Silabus
Nama Sekolah : SMK
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas / Program : XI / TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN Semester : GANJIL
Sandar Kompetensi: 9. Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (TM)
|
Sumber /
Bahan / Alat
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
9.1 Mengidentifikasi
pola, barisan,
dan deret
bilangan.
|
- Pola dan
barisan bilangan.
|
- Mengetahui
pola bilangan.
- Mengenal arti
(bentuk) barisan
bilangan dan deret.
- Menentukan n suku pertama
dari suatu barisan
bilangan.
|
- Mengidentifikasi
pola,
barisan, dan
deret bilangan berdasarkan
ciri-cirinya.
|
Tertulis
(kuis
individu )
|
Uraian
singkat.
|
1.Tentukan pola bilangan barisan berikut : 1,
4, 9, 16, 25,.
2. Carilah tiga suku pertama pada setiap barisan berikut
ini, jika diketahui rumus suku ke – n sebagai berikut : = 4n
+ 3
3. Hitunglah nilai n jika,
= 3n
+ 5 = 95
|
4
|
Sumber:
- Buku
paket Matematika
Program Keahlian Teknologi, Kesehatan,
dan Pertanian
untuk SMK dan MAK
Kelas XI hal.86
- Buku
referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
- Notasi
sigma.
|
- Menuliskan jumlah dari suku-suku
barisan bilangan dengan notasi
sigma.
- Menggunakan sifat-sifat notasi sigma untuk menyederhanakan
suatu
deret.
|
- Menggunakan notasi sigma untuk menyederhanakan
suatu
deret.
|
. Tertulis
(kuis individu )
|
Uraian
singkat.
.
|
Tentukan hasil penjumlahan berikut:
|
4
|
Sumber:
- Buku
paket hal.
86-88.
- Buku
referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
- Pola dan
barisan bilangan.
- Notasi
sigma.
|
- Melakukan ulangan berisi
materi yang berkaitan
dengan pola dan
barisan bilanganserta
notasi sigma.
|
- Mengerjakan soal
dengan baik berkaitan dengan materi
mengenai pola
dan barisan bilangan serta
notasi sigma.
|
Tertulis
(kuis individu )
|
Uraian
singkat.
|
.
Dengan menggunakan penjumlahan beruntun,
tunjukkan bahwa = 2.
|
2
|
||
9.2 Menerapkan konsep
barisan dan
deret aritmetika.
|
- Barisan aritmetika.
|
- Mengenal bentuk barisan
aritmetika.
- Memahami arti suku
dan selisih
(beda) dari suatu barisan
aritmetika.
- Menentukan n suku pertama
barisan aritmetika.
- Menentukan
rumus suku ke-n dari suatu
barisan aritmetika.
|
- Menentukan n
suku pertama barisan
aritmetika.
- Menentukan
beda, rumus suku ke-n, dan suku ke-n
dari suatu barisan
aritmetika.
|
Tugas individu.
|
Uraian
singkat.
|
1.Suku pertama dari suatu barisan aritmatika
sama dengan 2, sedangkan suku ke – 10 sama dengan 29.
1.
Carilah beda
dari barisan aritmatika itu
2.
Carilah suku
ke – 25
3.
Suku
keberapakah yang nilainya sama dengan 101?
2. Hitunglah jumlah semua bilangan asli antara 5 dan 100
yang habis dibagi 7
3. Suatu
perusahaan pada tahun pertama
memproduksi 5000 unit barang. Pada tahun-tahun berikutnya produksi turun
secara bertahap sebesar 80 unit per tahun. Pada tahun ke- berapa perusahaan
tersebut memproduksi 3000 unit barang?
|
4
|
Sumber:
- Buku
paket hal.
88-90.
- Buku
referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
- Deret
aritmetika (deret hitung).
|
- Mengenal bentuk deret
aritmetika.
- Menentukan jumlah n suku pertama dari deret
aritmetika.
|
- Menentukan
jumlah n suku pertama
dari deret
aritmetika.
|
. Tertulis
(kuis individu )
|
Uraian
singkat.
|
Hitunglah jumlah dari deret 5 + 7 + 9 + …. + 61
|
4
|
Sumber:
- Buku
paket hal.
90-92.
- Buku
referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
9.3. Menerapkan
konsep barisan dan
deret geometri.
|
- Barisan
geometri.
|
- Mengenal bentuk barisan
geometri.
- Memahami
arti
suku dan rasio dari suatu barisan
geometri.
- Menentukan n
suku pertama barisan
geometri.
- Menentukan rumus
suku ke-n dari
suatu
barisan geometri.
|
- Menentukan n
suku pertama barisan
geometri.
- Menentukan
rasio,
rumus suku ke-n, dan suku ke-n
dari suatu barisan
geometri.
|
Tertulis
(kuis individu )
|
Uraian
singkat.
|
.Suku pertama dari suatu barisan geometri
sama dengan 128, sedangkan suku ke – 4 sama dengan 16,
1.
Carilah rasio barisan geometri tersebut
2.
Carilah suku ke – 6
3.
Suku
keberapakah yang nilainya sama
dengan 1?
|
4
|
Sumber:
- Buku
paket hal.
93-95.
- Buku
referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
-
Deret geometri
(deret
ukur).
|
- Mengenal bentuk deret
geometri.
|
- Menentukan jumlah n
suku
pertama dari
deret
|
Tertulis
(kuis
individu )
|
Uraian
obyektif.
|
Suatu
deret geometri dinyatatakan sebagai berikut:
2+21+22+……+2n
= 510
Carilah
niali n!
|
4
|
Sumber:
- Buku
paket hal.
|
- Deret geometri tak hingga
|
- Mengenal
arti (bentuk) deret
geometri tak hingga.
- Menentukan
rumus jumlah dan kekonvergenan
deret geometri tak hingga.
|
-
Menentukan nilai limit n ® ¥ dan kekonvergenan
suatu
deret geometri
tak hingga.
|
. Tertulis
(kuis individu )
|
Uraian
singkat.
|
Tentukan nilai dari deret geometri : 36 +
12 + 6 + …
|
2
|
Sumber:
- Buku
paket hal.
98-99.
- Buku
referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( NAMA )
NIP.……………….
|
Bukittinggi,
Januari 2013
Guru Mata Pelajaran Matematika
( NAMA )
NIP. ……………………
|
Bukittinggi,………………………………… Mengetahui, Guru
Mata
Pelajaran
Matematika Kepala Sekolah
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar