RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I.
IDENTITAS
Satuan
Pendidikan : SMK
Kelas : XI/Program Keahlian Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian/ 1
Semester : 3 (tiga)
Mata Pelajaran : Matematika
Alokasi waktu : 10 tatap muka ( 5 kali pertemuan)
II.
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Standar
kompetensi
|
Kompetensi
dasar
|
§ Menerapkan
konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.
|
§ Menerapkan konsep barisan dan deret geometri.
|
III.
INDIKATOR DAN
TUJUAN PEMBELAJARAN
Indikator
Pencapaian Pencapaian
|
Tujuan
Pembelajaran
|
§ Menentukan n suku pertama barisan geometri.
§ Menentukan
rasio, rumus suku ke-n, dan suku ke-n dari suatu barisan
geometri.
§ Menentukan jumlah n suku pertama dari deret
aritmetika.
§ Menentukan
nilai limit dan kekonvergenan suatu deret geometri tak hingga.
|
§ Peserta didik dapat menentukan n suku pertama
barisan geometri.
§ Peserta didik
dapat menentukan rasio, rumus suku ke-n, dan suku ke-n dari
suatu barisan geometri.
§ Peserta didik dapat menentukan jumlah n suku
pertama dari deret geometri.
§ Peserta
didik dapat menentukan nilai limit dan kekonvergenan suatu deret geometri tak
hingga.
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
1.
Disiplin
( Discipline )
2.
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
3.
Tekun
( diligence )
4.
Tanggung
jawab ( responsibility)
IV.
METODE
PEMBELAJARAN
Model pembelajaran : kooperatif tipe STAD
Metode pembelajaran : diskusi, tanya jawab, penugasan
V.
Sumber/Bahan
Pembelajaran
a.
Sumber :
·
Matematika
Program keahlian Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian untuk SMK dan MAK kelas
XI. Penerbit Erlangga, KTSP 2006 Standar Isi.
b.
Alat dan Bahan
§ Papan dan spidol
Pertemuan I dan II
·
Pertemuan
1 : 2 x 45’
·
Pertemuan
II : 2 x 45’
VI.
MATERI AJAR
JENIS
|
MATERI
|
|||||||||||||||||||
KONSEP
|
Pada setiap barisan di atas, tampak bahwa perbandingan
dua suku berurutan selalu tetap.
Barisan bilangan yang mempunyai ciri seperti itu disebut Barisan Geometri, dan perbandingan dua suku berurutan itu disebut
rasio yang biasa dilambangkan dengan huruf r.
Penjumlahan suku-suku dari barisan geometri yang
berurutan disebut deret geometri.
|
|||||||||||||||||||
PRINSIP
|
Suku ke – n
barisan geometri
Secara umum barisan geometri didefinisikan
sebagai berikut:
, , , ……………, disebut barisan geometri untuk n bilangan asli dan n 1 dan berlaku : r = dengan :
= suku
pertama
= suku kedua
= suku
ketiga
.
.
= suku ke -
n
Dari
bentuk umum barisan geometri , , , . . .,
= a
= .r = ar
= .r = ar.r = a
= .r = a.r = a
.
.
.
= a
Jadi pola bilangan barisan aritmatika
adalah
, ,
,
,
. . . . . . . . .
a,
ar, a, a, . . . .. . . . . . a
Jadi rumus suku ke – n dari barisan
geometri adalah
Dengan :
n = banyak suku, n bilangan asli
a = suku pertama
r = rasio atau perbendingan
= suku ke – n
Rumus jumlah n suku pertama deret geometri dapat dicari dengan
menggunakan cara yang ditemukan oleh matematikawan Carl Friederich Gauss
berikut:
Dengan demikian,jumlah n suku pertama
dari deret geometri dapat ditentukan oleh rumus sebagai berikut:
1.
Untuk r ≠ 1 sdan r >1 berlaku
2.
Untuk r ≠ 1 sdan r < 1 berlaku
|
|||||||||||||||||||
FAKTA
|
1.
Tentukan suku
pertama dan rasio dari barisan geometri berikut :
a. 1,
2, 4, 8, . . . . . .
b. 2, 6, 18, 54, . . . .
Jawab :
Suku pertama dan rasio dari barisan geometri berikut :
a. 1, 2, 4, 8, . . . . . .
Jawab : suku pertama
: a = 1 dan rasio : r
= = 2
II.
b. 2, 6, 18, 54, . .
. . .
Jawab : suku pertama : a = 2 dan
rasio : r = = 3
2.
Tentukan
rumus suku ke – n dan suku ke – 7 pada barisan geometri : 1, 2, 4, 8, . .
Jawab :
a = 1
dan r = 2
Rumus suku ke – n
: = a
= 1.
=
Suku ke – 7 : =
=
= 64
3.
Diketahui
barisan geometri dengan suku pertama a = 1 dan = 64. Tentukan suku ke – 10 barisan itu.
Jawab :
= =
= 64
=
r =
2
Suku ke – 10 = = a.
·
Untuk
r = 2 = 1. = 512
·
Untuk
r = -2 = 1. = - 512
|
VIII. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Waktu
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
Kegiatan awal
1.
Pendidik
mengarahkan peserta didik untuk berdo’a (Religius)
2.
Pendidik
memperhatikan kehadiran peserta didik (Kepedulian Sosial)
3.
Pendidik melakukan tanya jawab dengan siswa untuk mengetahui sejauh
mana materi yang dipelajari telah diketahui oleh pendidik
4.
Apersepsi
Guru
mengingatkan kembali tentang materi pelajaran sebelumnya.
5.
Motivasi
Pendidik
menginformasikan tujuan pembelajaran (rasa
ingin tahu)
6.
Pendidik menginformasikan cara
pembelajaran yang akan ditempuh (Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran
koperatif tipe STAD)
Kegiatan inti
1.
Eksplorasi
§ Pendidik menyampaikan materi pembelajaran mengenai barisan
geometri.
§ Pendidik memberikan tes awal setelah menyampaikan materi
pembelajaran mengenai penerapan konsep barisan geometri untuk mendapatkan
skor awal sesuai dalam tahapan dalam model pembelajaran tipe STAD.
2.
Elaborasi
§ Pendidik membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang
terdiri dari 4 sampai dengan 5 peserta didik yang kemampuan akademiknya
terdiri dari yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah
§ Pendidik membagikan bahan-bahan diskusi kelompok pada setiap
kelompok untuk dikerjakan anggota setiap kelompok tentang materi pembelajaran
yang sudah diberikan guru untuk didiskusikan bersama-sama, dan saling
bantu-membantu antar anggota lain dalam kelompoknya, sedangkan guru
memotivasi, memfasilitasi kerja siswa, membantu siswa yang mengalami
kesulitan, dan mengamati kerjasama tiap anggota dalam kelompok belajar.
§ Pendidik menunjuk peserta didik untuk memepresentasikan hasil
diskusi kelompok dan pendidik bertindak sebagai fasilitator.
3.
Konfirmasi
§ Pendidik memberikan kuis kepada setiap peserta didik secara
individual.
§ Pendidik memberikan penghargaan kepada kelompok melalui nilai
penghargaan berdasarkan perolehan nilai peningkatan individual dari nilai
dasar ke nilai berikutnya setelah mereka melalui kegiatan kelompok.
Kegiatan
penutup
§ Pendidik memberikan
refleksi dengan cara menunjuk pendidik secara acak untuk komunikasikan
pengalamannya selama diskusi kelompok dan selama menyelesaikan kuis secara
individual.
§ Pendidik memberikan pekerjaan rumah kepada peserta didik.
|
Kegiatan awal
1.
Peserta didik
berdo’a (Religius)
2.
Peserta didik
memberikan respon terhadap pendidik tentang kehadiran temanya (Kepedulian
Sosial)
3.
Peserta didik
menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pendidik
4.
Apersepsi
Peserta didik mengingat kembali tentang materi pelajaran
sebelumnya.(rasa
ingin tahu)
5.
Motivasi
Peserta
didik mendapat informasi tujuan pembelajaran (rasa ingin tahu)
6.
Peserta didik mendengarkan dan
memahami informasi yang diberikan
Kegiatan inti
1. Eksplorasi
§ Peserta didik mendengarkan, mencatat dan memahami materi diberikan oleh pendidik tentang barisan
geometri.
§ Peserta didik mengerjakan tes awal yang diberikan oleh pendidik
tentang barisan geometri.
2. Elaborasi
§ Peserta didik membentuk kelompok sesuai dengan yang dibagi oleh
pendidik
(Kerja sama,
Sportif, Bekerja Keras)
§ Peserta
didik mengerjakan bahan diskusi kelompok oleh setiap anggota kelompok dan
saling membantu dengan anggota kelompoknya
(Percaya diri, Kerja sama)
§ Peserta didik presentasikan hasil diskusi kelompok dan pendidik
bertindak sebagai fasilitator.
(Berani, Tanggung Jawab,
Demokratis)
3. Konfirmasi
§ Peserta mengerjakan kuis yang diberikan oleh pendidik
(Disipilin dan Tanggung Jawab)
§ Kelompok peserta ada mendapatkan
pengharagaan berdasarkan perolehan nilai yang diperolehnya
Kegiatan
penutup
§ Peserta didik yang ditunjuk mengomunikasikan pengalamanya selama
diskusi kelompok dan selama menyelesaikan kuis secara individual.
§ Peserta didik mengerjakan tugas rumah tugas dari pendidik.
(Kreatif,
Tanggung Jawab, Demokratif, Bekerja Keras)
|
15’
30’
25’
10’
10’
|
VII.
Penilaian
Teknik
Penilaian : Tertulis
( kuis individu )
Bentuk
Instrumen : Uraian
singkat
Contoh
Instrumen
No
|
Soal
|
Kunci
|
Skor
|
1.
|
Suku
pertama dari suatu barisan geometri sama dengan 128, sedangkan suku ke – 4
sama dengan 16,
a) Carilah rasio barisan geometri tersebut
b) Carilah suku ke – 6
c) Suku keberapakah yang nilainya sama dengan 1?
|
a)
Rasio
barisan geometri tersebut
a= 128….(i)
=16=a….(ii)
Persamaan (ii) dibagi persamaan (i)
diperoleh :
= =
= =
r
= (rasio = )
b) Suku
ke – 6
= a=128.
= 128.
= 4
(suku ke- 6 adalah 4)
c) Suku yang nilainya sama dengan 1?
= 1
a
= 1
128. = 1
=
=
n –
1 = 7
n = 8
Jadi, 1 adalah suku ke – 8
|
100
|
Pertemuan III dan IV
Pertemuan III : 2 x 45’
Pertemuan IV : 2 x 45’
VI. MATERI AJAR
JENIS
|
MATERI
|
|||||||||||
KONSEP
|
Suku ke – n
barisan geometri
Secara umum barisan geometri didefinisikan
sebagai berikut:
, , , ……………, disebut barisan geometri untuk n bilangan asli dan n 1 dan berlaku : r = dengan :
= suku
pertama
= suku kedua
= suku
ketiga
.
.
= suku ke -
n
Dari
bentuk umum barisan geometri , , , . . .,
= a
= .r = ar
= .r = ar.r = a
= .r = a.r = a
.
.
.
= a
Jadi pola bilangan barisan aritmatika adalah
, ,
,
,
. . . . . . . . .
a,
ar, a, a, . . . .. . . . . . a
Jadi rumus suku ke – n dari barisan
geometri adalah
Dengan :
n = banyak suku, n bilangan asli
a = suku pertama
r = rasio atau perbendingan
= suku ke – n
Rumus jumlah n suku pertama deret geometri dapat dicari dengan
menggunakan cara yang ditemukan oleh matematikawan Carl Friederich Gauss
berikut:
Dengan demikian,jumlah n suku pertama
dari deret geometri dapat ditentukan oleh rumus sebagai berikut:
§
Untuk r ≠ 1 sdan r >1 berlaku
§
Untuk r ≠ 1 sdan r < 1 berlaku
|
|||||||||||
FAKTA
|
Tentukan
suku pertama dan rasio dari barisan geometri berikut :
a. 1, 2, 4, 8, . .
. . . .
b. 2, 6, 18, 54, . . . .
Jawab :
Suku pertama dan rasio dari barisan geometri berikut :
a. 1, 2, 4, 8, . . . . . .
Jawab : suku pertama
: a = 1 dan rasio : r
= = 2
b.2, 6, 18, 54, . . . . .
Jawab : suku pertama : a = 2 dan
rasio : r = = 3
4.
Tentukan
rumus suku ke – n dan suku ke – 7 pada barisan geometri : 1, 2, 4, 8, . .
Jawab :
a = 1
dan r = 2
Rumus suku ke – n
: = a
= 1.
=
Suku ke – 7 : =
=
= 64
5.
Diketahui
barisan geometri dengan suku pertama a = 1 dan = 64. Tentukan suku ke – 10 barisan itu.
Jawab :
= =
= 64
=
r =
2
Suku ke – 10 = = a.
·
Untuk
r = 2 = 1. = 512
·
Untuk
r = -2 = 1. = - 512
4.Dari suatu deret geometri a = 7, r = 3 ,
Tentukan
banyak suku deret itu.
Jawab :
847
=
|
VIII.
Penilaian
Teknik
Penilaian : Tertulis
( kuis individu )
Bentuk
Instrumen : Uraian
singkat
Contoh Instrumen
NO
|
SOAL
|
PENYELESAIAN
|
SKOR
|
1.
|
Suatu deret geometri
dinyatatakan sebagai berikut:
2+21+22+……+2n
= 510
Carilah niali n!
|
Jawab
:
|
100
|
Pertemuan V
(2 x 45’)
VII. MATERI AJAR
JENIS
|
MATERI
|
KONSEP
|
Deret geometri dengan jumlah suku tak
hingga
Pada deret
geometri, untuk n = maka deret tersebut dikatakan deret geometri
tak berhingga. Jadi, Deret Geometri tak berhingga adalah penjumlahan dari
U1
+
U2
+U3 + ... Un
|
FAKTA
|
Tentukan
nilai dari deret geometri : 24 + 12 + 6 + …
Jawab :
a = U1 = 24
|
VIII.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Waktu
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
Kegiatan awal
1.Pendidik
mengarahkan peserta didik untuk berdo’a (Religius)
2.Pendidik
memperhatikan kehadiran peserta didik (Kepedulian Sosial)
3.Pendidik melakukan tanya jawab dengan
siswa untuk mengetahui sejauh mana materi yang dipelajari telah diketahui
oleh pendidik
4.Apersepsi
Guru
mengingatkan kembali tentang materi pelajaran sebelumnya.
6.Motivasi
Pendidik
menginformasikan tujuan pembelajaran (rasa
ingin tahu)
7.Pendidik
menginformasikan cara pembelajaran
yang akan ditempuh (Pendekatan
pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran koperatif tipe STAD)
Kegiatan inti
4.
Eksplorasi
§ Pendidik menyampaikan materi pembelajaran mengenai deret geometri
tak hingga.
§ Pendidik memberikan tes awal setelah menyampaikan materi
pembelajaran mengenai deret geometri tak hingga untuk mendapatkan skor awal
sesuai dalam tahapan dalam model pembelajaran tipe STAD.
5.
Elaborasi
§ Pendidik membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang
terdiri dari 4 sampai dengan 5 peserta didik yang kemampuan akademiknya
terdiri dari yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah
§ Pendidik membagikan bahan-bahan diskusi kelompok pada setiap
kelompok untuk dikerjakan anggota setiap kelompok tentang materi pembelajaran
yang sudah diberikan guru untuk didiskusikan bersama-sama, dan saling
bantu-membantu antar anggota lain dalam kelompoknya, sedangkan guru
memotivasi, memfasilitasi kerja siswa, membantu siswa yang mengalami kesulitan,
dan mengamati kerjasama tiap anggota dalam kelompok belajar.
§ Pendidik menunjuk peserta didik untuk memepresentasikan hasil
diskusi kelompok dan pendidik bertindak sebagai fasilitator.
6.
Konfirmasi
§ Pendidik memberikan kuis kepada setiap peserta didik secara
individual.
§ Pendidik memberikan penghargaan kepada kelompok melalui nilai
penghargaan berdasarkan perolehan nilai peningkatan individual dari nilai
dasar ke nilai berikutnya setelah mereka melalui kegiatan kelompok.
Kegiatan
penutup
§ Pendidik memberikan
refleksi dengan cara menunjuk pendidik secara acak untuk komunikasikan
pengalamannya selama diskusi kelompok dan selama menyelesaikan kuis secara
individual.
§ Pendidik memberikan pekerjaan rumah kepada peserta didik.
|
Kegiatan awal
1.Peserta
didik berdo’a (Religius)
2.Peserta
didik memberikan respon terhadap pendidik tentang kehadiran temanya (Kepedulian
Sosial)
3.Peserta
didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pendidik
4.Apersepsi
Peserta didik
mengingat kembali tentang materi pelajaran sebelumnya.(rasa ingin tahu)
6.Motivasi
Peserta
didik mendapat informasi tujuan pembelajaran (rasa ingin tahu)
7.
Peserta didik mendengarkan dan
memahami informasi yang diberikan
Kegiatan inti
1. Eksplorasi
§ Peserta didik mendengarkan, mencatat dan memahami materi diberikan oleh pendidik tentang deret
geometri tak hingga.
§ Peserta didik mengerjakan tes awal yang diberikan oleh pendidik
tentang deret geometri tak hingga.
2. Elaborasi
§ Peserta didik membentuk kelompok sesuai dengan yang dibagi oleh
pendidik
(Kerja sama,
Sportif, Bekerja Keras)
§ Peserta
didik mengerjakan bahan diskusi kelompok oleh setiap anggota kelompok dan
saling membantu dengan anggota kelompoknya
(Percaya diri, Kerja sama)
§ Peserta didik presentasikan hasil diskusi kelompok dan pendidik
bertindak sebagai fasilitator.
(Berani, Tanggung Jawab,
Demokratis)
3. Konfirmasi
§ Peserta mengerjakan kuis yang diberikan oleh pendidik
(Disipilin dan Tanggung Jawab)
§ Kelompok peserta ada mendapatkan
pengharagaan berdasarkan perolehan nilai yang diperolehnya
Kegiatan
penutup
§ Peserta didik yang ditunjuk mengomunikasikan pengalamanya selama
diskusi kelompok dan selama menyelesaikan kuis secara individual.
§ Peserta didik mengerjakan tugas rumah tugas dari pendidik.
(Kreatif,
Tanggung Jawab, Demokratif, Bekerja Keras)
|
15’
30’
25’
10’
10’
|
IX.
Penilaian
Teknik
Penilaian : Tertulis
( kuis individu )
Bentuk
Instrumen : Uraian
singkat
Contoh
Instrumen
SOAL
|
PENYELESAIAN
|
SKOR
|
Tentukan
nilai dari deret geometri : 36 + 12 + 6 + …
|
Jawab
:
a = U1 = 36
|
100
|
Mengetahui, 02 januari 2013 Bukittinggi,
2 januari
Kepala Sekolah Pendidik
MataPelajara
Nama Nama
NIP NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar