.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan pertama dan
kedua
1.
Pendahuluan
(10 menit)
ü guru
mengarahkan peserta didik untuk berdo’a (Religius)
ü guru
memperhatikan kehadiran peserta didik (Kepedulian Sosial)
ü Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang hendak dicapai .
Apersepsi : mengingat kembali bentuk umum fungsi kuadrat.
Motivasi : apabila materi ini
dikuasai dengan baik maka siswa diharapkan mampu menggambarkan fungsi kuadrat
dan menentukan sifat – sifat grafik fungsi kuadrat.
2.
Kegiatan
inti (70 menit)
KEGIATAN GURU
|
KEGIATAN SISWA
|
waktu
|
Eksplorasi
|
Eksplorasi
|
|
·
Melalui demonstrasi,
guru menjelaskan pengertian, sifat
sifat dan grafik fungsi kuadrat.
|
·
Siswa memperhatikan
penjelasan yang disampaikan oleh guru terkait pengertian, sifat sifat dan
grafik fungsi kuadrat.
|
·
15 menit
|
·
Guru memberikan
beberapa contoh soal kepada siswa
|
·
Siswa mengerjakan
beberapa contoh soal yang diberikan
|
·
10 menit
|
·
Materi yang akan
dipelajari dapat diperoleh dari sumber-sumber yang lain
|
·
Siswa mencari materi
dari berbagai sumber yang lain
|
|
Elaborasi
|
Elaborasi
|
|
·
Guru memfasilitasi siswa dalam kegiatan
pembelajaran mengenai sifat sifat dan
cara menggambar fungsi kuadrat.
|
·
Siswa berdiskusi bersama teman sebangku mengenai sifat sifat dan cara menggambar
fungsi kuadrat.
|
·
10 menit
|
·
Guru memberikan beberapa soal latihan kepada siswa
|
·
Siswa mengerjakan contoh soal yang diberikan guru
|
·
15 menit
|
·
Guru memfasilitasi siswa berkompetensi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar
|
·
Siswa saling berkompetensi dalam mngerjakan beberapa
latihan
|
|
·
Guru memfasilitasi siswa dalam menyajikan hasil kerja
individual
|
·
Siswa menyajikan hasil kerja individu didepan kelas
|
·
5 menit
|
Konfirmasi
|
Konfirmasi
|
|
·
Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam
bentuk lisan, tulisan, isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta
didik
|
·
Siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran
|
·
5 menit
|
·
Guru memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
|
·
Siswa melakukan refleksi dalam memperoleh pengalaman
belajar
|
·
5 menit
|
Guru memberikan kesempatan bertanya kepada
siswa yang belum mengerti terhadap materi yang telah dipelajari
|
·
Siswa menanyakan masalah yang belum dimengerti.
|
·
5 menit
|
3.
Penutup
(10 menit )
a. Siswa
bersama sama dengan guru membuat rangkuman mengenai materi bagaimana menggambar
grafik fungsi kuadrat.
b. Siswa
dan guru melakukan refleksi.
c. Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) cara bagaimana menggambar grafik fungsi kuadrat.
Pertemuan Ketiga
1.
Pendahuluan
(10 menit)
ü guru
mengarahkan peserta didik untuk berdo’a (Religius)
ü guru
memperhatikan kehadiran peserta didik (Kepedulian Sosial)
ü Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang hendak dicapai .
Apersepsi : mengingat kembali mengenai cara menggambar
grafik fungsi kuadrat.
Motivasi
: agar siswa diharapkan mampu menyelesaikan soal soal yang berkaitan dengan
menggambarkan fungsi kuadrat.
2.
Kegiatan
inti (70 menit)
KEGIATAN GURU
|
KEGIATAN SISWA
|
WAKTU
|
Eksplorasi
|
Eksplorasi
|
|
·
Guru memberikan
review materi tentang bentuk umum fungsi linier, grafik fungsi linier,
gradien persamaan garis lurus, menentukan persamaan garis lurus dan kedudukan
dua garis lurus
|
·
Siswa mendengarkan
penjelasan guru, kemudian bertanya mana kepada guru mana yang tidang
dimengerti
|
15
menit
|
·
Guru meminta siwa
menyiapkan kertas kosong dan peralatan tulis secukupnya di meja karena akan
diberi kuis.
|
·
Siswa menyiapkan
kertas kosong dan peralatan tulis secukupnya di meja karena akan diberi kuis.
|
|
·
Guru memberikan
lembar soal kepada siswa.
|
·
Siswa menerima lembar
soal yang diberikan guru.
|
|
Elaborasi
|
Elaborasi
|
|
·
Guru mengingatkan siswa untuk mengerjakan soal dengan
baik dan waktu pengerjaan soal.
|
·
Siswa mendengarkan guru, kemudian mengerjakan soal
dengan baik.
|
60 menit
|
Konfirmasi
|
Konfirmasi
|
|
·
Guru mengumpulkan kertas tugas jika waktu habis dan
pengerjaan kuis telah selesai.
|
·
Siswa menyerahkan kertas kuis kepada guru.
|
|
3.
Penutup
(10 menit)
Guru
mengingatkan siswa untuk mempelajari materi berikutnya mengenai penerapan fungsi
kuadrat.
IX.
Penilaian
Teknik
: kuis.
Bentuk
instrumen : uraian objektif.
Contoh
instrumen :
Soal kuis
Sketsalah
grafik fungsi kuadrat dengan persamaan sebagai berikut.
a. (bobot
35)
b.
(bobot
30)
c. (bobot
35)
Bukittingggi, Januari 2013
Mengetahui
:
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
MISRAWITA RANTI SINTA TIA
Nip : 020891090 Nip : 200193028
Tidak ada komentar:
Posting Komentar