Sabtu, 19 Januari 2013

SAMBUNGAN SILABUS SMK KELAS XI SEMESTER I (KELOMPOK 6 )



Silabus

Nama Sekolah   :         SMK
Mata Pelajaran  :         MATEMATIKA
Kelas / Program :         XI / TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN Semester        :                   GANJIL

Sandar Kompetensi: 9. Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.




Kompetensi Dasar


Materi Ajar

Kegiatan
Pembelajaran


Indikator
Penilaian

Alokasi Waktu (TM)

Sumber / Bahan / Alat

Teknik
Bentuk
Instrumen

Contoh Instrumen

9.1    Mengidentifikasi pola, barisan,
dan deret bilangan.

-      Pola dan barisan bilangan.

-   Mengetahui pola bilangan.
-   Mengenal arti
(bentuk) barisan bilangan dan deret.
-   Menentukan n suku pertama dari suatu barisan bilangan.

-  Mengidentifikasi pola, barisan, dan deret bilangan berdasarkan ciri-cirinya.

Tertulis
(kuis individu )

Uraian singkat.







1.Tentukan pola bilangan barisan berikut : 1, 4, 9, 16, 25,.
2. Carilah tiga suku pertama pada setiap barisan berikut ini, jika diketahui rumus suku ke – n sebagai berikut :  = 4n + 3
3. Hitunglah nilai n jika,
 = 3n + 5 = 95


4

Sumber:
-     Buku paket Matematika Program Keahlian Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian untuk SMK dan MAK Kelas XI hal.86
-     Buku referensi lain.

Alat:
-    Laptop
-    LCD
-      OHP


-  Notasi sigma.

-      Menuliskan jumlah dari suku-suku barisan bilangan dengan notasi sigma.
-     Menggunakan sifat-sifat notasi sigma untuk menyederhanakan suatu deret.

-   Menggunakan notasi sigma untuk menyederhanakan suatu deret.

. Tertulis
(kuis  individu )

Uraian singkat.





.

Tentukan hasil penjumlahan berikut:

4

Sumber:
-      Buku paket hal.
86-88.
-     Buku referensi lain.

Alat:
-    Laptop
-    LCD
-      OHP






-   Pola dan barisan bilangan.
-  Notasi sigma.

-  Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan pola dan barisan bilanganserta notasi sigma.

-  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai pola dan barisan bilangan serta notasi sigma.

 Tertulis
(kuis individu )

Uraian singkat.
.
Dengan menggunakan penjumlahan beruntun, tunjukkan bahwa = 2.


2


9.2    Menerapkan konsep barisan dan deret aritmetika.

-    Barisan aritmetika.

-    Mengenal bentuk barisan aritmetika.
-    Memahami arti suku dan selisih (beda) dari suatu barisan aritmetika.
-    Menentukan n suku pertama barisan aritmetika.
-    Menentukan rumus suku ke-n dari suatu barisan aritmetika.

-     Menentukan n suku pertama barisan aritmetika.
-    Menentukan beda, rumus suku ke-n, dan suku ke-n dari suatu barisan aritmetika.

Tugas individu.

Uraian singkat.

1.Suku pertama dari suatu barisan aritmatika sama dengan 2, sedangkan suku ke – 10 sama dengan 29.
1.        Carilah beda dari barisan aritmatika itu
2.        Carilah suku ke – 25
3.        Suku keberapakah yang nilainya sama dengan 101?
2. Hitunglah jumlah semua bilangan asli antara 5 dan 100 yang habis dibagi 7
3. Suatu perusahaan  pada tahun pertama memproduksi 5000 unit barang. Pada tahun-tahun berikutnya produksi turun secara bertahap sebesar 80 unit per tahun. Pada tahun ke- berapa perusahaan tersebut memproduksi 3000 unit barang?


4

Sumber:
-      Buku paket hal.
88-90.
-     Buku referensi lain.

Alat:
-    Laptop
-    LCD
-      OHP







-    Deret aritmetika (deret hitung).

-   Mengenal bentuk deret aritmetika.
- Menentukan jumlah n suku pertama dari deret aritmetika.

-    Menentukan jumlah n suku pertama dari deret aritmetika.
. Tertulis
(kuis individu )

Uraian singkat.

Hitunglah jumlah dari deret 5 + 7 + 9 + …. + 61



4

Sumber:
-      Buku paket hal.
90-92.
-     Buku referensi lain.

Alat:
-    Laptop
-    LCD
-      OHP

9.3. Menerapkan konsep barisan dan deret geometri.

-  Barisan geometri.

-    Mengenal bentuk barisan geometri.
-    Memahami arti suku dan rasio dari suatu barisan geometri.
-    Menentukan n suku pertama barisan geometri.
-    Menentukan rumus suku ke-n dari suatu barisan geometri.

-     Menentukan n suku pertama barisan geometri.
-    Menentukan rasio, rumus suku ke-n, dan suku ke-n dari suatu barisan geometri.

Tertulis
(kuis individu )

Uraian singkat.

.Suku pertama dari suatu barisan geometri sama dengan 128, sedangkan suku ke – 4 sama dengan 16,
1.        Carilah rasio barisan geometri tersebut
2.        Carilah suku ke – 6
3.        Suku keberapakah yang nilainya sama dengan 1?

4

Sumber:
-      Buku paket hal.
93-95.
-     Buku referensi lain.

Alat:
-    Laptop
-    LCD
-      OHP

-  Deret geometri
(deret ukur).

-   Mengenal bentuk deret geometri.

-  Menentukan jumlah n
suku pertama dari deret

Tertulis
(kuis individu )

Uraian obyektif.

Suatu deret geometri dinyatatakan sebagai berikut:
2+21+22+……+2n = 510
Carilah niali n!

4

Sumber:
-      Buku paket hal.






-  Deret geometri tak hingga

-  Mengenal arti (bentuk) deret geometri tak hingga.
-   Menentukan rumus jumlah  dan kekonvergenan deret geometri tak hingga.

-  Menentukan nilai limit n ® ¥  dan kekonvergenan suatu deret geometri tak hingga.

. Tertulis
(kuis individu )

Uraian singkat.

Tentukan nilai dari deret geometri : 36 + 12 + 6 + …



2

Sumber:
-      Buku paket hal.
98-99.
-     Buku referensi lain.

Alat:
-    Laptop
-    LCD
-      OHP





Mengetahui

Kepala Sekolah




( NAMA )
NIP.……………….

Bukittinggi,      Januari 2013

Guru Mata Pelajaran Matematika





( NAMA )
NIP. ……………………






Bukittinggi,……………………………… Mengetahui,                                                                                                                                             Guru Mata Pelajaran Matematika Kepala Sekolah




NIP.                                                                                                                                                                                                                                         NIP.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar