Sabtu, 19 Januari 2013

RPP SMK KELAS XI SEMESTER I SK I - KD 5 (FITRI RAHMI )



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

I.                   Identitas
       Satuan Pendidikan           : SMK
       Mata Pelajaran                 : MATEMATIKA
       Kelas / Semester               : XI  (Sebelas)/ I ( Satu )
       Jumlah Pertemuan            : 7 x Pertemuan

Standar Kompetensi  : 7. Menerapkan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar        : 7.4. Menerapkan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut
Indikator                      :  1. Menggunakan rumus cosinus jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah
2.    Menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah
3.    Menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah.
4.    Menggunakan rumus sudut rangkap
5.    Menggunakan rumus sudut tengahan.
6.    Mengerjaan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengeni rumus cos(α±β), sin (α±β), tan (α±β), dan juga untuk sudut rangkap dan sudut tengahan
Tujuan Pembelajaran    :
a.       Siswa dapat menggunakan rumus cosinus jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah
b.      Siswa dapat Menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah
c.       Siswa mampu menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah
d.      Siswa mampu menggunakan rumus sudut rangkap
e.       Siswa menggunakan rumus sudut tengahan.
f.       Siswa mampu mengerjaan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengeni rumus cos(α±β), sin (α±β), tan (α±β), dan juga untuk sudut rangkap dan sudut tengahan
                                                                                                               
II.                MATERI AJAR
A.    Konsep
1.    Rumus Cosinus Jumlah dan Selisih Dua Sudut
Perhatikanlah gambar di samping. Dari lingkaran yang berpusat di O(0, 0) dan berjari-jari 1 satuan misalnya,
http://2.bp.blogspot.com/-Jq5qNW_IWwY/UHJTWsh8xWI/AAAAAAAAAKc/1sdfnlYFAj4/s1600/tri1.png
Dengan mengingat kembali tentang koordinat Cartesius, maka:
a. koordinat titik A (1, 0)
b. koordinat titik B (cos A, sin A)     
c. koordinat titik C {cos (A + B), sin (A + B)}
d. koordinat titik D {cos (–B), sin (–B)} atau (cos B, –sin B)

AC = BD maka AC2 + DB2

 
       
                
                            

Rumus cosinus jumlah dua sudut:

Dengan cara yang sama, maka:
 
 
 

 

2.    Rumus Sinus Jumlah dan Selisih Dua Sudut
                                                                               
 
                                  
          
            Rumus sinus jumlah dua sudut :
           
Rumus sinus selisih dua sudut:
 

3.   Rumus Tangen Jumlah dan Selisih Dua Sudut
Rumus tangen jumlah dua sudut:
           

           

4.   Rumus Sudut Rangkap
            Rumus sin 2π
            Dengan menggunakan rumus trigonometri penjumlahan dua sudut diperoleh :
           
                       
                       
           
            Rumus cos 2a
            Dengan menggunakan rumus trigonometri penjumlahan dua sudut diperoleh :
 
             
 
Karena cos2a = 1 – sin2a, maka :
 
             
Karena sin2a = 1 – cos2a, maka :
 
             
Rumus tan 2a
Dengan menggunakan rumus trigonometri penjumlahan dua sudut diperoleh :
 
              
  
Dari rumus trigonometri sudut rangkap dapat dikembangkan menjadi rumus trigonometri untuk setengan sudut, antara lain sebagai berikut :
Sedangkan dari rumus trigonometri untuk jumlah dan selisih dua sudut dapat dikembangkan menjadi rumus trigonometri dalam perkalian :
Atau sebaliknya dari rumus trigonometri bentuk perklian dikonversi ke bentuk penjumlahan :

B.     Fakta
1) Jika Sin a =  dan Cos b =  dengan a dan b sudut lancip, hitunglah :
   a.  Sin (a + b)
   b.  Cos (a + b)
   c.  Tg  (a + b)

Jawab:
Sin a =  ; Cos a =  ; Tg a =
Cos b =  ; Sin b =  ; Tg b =
a.  Sin (a + b) = Sin a . Cos b + Cos a . Sin b
                   = . + . =
b.  Cos (a + b) = Cos a . Cos b - Sin a . Sin b
                    = . - . =
c.  Tg  (a + b) =
                   =  =

2) Nyatakan Sin 3a ke dalam Sin a !
Jawab:
Sin 3a = Sin (2a + a)
       = Sin 2a . Cos a + Cos 2a . Sin a
       = 2.Sin a . Cos a . Cos a + (Cos2a - Sin2a) .Sin a
       = 2.Sin a . Cos2a + Sin a. Cos2a - Sin3a
       = 3. Sin a . Cos2a - Sin3a
       = 3. Sin a  (1 – Sin2 a) - Sin3a
       = 3. Sin a   - 3. Sin3a - Sin3a
       = 3. Sin a   - 4 Sin3a

3) Tanpa menggunakan tabel, hitunglah nilai Cos 75° !
Jawab:
Cos 75° = Cos (45° + 30°)
         = Cos 45° . Cos 30° - Sin 45° . Sin 30°
         = . - .
         =
         =

4) Dengan menggunakan Sin 60o = , buktikan bahwa Sin 180o = 0 !
Jawab:
Sin 180o = Sin (3 . 60o)
Berdasarkan hasil contoh 1
Sin 180o = 3. Sin 60o – 4 . Sin360o
          = 3 ( ) – 4 ( )3

III.             Sumber Pembelajaran
a.       Matematika Program keahlian Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian untuk SMK dan MAK kelas XI. Penerbit Erlangga, KTSP 2006 Standar Isi
b.      Matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / Madrasah Aliyah Kejuruan (MAN) kelompok teknologo, kesehatan dan pertanian kelas XI, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Buku Sekolah Elektronik.
c.       Buku paket
d.      Sumber lain yang relevan

IV.   Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
KEGIATAN GURU
KEGIATAN SISWA
Waktu
Kegiatan Awal
Apersepsi
·         Mengucapkan salam dan kemudian meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa. (religius)
·         Mengapsen kehadiran peserta didik. (Kepedulian)
Motivasi
v  Menginformasikan SK dan KD, indikator pencapaian dan tujuan pembelajaran pada siswa. (Komunikatif)
v  Membahas hasil ulangan harian
( menghargai prestasi)

Apersepsi
·         Siswa menjawab salam guru dan membaca doa. (Religius)
·         Siswa menjawab saat di cek kehadirannya.(Percaya diri)

Motivasi
v  Siswa mendengarkan penjelasan dari guru ( percaya diri )
v  Siswa melakukan penganalisaan terhadap hasil ulangan harian. ( rasa ingin tahu)









10 menit
Kegiatan inti
Eksplorasi
1.      Guru menayakan kepada siswa tentang pengetahuan awal tentang rumus cosinus jumlah dan selisih dua sudut
Guru meminta siswa mencari informasi dari modul atau buku yang dimiliki siswa tentang rumus cosinus jumlah dan selisih dua sudut (Komunikatif)
2.      Guru meminta siswa untuk menyampaikan pendapatnya (Komunikatif)

Eksplorasi
1.      siswa coba menjawab tentang rumus cosinus jumlah dan selisih dua sudut

Siswa mencari informasi dari modul atau buku yang dimiliki siswa tentang rumus cosinus jumlah dan selisih dua sudut.(Ingin tahu, Kerja keras, Kreatif)
2.      Siswa menyampaikan pendapatnya (percaya diri)




15 menit
Elaborasi
1.      Guru meminta siswa secara berpasangan mengerjakan mengerjakan soal yang ada pada buku pegangan. (Komunikatif)

2.      Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. (Komunikatif)

3.      Guru mengambil secara acak wakil dari pasangan untuk mempresentasikan jawaban. (Komunikatif dan penghargaan prestasi)
Elaborasi
1.      Siswa secara berpasangan mengerjakan soal yang ada pada buku pegangan. (Komunikatif,ingin tahu,dan kerja keras)
2.      siswa diawasi dan diberi arahan sewaktu jalannya diskusi jika mengalami kesulitan. (Komunikatif)
3.      Siswa yang diambil secara acak wakil dari pasangan untuk mempresentasikan jawaban dan siswa yang lain menanggapi. (Komunikatif dan percaya diri)









35 menit
Komfirmasi
Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi
Komfirmasi
Mendengarkan dan memperhatikan guru

15 menit
Keiatan penutup
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman. (Komunikatif)
·         Guru membimbing siswa untuk melakukan refleksi dan menbimbing siswa menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang dijelaskan.
·         Memberikan kuis untuk mengetahui pemahaman siswa

·         Siswa membuat kesimpulan dari meteri yang dipelajari. (Komunikatif,tanggung jawab)
·         Siswa melakukan refleksi dan menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang telah dipelajari
·         Siswa melakukan kuis




15 menit
Metode Pembelajaran
a.   Model : Think Pare and Share
b.      Metode : Tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas

Pertemuan kedua

KEGIATAN GURU
KEGIATAN SISWA
Waktu
Kegiatan Awal
Apersepsi
·         Mengucapkan salam dan kemudian meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa. (religius)
·         Mengapsen kehadiran peserta didik. (Kepedulian)

Motivasi
v  Menginformasikan SK dan KD, indikator pencapaian dan tujuan pembelajaran pada siswa. (Komunikatif)
v  Membahas PR yang sulit.
( menghargai prestasi)

Apersepsi
·         Siswa menjawab salam guru dan membaca doa. (Religius)
·         Siswa menjawab saat di cek kehadirannya.(Percaya diri)


Motivasi
v  Siswa mendengarkan penjelasan dari guru ( percaya diri )
v  Siswa melakukan penganalisaan terhadap PR yang dibuat tentang materi sebelumnya. ( rasa ingin tahu)









10 menit
Eksplorasi
Guru memberikan informasi tentang cara menyelesaikan masalah (soal) yang berkaitan dengan mengenai rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut (komunikatif)
Eksplorasi
Siswa memahami penjelasan dari guru mengenai cara menyelesaikan masalah (soal) yang berkaitan dengan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut
(rasa ingin tahu)
15 Menit
Elaborasi
·         Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa, setiap kelompok mendapat nomor
(komunikatif)
·         Guru memberi tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya (fasilitator, komunikatif)
·         Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan pada siswa yang mengalami kesulitan.(fasilitator, komunikatif)



·         Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka.
(komunikatif)
·         Guru meminta tanggapan dari kelompok atau siswa yang lain dengan nomor yang dipanggil guru (komunikatif)

Elaborasi
·         Siswa dibagi menjadi 7 kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa
·         Masing-masing kelompok mengerjakan soal yang diberikan (kerja keras, rasa ingin tahu)
·         Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan setiap anggota kelompok dapat mengerjakan atau mengetahui jawabannya
(kerjasama, diskusi, rasa ingin yahu, kreatif)
·         Siswa melaporkan hasil kerjasama mereka dalam kelompok
(tanggung jawab, komunikatif)
·         Siswa memberikan tanggapannya
(tanggung jawab, komunikatif)



40 menit
Komfirmasi
·         Guru memberi penegasan terhadap hasil diskusi (fasilitator)
·         Guru membimbing siswa untuk melakukan refleksi dan menbimbing siswa menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang dijelaskan (komunikatif)
Komfirmasi
Siswa melakukan refleksi dan menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang telah dipelajari (rasa ingin tahu)
10 menit
Keiatan penutup
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman. (Komunikatif)
·         Guru membimbing siswa untuk melakukan refleksi dan menbimbing siswa menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang dijelaskan.
·         Memberikan kuis untuk mengetahui pemahaman siswa

·         Siswa membuat kesimpulan dari meteri yang dipelajari. (Komunikatif,tanggung jawab)
·         Siswa melakukan refleksi dan menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang telah dipelajari
·         Siswa melakukan kuis




15 menit

Metode Pembelajaran
a.    Model : Number Head Together (NHT )
b.      Metode : Tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas

Pertemuan ketiga

KEGIATAN GURU
KEGIATAN SISWA
Waktu
Kegiatan Awal
Apersepsi
·         Mengucapkan salam dan kemudian meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa. (religius)
·         Mengapsen kehadiran peserta didik. (Kepedulian)

Motivasi
v  Menginformasikan SK dan KD, indikator pencapaian dan tujuan pembelajaran pada siswa. (Komunikatif)
v  Membahas PR yang sulit.
( menghargai prestasi)

Apersepsi
·         Siswa menjawab salam guru dan membaca doa. (Religius)
·         Siswa menjawab saat di cek kehadirannya.(Percaya diri)


Motivasi
v  Siswa mendengarkan penjelasan dari guru ( percaya diri )
v  Siswa melakukan penganalisaan terhadap PR yang dibuat tentang materi sebelumnya. ( rasa ingin tahu)









10 menit
Eksplorasi
Guru memberikan informasi tentang cara menyelesaikan masalah (soal) yang berkaitan dengan mengenai rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut (komunikatif)
Eksplorasi
Siswa memahami penjelasan dari guru mengenai cara menyelesaikan masalah (soal) yang berkaitan dengan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut
(rasa ingin tahu)
15 Menit
Elaborasi
·         Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa, setiap kelompok mendapat nomor
(komunikatif)
·         Guru memberi tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya (fasilitator, komunikatif)
·         Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan pada siswa yang mengalami kesulitan.(fasilitator, komunikatif)
·         Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka.
(komunikatif)
·         Guru meminta tanggapan dari kelompok atau siswa yang lain dengan nomor yang dipanggil guru (komunikatif)

Elaborasi
·         Siswa dibagi menjadi 7 kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa
·         Masing-masing kelompok mengerjakan soal yang diberikan (kerja keras, rasa ingin tahu)
·         Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan setiap anggota kelompok dapat mengerjakan atau mengetahui jawabannya
(kerjasama, diskusi, rasa ingin yahu, kreatif)
·         Siswa melaporkan hasil kerjasama mereka dalam kelompok
(tanggung jawab, komunikatif)
·         Siswa memberikan tanggapannya
(tanggung jawab, komunikatif)



40 menit
Komfirmasi
·         Guru memberi penegasan terhadap hasil diskusi (fasilitator)
·         Guru membimbing siswa untuk melakukan refleksi dan menbimbing siswa menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang dijelaskan (komunikatif)
Komfirmasi
Siswa melakukan refleksi dan menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang telah dipelajari (rasa ingin tahu)
10 menit
Keiatan penutup
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman. (Komunikatif)
·         Guru membimbing siswa untuk melakukan refleksi dan menbimbing siswa menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang dijelaskan.
·         Memberikan kuis untuk mengetahui pemahaman siswa

·         Siswa membuat kesimpulan dari meteri yang dipelajari. (Komunikatif,tanggung jawab)
·         Siswa melakukan refleksi dan menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang telah dipelajari
·         Siswa melakukan kuis




15 menit

Metode Pembelajaran
c.    Model : Number Head Together (NHT )
d.      Metode : Tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas

Pertemuan Keempat
KEGIATAN GURU
KEGIATAN SISWA
Waktu
Kegiatan Awal
Apersepsi
·         Mengucapkan salam dan kemudian meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa. (religius)
·         Mengapsen kehadiran peserta didik. (Kepedulian)
Motivasi
·         Menginformasikan SK dan KD, indikator pencapaian dan tujuan pembelajaran pada siswa. (Komunikatif)
·         Membahas PR yang sulit ( menghargai prestasi)

Apersepsi
·         Siswa menjawab salam guru dan membaca doa. (Religius)
·         Siswa menjawab saat di cek kehadirannya.(Percaya diri)

Motivasi
· Siswa mendengarkan penjelasan dari guru ( percaya diri )
· Siswa melakukan penganalisaan terhadap PR yang dibuat tentang materi sebelumnya. ( rasa ingin tahu)







10 menit
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Guru memberikan informasi tentang cara menyelesaikan masalah (soal) yang berkaitan dengan mengenai rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut (komunikatif)

Eksplorasi
Siswa memahami penjelasan dari guru mengenai cara menyelesaikan masalah (soal) yang berkaitan dengan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut
(rasa ingin tahu)




15 menit
Elaborasi
1.      Guru membagi Siswa menjadi 7 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa, dan setiap siswa dalam kelompok mendapat nomor.
demokratis,komonikatif)
2.      Guru memberi tugas untuk kepada setiap siswa sesuai dengan nomornya masing-masing terhadap tugas yang berangkai, dengan :
No1 bertugas mencatat soal, no2 mengerjakan soal, no3 bertugas mencatat kesimpulan diskusi dan no4 melaporkan hasil pekerjaan  (demokratis,komonikatif)
3.      Guru menyuruh kerja sama antar kelompok, dan diminta keluar dari kelompok dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain, dalam kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu.  (demokratis,komonikatif)
4.      Siswa  kembali ke kelompok asal, untuk menjelaskan hasil diskusinya. (demokratis,komonikatif)
5.      Salah satu Kelompok melaporkan hasil, dan kelompok lain menanggapi komonikatif)

6.      Guru memberi penilaian dari hasil kerja kelompok ahli dan hasil kerja semua kelompok
   ( komonikatif dan penghargaan prestasi)
Elaborasi

1.      Siswa membuat kelompok.
( komunikatif )



2.      Siswa melakukan diskusi sesuai dengan petunjuk yang diberikan guru (kerja keras, keja sama,ingin tahu )




3.      Siswa melakukan kegitan sesuai dengan petunjuk guru. (ingin tahu)



4.      Siswa melakukan kegitan sesuai dengan petunjuk guru(kerja keras, keja sama,ingin tahu)
5.      Siswa melakukan kegitan sesuai dengan petunjuk guru(kerja keras, keja sama,ingin tahu)










40 menit
Komfirmasi
Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi. ( komonikatif)
Komfirmasi
Mendengarkan dan memperhatikan guru. ( komonikatif)
10 menit
Keiatan penutup
v  Guru membimbing siswa membuat rangkuman. ( komonikatif)
v  Guru membimbing siswa untuk melakukan refleksi dan menbimbing siswa menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang dijelaskan
v  Memberikan kuis untuk mengetahui pemahaman siswa

v  Siswa membuat kesimpulan dari meteri yang dipelajari. ( komonikatif)
v  Siswa melakukan refleksi dan menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang telah dipelajari
v  Siswa melakukan kuis




15 menit

Metode Pembelajaran
a.       Model : Kepala Bernomor Struktur
b.      Metode : Tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas

Pertemuan Kelima dan Keenam

KEGIATAN GURU
KEGIATAN SISWA
Waktu
Kegiatan Awal
Apersepsi
·         Mengucapkan salam dan kemudian meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa. (religius)
·         Mengapsen kehadiran peserta didik. (Kepedulian)
Motivasi
·         Menginformasikan SK dan KD, indikator pencapaian dan tujuan pembelajaran pada siswa. (Komunikatif)
·         Membahas PR yang sulit ( menghargai prestasi)

Apersepsi
·         Siswa menjawab salam guru dan membaca doa. (Religius)
·         Siswa menjawab saat di cek kehadirannya.(Percaya diri)

Motivasi
· Siswa mendengarkan penjelasan dari guru ( percaya diri )
· Siswa melakukan penganalisaan terhadap PR yang dibuat tentang materi sebelumnya. ( rasa ingin tahu)



10 menit
Eksplorasi
Guru memberikan informasi tentang cara menyelesaikan masalah (soal) yang berkaitan dengan sudut rangkap (komunikatif)
Eksplorasi
Siswa memahami penjelasan dari guru mengenai cara menyelesaikan masalah (soal) yang berkaitan dengan sudut rangkap (rasa ingin tahu)
15 Menit
Elaborasi
·         Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa ( kelompok awal ) (komunikatif)
·         Guru memberi 4 soal yang berbeda kepada masing-masing kelompok, anggota pertama mengerjakan tugas no 1, anggota kedua mengerjakan soal no 2, anggota ketiga mengerjakan soal no 3, dan anggota keempat mengerjakan soal no 4. (fasilitator, komunikatif)
·         Guru meminta anggota yang mengerjakan tugas no 1 berkelompok dengan anggota yang mengerjakan tugas no 1 dari kelompok lain. ( kelompok ahli ) (toleransi, komunikatif)
·         Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan pada siswa yang mengalami kesulitan.(fasilitator, komunikatif)
·         Setelah semua anggota kelompok ahli mengerti tentang tugas masing-masing, guru meminta tiap anggota kelompok awal untuk menjelaskan hasil diskusi dari kelompok ahli ke kelompok awal. (komunikaif, toleransi)
·         Guru meminta semua  anggota kelompok awal mencatat hasil kerja dari semua tugas. (komunikatif)
·         guru memberi penilaian dari hasil kerja dari kelompok ahli dan hasil kerja kelompok dipajang.(monivasi, tanggung jawab)
Elaborasi
·         Siswa dibagi menjadi 7 kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa ( kelompok awal )
·         Masing-masing kelompok mengerjakan soal yang diberikan (kerja keras, rasa ingin tahu)
·         Anggota yang mengerjakan tugas no 1 berkelompok dengan anggota yang mengerjakan tugas no 1 dari kelompok lain. ( kelompok ahli )
·         Siswa berdiskusi dalam mengerjakan soal (diskusi, rasa ingin tahu, kreatif)
·         tiap anggota kelompok awal menjelaskan hasil diskusi dari kelompok ahli ke kelompok awal.(diskusi, tanggung jawab, komunikatif)
·         Semua  anggota kelompok awal mencatat hasil kerja dari semua tugas.(kerja keras, tanggung jawab)

40 menit
Komfirmasi
·         Guru memberi penegasan terhadap hasil diskusi (fasilitator)
·         Guru membimbing siswa untuk melakukan refleksi dan menbimbing siswa menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang dijelaskan (komunikatif)
Komfirmasi
Siswa melakukan refleksi dan menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang telah dipelajari (rasa ingin tahu)
10 menit
Keiatan penutup
v  Guru membimbing siswa membuat rangkuman. ( komonikatif)
v  Guru membimbing siswa untuk melakukan refleksi dan menbimbing siswa menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang dijelaskan
v  Memberikan kuis untuk mengetahui pemahaman siswa

v  Siswa membuat kesimpulan dari meteri yang dipelajari. ( komonikatif)
v  Siswa melakukan refleksi dan menemukan makna dan nilai-nilai dari materi yang telah dipelajari
v  Siswa melakukan kuis




15 menit


Metode Pembelajaran
a.       Model : Jigsaw
b.      Metode : Tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas


Pertemuan Ketujuh
Ulangan Harian

V.                Penilaian
A.    Teknik             : Tugas individu, tugas kelompok
B.     Bentuk                        : Tertulis (uraian singkat, uraian objektif)
C.     Instrumen        :
Aspek : kognitif
        
1)      Diketahui cos A = 5/13 dan sin B = 24/25 , sudut A dan B lancip. Hitunglah cos (A + B) dan
cos (A – B).
2)      Diketahui cos A = – 4/5 dan sin B = 5/13 , sudut A dan B tumpul. Hitunglah sin (A + B) dan
sin (A – B).
3)      Tanpa menggunakan tabel logaritma atau kalkulator, hitunglah tan 105°.
4)      Diketahui  untuk A sudut lancip. Tentukan nilai identitas trigonometri berikut :
a) sin 2a
b) cos 2a
c) tan 2a
       
             Kunci Jawaban :
(1)    Penyelesaian:
cos A = 5/13 , maka sin A = 12/13
sin B = 24/25 , maka cos B = 7/25
cos (A + B) = cos A
cos B – sin A sin B
                   = 5/13
7/25 – 12/13 24/25
                   = 35/325 − 288/325
                   = − 253/325
cos (A – B) = cos A
cos B + sin A sin B
                   = 5/13
7/25 + 12/13 24/25
                   = 35/325 + 288/325          
                   = 323/325
(2)   Penyelesaian:
cos A = – 4/5 , maka sin A = 3/5 (kuadran II)
sin B = 5/13 , maka cos B = – 12/13 (kuadran II)
sin (A + B) = sin A cos B + cos A sin B
                  = 3/5 . (–12/13) + (–4/5) . 5/13
                  = –36/65 – 20/65
                  = – 56/65
sin (A – B) = sin A cos B – cos A sin B
                  = 3/5 . (–12/13) – (–4/5) . 5/13
                  = –36/65 + 20/65
                  = – 16/65
(3)   Penyelesaian:
tan 105° = tan (60 + 45)°
              = tan 60° tan 45°
                 1 tan60 tan45  
             
http://latex.codecogs.com/gif.latex?=%5Cfrac%7B%5Csqrt%7B3%7D+1%7D%7B1-%5Csqrt%7B3%7D%7D=%5Cfrac%7B%5Csqrt%7B3%7D+1%7D%7B1-%5Csqrt%7B3%7D%7D%5Ctimes%20%5Cfrac%7B1+%5Csqrt%7B3%7D%7D%7B1+%5Csqrt%7B3%7D%7D
                           http://latex.codecogs.com/gif.latex?=%5Cfrac%7B4+2%5Csqrt%7B3%7D%7D%7B1-3%7D=-2+%5Csqrt%7B3%7D
(4)   Penyelesaian
a.      
b.     
c.      

      
            
             Pedoman penilaian     
Nomor Soal
1
2
3
4
Skor Maksimal
20
20
20
20
Skor Perolehan
...
...
                 
                    


Aspek afektif
Lembar Penilaian Afektif,
Hari / Tanggal :
No.
Nama Peserta didik
Individu
Ku
Ks
Km
Tw
Jumlah






























           Kriteria Penilaian Afektif
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Keterangan :
Ku = Kesungguhan dalam proses pembelajaran
Ks = Kerja sama
Km = Kemandirian dalam membuat tugas
Tw = Tepat waktu mengumpulkan tugas
Memuaskan
4
Baik
3
Cukup
2
Kurang
1



                                       

Mengetahui
Kepala SMK



(….. NAMA…..)
NIP. …………………………..

Bukittingi,   Januari 2013

Guru Mapel  Matematika,




(….. NAMA…..)
NIP. …………………………..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar